Cara membuat Kerupuk Rambak Kulit Sapi yang Gurih

Kerupuk Rambak Kulit Sapi, Anda pernah mendengarnya sebelumnya? Atau bahkan pernah memakannya? Ini adalah salah satu jenis kuliner yang banyak memiliki penggemar dari dulu sampai dengan sekarang. Bagaimana cara membuatnya? Sebenarnya cara membuat kerupuk Rambak Kulit Sapi yang enak dan gurih ini sangat mudah dan sederhana. Bahan yang diperlukan pun tidak terlalu sulit untuk dicari. Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya sebagai santapan yang nikmat atau sebagai oleh oleh.


Biasanya tak jarang juga ada yang menjadikan Kerupuk kulit sapi atau rambak ini sebagai jajanan pasar yang terkenal dan banyak di cari. Banyak pengusaha sekarang yang mengambil ide kreatif untuk menjadikan Kerupuk rambak ini sebagai bahan utama bisnis mereka. Selain mudah dalam dibuat, kerupuk kulit ini juga memiliki harga yang terjangkau dan murah dengan rasa yang bikin ketagihan. Kalau Anda belum pernah mencobanya, sekali coba langsung mau tambah lagi deh.

Sebenarnya pembuatan kerupuk rambak kulit tidak harus terbuat dari kulit sapi. Olahan cemilan yang lezat ini juga bisa dibuat dengan bahan utama kulit kerbau dan kambing atau biasa juga disebut dengan kikil. Kuliner ini selanjutnya akan diberi racikan bumbu rempah dan penambah rasa yang membuatnya enak di santap. Sama seperti kerupuk yang lainnya, Jengek sebutan lainnya untuk kerupuk ini juga mengalami yang namanya proses perebusan dan pengeringan di bawah sinar matahari. Jika sudah kering,Kerupuk siap digoreng dan dipasarkan.

Baca Juga :

Untuk mengetahui lebih lanjut, bagaimana proses pembuatan kerupuk kulit sapi tersebut pada uraian berikut akan beri tahu Anda seputar tahapan dan resepnya secara lengkap. Anda juga akan diberi tahu apa saja bahan yang dibutuhkan? Berapa lama proses pembuatannya?  Bagaimana cara menggoreng kerupuk kulit sapi tersebut supaya hasilnya maksimal? Anda juga bisa diperlengkapi dengan berbagai tips dan trik buat kerupuk rambak kulit sapi dengan rasa gurih. Mau tahu selengkapnya, langsung saja simak pembahasannya di bawah sini.

Cara membuat Kerupuk Rambak Kulit Sapi yang Gurih

Bahan yang perlu di persiapkan :
  • Kulit Sapi sebanyak 1 kilogram
  • Bumbu penyedap rasa sebanyak 1 sdm
  • Bawang putih sebanyak 15 siung
  • Garam sebanyak 3 sdm
  • Gula sebanyak 2 sdm
  • Air kapur sebanyak 1 sampai 2 ember

Cara Membuat :
  1. Pertama, rendam terlebih dahulu kulit sapi di dalam sebuah ember yang sudah diisi dengan air kapur lalu diamkan selama kurang lebih 2 hari. Kemudian setelah itu, bersihkan bulu –bulu kulit sapi yang masih menempel menggunakan sebuah pisau tajam hingga kulit benar –benar dalam kondisi bersih.
  2. Kemudian selanjutnya, jemur kulit sapi setelah rendaman dalam air kapur tersebut di bawah terik matahari secara langsung hingga benar –benar kering. Barulah setelah itu dipotong potong sesuai dengan selera Anda. Biasanya paling umum kulit akan dipotong seperti bentuk persegi panjang atau kotak kotak kecil.
  3. Selesai dalam proses pemotongan, maka rebus kulit bersama dengan bumbu yang sebelumnya sudah di haluskan. Bumbu tersebut antara lain adalah penyedap rasa, garam, gula serta bawang putih. Pastikan rebusan benar benar matang. Lalu angkat dan tiriskan, jemurlah kembali hingga kering.
  4. Tahap berikutnya adalah proses penggorengan. Menggoreng kerupuk rambak kulit sapi lebih baik dalam minyak dengan kondisi suhu sedang dan dengan api yang kecil. Goreng hingga kerupuk agak mekar, lalu angkat dan tiriskan.
  5. Selain itu, siapkan juga penggorengan yang kedua. Namun bedanya Anda menggoreng kerupuk kulit sapi tersebut dalam kondisi minyak yang panas dan dengan api besar. Goreng hingga kerupuk tersebut mekar. Lalu angkat dan tiriskan
  6. Setelah semua selesai digoreng, diamkan kerupuk rambak kulit sapi sampai dingin. Kemudian setelahnya bisa dipindahkan ke dalam toples yang memiliki penutup rapat.

