5 Syarat utama masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dipenuhi

5 Syarat utama masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dipenuhi

5 Syarat utama masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dipenuhi

Menjadi seorang Dokter adalah idaman banyak orang karena selain dapat membantu orang lain ternyata penghasilannya juga cukup mengiurkan. Ada beberapa syarat utama untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran. Jika hanya menguasai satu hal saja maka jangan teruskan untuk lebih dalam masuk ke kampus tersebut.

Tidak sedikit para pendaftar mengalami kegagalan karena keuangan ataupun kemampuan pengetahuannya. Disini menjadi seorang Dokter tidaklah mudah karena rata rata mereka memiliki kepintaran di atas rata rata. Ini menjadi modal utama supaya sukses menjadi seorang Dokter dan dapat menyembuhkan banyak orang.

Baca juga : Tips supaya dapat minum Obat dengan cepat dan mudah dari Dokter

Sebelum anda masuk ke Fakultas Kedokteran ataupun Keperawatan maka harus dipersiapkan mental dan dananya. Berikut ini adalah beberapa syarat penting yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar supaya tidak sia sia membayar biaya pendaftaran. Untuk tinggi badan tidaklah menjadi persyaratan utama tetapi harus sehat fisik, mental, tidak buta warna, orangnya mampu IQ, EQ, ESQ untuk mengikuti mata kuliah sampai lulus menjadi dokter.

1. Mengisi Formulir atau mendaftar secara Online

Tahap pertama yaitu mencari tau fakultas mana yang akan kita coba untuk mengikuti tes pendaftaran. Saat ini untuk mendaftar bukan hanya secara manual dengan selembar kertas saja tetapi sudah bisa menggunakan media online. Untuk tata caranya silahkan anda cari situs Universitas yang di ingginkan. Disana nanti ada tata cara dan persyaratan yang harus dipenuhi.

2. Lulusan SMA Jurusan IPA

Wajib untuk diketahui bahwa untuk masuk Universitas Kedokteran rata rata mensyaratkan kelulusan SMA dengan Jurusan IPA. Ada juga Fakultas yang memberikan standar minimal Nilai Ujian. Jika mulai awal anda tertarik menjadi Dokter atau Perawat usahakan masuk di SMU dan memiliki Prestasi di atas rata rata.

3. Lulus Tes yang diadakan

Banyak yang mendaftar masuk Universitas kedokteran tetapi sedikit yang lulus karena kurang memiliki pengetahuan yang cukup. Anda harus mengikuti beberapa tahap Tes yang diselenggarakan seperti tes potensi akademik, tes kesehatan, tes psikologi, tes wawancara, dan syarat administratif. Jika semua itu bisa anda lewati dan nyatakan lulus maka persiapan tahap selanjutnya.

4. Membayar Biaya Studi

Disini yang perlu dipersiapkan secara matang supaya anda tidak putus di tenggah jalan. Biaya menjadi Dokter itu tidak murah jadi anda harus bicarakan dengan orang tua. Adapaun biaya yang harus dibayar seperti Biaya formulir pendaftaran, Uang Sumbangan Pendidikan Wajib (USP Wajib), Uang Sumbangan Pendidikan Sukarela (USP Sukarela), Uang Penyelenggaraan Pendidikan (UPP). Biaya tersebut mencapai 300 juta lebih (Sumber : Universitas Surabaya / Ubaya).

5. Siapkan mental saat mengikuti Pendidikan

Menjadi mahasiswa tidaklah mudah, terlebih lagi jika anda masuk di dunia kedokteran. Tidak ada kata santai karena banyak pelajaran yang lebih rumit yang harus dipelajari. Menguasai bahasa Inggris dan kuat dalam Matematika akan membantu anda melancarkan selama Pendidikan berlangsung. Disini ada beberapa yang tidak tahan dan berakibat fatal dengan mengundurkan diri.

Baca juga : Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Gawat Darurat Beserta Kunci Jawabannya Chapter 1

Itulah syarat utama masuk ke Fakultas Kedokteran yang perlu dan wajib anda perhatikan. Di atas tidak saya lampirkan berkas apa saja yang dibutuhkan karena setiap Universitas berbeda beda. Silahkan cek langsung di situs resminya. Dengan memperhatikan beberapa tahapan di atas yang harus dipenuhi maka jika anda merasa mampu maka lanjutkan.
Buka Komentar