Pengertian Mahasiswa menurut Para Ahli terbaru Pdf

Apa artinya seorang mahasiswa? Biasanya banyak orang punya presepsi yang berbeda –beda dari para ahli sampai orang biasa. Pengertiannya pun terkadang dipengaruhi bagaimana cara pandang seseorang tesebut terhadap seorang mahasiswa. Kalau menurut Anda sendiri apa definisi dari Mahasiswa? Apakah mereka hanya sekumpulan orang yang mengenyam pendidikan di sekolah perguruan tinggi atau mencari jati diri? Anda setidaknya perlu tahu Pendapat para ahli tentang arti Mahasiswa terbaru baik dalam bentuk PDF, jurnal, makalah, buku, situs web atau sumber informasi lainnya.


Berbagai para ahli terkemuka dan terkenal ikut mengemukakan pendapat mereka. Ada yang menjelaskan secara terperinci dan detail seperti bagaimana seharusnya seorang mahasiswa memiliki handil dan peran dalam kehidupan bermasyaraka?Apa peran dan tanggung jawab mereka? Bagaimana seharusnya perilaku dan sikap para mahasiswa? Karakteristik seperti apa yang perlu mereka bangun? Atau apakah tujuan mahasiswa hanya untuk lulus sarjana saja?

Secara lebih luas, Mahasiswa memiliki arti yang sesungguhnya. Dan sebenarnya ini yang perlu disadari oleh seorang mahasiswa itu sendiri. Kalau Anda lihat sekarang, ada banyak anak muda mahasiswa yang seakan –akan tidak tahu arah tujuan. Memilih jurusan dan fakultas pun tidak semua merasa puas dan cocok. Ada yang berpikir untuk apa menjadi seorang mahasiswa? Atau kenapa saya menjadi seorang mahasiswa kedokteran, informatika, bahasa, IPA, Pertanian, Teknik dan lain –lain? Kenapa saya tidak memilih fakultas yang lain saja?

Mahasiswa jaman sekarang memang perlu tahu apa arti sebenarnya Mahasiswa itu. Supaya mereka lebih sadar akan pentingnya mereka dalam mengemban tugas berikutnya dari orang terdahulu. Jika Anda sekarang ini diberi tugas untuk mengenal lebih dalam dan luas makna dan arti mahasiswa, silahkan untuk simak uraian lengkapnya di bawah ini yang mencangkup banyak pengertian mahasiswa dan semua yang saling berhubungan dengannya dari para tokoh –tokoh terkenal sepanjang sejarah. Cekidot.

Pengertian Mahasiswa menurut Para Ahli terbaru Pdf

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Mahasiswa memiliki pengertian tersendiri yaitu adalah seseorang yang sedang belajar di sebuah perguruan tinggi. Dan di dalam struktur pendidikan di Negara Indonesia Mahasiswalah yang memegang status pendidikan paling tinggi diantara yang lainnya.

2. Sarwono (1978)

Salah satu tokoh penting di Indonesia bernama Sarwono berpendapat bahwa Mahasiswa adalah setiap orang yang sudah terdaftar untuk mengikuti proses pelajaran pada sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa tersebut memiliki batasan umur sekitar 18 sampai 30 tahun. Selain itu, mahasiswa juga adalah suatu kelompok yang memperoleh status tersebut karena ada ikatan dengan suatu perguruan tinggi tertentu. Para Mahasiswa tersebut akan menjadi calon –calon yang intelektual atau sebagai cendikiawan muda yang ada dalam lapisan masyarakat.

3. Knopfemacher (dalam sarwono, 1978)

Menurut Knopfemacher, Mahasiswa adalah seorang calon sarjana yang terlibat dengan perguruan tinggi. Mereka di didik dan diharapkan kedepannya mampu untuk menjadi calon –calon yang memiliki sikap intelektual.