Mudah sekali bukan? Anda bisa langsung mencobanya. Lebih nikmat menyantap kerupuk rambak kulit sapi buatan sendiri bukkan? Anda juga jadi tahu bahwa bahan yang digunakan dan proses pembuatan secara bersih dan sehat. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi kerupuk kulit sapi yang satu ini. Sebenarnya khasiat kulit sapi ada banyak, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kandungan Protein Tinggi

Kerupuk yang terbuat dari kulit ini sendiri pada dasarnya adalah salah satu hasil produk hewan yang mengandung protein bagus untuk tubuh. Dengan mengonsumsi makanan sekaligus cemilan ini, Anda akan mendapatkan protein dengan ragam manfaat seperti meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, pertumbuhan regenerasi sel –sel tubuh, meningkatkan massa otot, sekaligus dapat meningkatkan adanya pembentukan energi tubuh.

2. Obat Maag

Siapa sangka kerupuk rambak kulis sapi ini memiliki manfaat sebagai obat penyakit maag. Khususnya kulit sapi sendiri dapat menyembuhkan gejala perih dan mual akibat maag tersebut. Apakah Anda termasuk pengidap penyakit ini? Kalau iya, jangan ragu untuk konsumsi kulit sapi tersebut. Terutama Anda bisa mengonsumsinya ketika gejala maag mulai muncul.

3. Meringankan rasa pedas

Suka makanan pedas? Nah, kerupuk rambak kulit sapi bisa menjadi teman Anda menyantap makanan pedas. Kandungan minyak nya yang cukup tinggi mampu meringankan rasa pedas loh. Selain karena mengolahnya menggunakan gorengan minyak, kerupuk yang satu ini sebenarnya mempunyai pori pori besar yang sudah menyimpan kadar minyak dalam jumlah yang banyak. Dari minyak itulah nanti yang berkhasiat sebagai penetralisir rasa pedas.

4. Baik untuk Kesehatan dan pertumbuhan tulang

Banyak yang tidak tahu kalau kerupuk kulit sapi dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang loh. Kok bisa? Karena hal ini disebabkan oleh kerupuk rambak kulit sapi yang memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup padat. Jadi jika Anda ingin tulang Anda sehat, kulit sapi bisa bantu Anda asal dikonsumsi dengan cara yang seimbang

Jika Anda lebih memilih untuk membeli di pasar atau toko, Anda perlu membedakan mana Kerupuk kulit sapi yang asli dan yang bukan. Sebab apabila Anda tidak hati –hati, sekarang ini ada banyak pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab. Mereka menggunakan bahan tiruan selain dari kulit hewan untuk dijual. Memang tidak ada yang lebih bagus jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Jadi pilihan terbaik adalah dengan membuat nya sendiri untuk mendapatkan manfaat yang terjamin.

Baca Juga : Kerupuk Rambak Jogja termurah

Uraian diatas adalah metode praktis yang bisa Anda gunakan untuk membuat Jengek atau kerupuk kulit sapi yang enak dan gurih. Tidak sulit bukan? Untuk membuat kerupuk dengan hasil yang profesional sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus atau keterampilan tertentu. Anda hanya perlu mau mencoba dan berani bereksperimen. Hasilnya, pasti berhasil kok asalkan Anda mengikuti tutorial pembuatan dari awal sampai akhir dengan benar dan tepat.

Setelah mengetahui cara membuat kerupuk rambak kulit sapi, selanjutnya Anda bisa berkreasi dengan jenis makanan lezat lainnya. Rambak kulit sapi ini cocok disantap sebagai teman makan atau sebagai cemilan. Untuk lebih jelasnya berbagai jenis kreasi lainnya juga bisa Anda dapatkan dalam tutorial Youtube yang didukung oleh gambar, audio dan video. Selamat berkreasi dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel