Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara menjadi Mahasiswa Berprestasi di tingkat Nasional

Mahasiswa Berprestasi adalah seorang mahasiwa yang memiliki nilai Akademik dan Prestasi terbaik. Untuk menjadi yang terbaik diperlukan ketekunan dan kesungguhan dalam belajar yang di dukung oleh tingkat kecerdasan mahasiswa tersebut. Di tingkat Nasional ada istilah Mawapres adalah merupakan ajang bagi para Diploma maupun Sarjana yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi).

Ada banyak proses yang harus dilewati agar menjadi Mahasiswa Berprestasi yaitu selain aktif dalam semua organisasi juga terlihat mendapatkan nilai terbaik. Tidak semua mahasiswa dapat melakukan itu tetapi mereka berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik. Tujuannya selain memberikan rasa bangga untuk keluarga juga dapat menimbulkan hal Positif.

Disini blog mastimon.com akan memberikan sedikit Tips mulai awal saat kalian akan masuk Kuliah di sebuah Universitas. Pilihlah kampus yang paling terbaik di kota kalian bahkan jika perlu mencoba ke luar kota. Pilih yang sesuai dengan kemauan kalian supaya pada saat mengikuti proses belajar dapat merasa nyaman. Terakhir tentunya memiliki komitmen yang baik agar dapat Lulus dengan memberikan yang Terbaik buat Keluarga.

5 Cara menjadi Mahasiswa Berprestasi di tingkat Nasional


1. Belajarlah dengan Baik

Untuk menjadi yang terbaik maka saat proses belajar di kelas kalian harus memilih duduk di kursi paling depan. Dengan melakukan itu maka apapun yang di jelaskan Dosen akan mudah dipahami dan dimengerti. Maksimalkan potensi yang kalian miliki saat proses belajar supaya saat ada ujian dadakan kalain sudah menguasai materi yang diberikan.

2. Aktif di Organisasi

Jangan merasa malu atau minder saat berkumpul bersama banyak orang. Aktiflah dalam semua kegiatan organisasi yang ada di kampus. Mulailah mencoba belajar berbicara di depan banyak orang untuk melatih Keberanian. Bangun hubungan dengan banyak orang baik mahasiswa lain ataupun dosesn supaya lebih banyak mendapatkan pengetahuan di luar mata kuliah yang di ajarkan.

3. Gali Kemampuan yang bukan Wajib

Setiap mata kulaih di kampus pastinya mewajibkan untuk mengerjakan apapun yang di sampaikan oleh Dosen supaya mendapatkan nilai yang baik. Diluar itu ternyata ada potensi lain yang mungkin anda miliki dan jangan sampai hilang. Salah satu contoh yaitu anda menguasai Bahasa Asing dengan belajar otodidak ataupun memiliki Jiwa Kepemimpinan yang terus di tampilkan.

4. Lakukan lebih dari Mahasiswa Lain

Yang berprestasi biasanya lebih menonjol dan tentunya banyak dikenal bukan soal keburukan tetapi prestasi yang dia miliki. Disaat ada mahasiswa yang menghindar dari suatu aktivitas maka anda harus berani tampil beda dengan melakukan itu semua. Diperlukan keberanian dan kecerdasan jika anda inggin lebih dari yang lainnya.

5. Pilih Mentor yang Hebat

Bukan tidak bisa berprestasi dengan cara sendiri tetapi alangkah baiknya anda memilih seseorang menjadi mentor. Pilih salah satu yang sudah lebih dulu memiliki Prestasi baik atau bisa juga minta bimbingan kepada seorang Dosen. Dengan bimbingan dan arahan maka tujuan anda dapat lebih efektif dan tidak lepas dari sasaran.

Itulah 5 Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi yang bisa kalian lakukan. Mulailah di tingkat Kampus sendiri dan pastinya dengan begitu anda bisa menjadi yang terbaik di tingkat Nasional bahkan di tingkat Internasional. Kuncinya tetap yaitu jangan malas dan teruslah berusaha. Kalian bisa juga membaca 8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa (rumahjendelakita.blogspot.com), Sekian dan Terimakasih.