4. Kartono (dalam Ulfah, 2010)

Menurut Kartono (dalam Ulfah tahun 2010) Mahasiswa itu memiliki ciri –ciri sebagai berikut :
  • Mempunyai kemampuan serta peluang untuk belajar di sebuah perguruan tinggi, dengan ini bisa termasuk dalam golongan intelegensia
  • Dengan memiliki peluang tersebut, maka mahasiswa tersebut diharapkan nantinya dapat bertindak sebagai seorang pemimpin yang mampu dan terampil. Baik sebagai pemimpin masyarakat maupun dalam dunia kerja nya nanti di masa mendatang
  • Mahasiswa di harapkan bisa menjadi daya penggerak yang sifatnya dinamis dalam proses modernisasi di kehidupan masyarakat
  • Mahasiswa juga diharapkan mampu memasuki dunia kerja sebagai sumber daya manusia yang mempunyai tenaga kerja berkualitas dan profesional

5. Guardian Of Value

Guardian of value menjelaskan seputar peran dan fungsi dari seorang mahasiswa. Seseorang yang sudah dikatakan sebagai pelajar tingkat tinggi mempunyai peran untuk menjaga nilai –nilai muthlak yang kebenarannya ada di masyarakat. Seperti halnya menjunjung tinggi kejujuran, gotong royong, keadilan, empati, integritas dan berbagai sifat –sifat lainnya yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga :

Selain itu juga, mampu dalam hal berfikir secara ilmiah tentang nilai yang harus di jaga pun dituntut. Bukan sekedar itu saja, melainkan penting juga sebagai pembawa, penyampai dan penyebar nilai nilai dan ilmu yang sudah mereka pelajari.

6. Agent Of Change

Seorang mahasiswa memiliki peran dan fungsi sebagai penggerak yang menghimbau dan mengajak semua masyarakat untuk bisa bergerak ke perubahan yang lebih baik dengan pertimbangan oleh berbagai gagasan, ilmu, dan pengetahuan yang mereka punya. Sekarang bukan lah waktunya bagi para mahasiswa sebagai orang berpendidikan tinggi hanya diam dan tidak peduli terhadap permasalahan negaranya, karena sebenarnya di pundak mereka semua yakni mahasiswa lah titik kebangkitan suatu negara dan bangsa itu diletakkan.

7. Moral Force

Mahasiswa mempunyai tingkat pendidikan yang tertinggi, sehingga sudah menjadi kewajiban untuk mereka mempunyai yang namanya moral yang baik juga. Tingkat intelektual yang dimiliki seorang mahasiswa akan disamakan dengan tingkat moralitasnya dalam kehidupan masyarakat. Inilah yang menyebabkan seorang yang memiliki pendidikan tinggi akan dijadikan kekuatan moral suatu bangsa. Mereka juga di harapkan bisa menjadi contoh dan penggerak perbaikan moral dalam kehidupan masyarakat.

Kesimpulan :

Dari banyak nya pendapat meliputi pengertian, peran dan Fungsi Masyarakat diatas dan masih banyak lagi lainnya yang belum disebutkan diatas, dapat kita tarik kesimpulan secara menyeluruh. Bahwa Mahasiswa memiliki pengertian yang adalah struktur pendidikan tertinggi di Indonesia yang memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat. Mereka juga sebagai acuan generai –generasi mendatang untuk memajukan Negara Indonesia dalam berbagai segi dan aspek kehidupan.

Perilaku dan sikap mereka yang terutama dapat menjadi contoh yang bagus. Seperti sikap keadilan, jujur, empati dan saling membantu, kerjasama yang solid, mau bekerja keras, berfikir logis, kritis dan realistis serta mampu membantu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan masyarakat dengan solusi yang kreatif dan modern adalah hal –hal yang dituntut dari seorang Mahasiswa. Tidakkah Anda setuju? Lihat Juga : INFO KAMPUS.

Uraian diatas adalah kumpulan pendapat para ahli mengenai sosok mahasiswa menurut cara pandang mereka masing masing. Tentu saja setiap orang memiliki anggapan yang berbeda –beda bukan? Tapi kita bisa tarik satu kesimpulan penting itu. Setelah mengetahui hal ini Anda bisa menyimpulkan sendiri apa sebenarnya arti mahasiswa bagi kehidupan Anda? Anda bisa melihat arti dari seorang mahasiswa itu bukanlah berpengertian sempit tetapi luas sekali. Bahkan peran dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat sangat diperhitungkan.

Bukan hanya seorang mahasiswa atau yang sudah sarjana saja yang bisa menyimpulkan hal ini. Semua kalangan baik Anda yang belum menjadi mahasiswa pun bisa berpendapat, sebab yang terpenting bukanlah status mahasiswa tapi bagaimana mereka membawa nama itu menjadi suatu hal yang positif di tengah masyarakat. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel