Tips supaya dapat minum Obat dengan cepat dan mudah dari Dokter

Tips supaya dapat minum Obat dengan cepat dan mudah dari Dokter

Tips supaya dapat minum Obat dengan cepat dan mudah dari Dokter

Anda susah untuk minum obat yang diberikan oleh Dokter atau obat yang dibeli dari Apotik ?... Pertanyaan ini tampil dipikiran saya setelah melihat seorang ibu di sebuah Klinik tidak bisa mengkonsumsi obat walaupun dengan bantuan air putih. Masalah ini sering terjadi karena respon dari tubuh seorang dengan lainnya berbeda beda.

Ada yang mengkonsumsi obat dengan mudahnya tanpa bantuan minuman atau makanan apapun. Ada yang bisa minum obat tapi harus menggunakan air dan ada juga yang bisa minum obat tapi menggunakan makanan. Kali ini mastimon.com khusus membahas buat anda sekalian yang tidak dapat mengkonsumsi obat dan butuh perjuangan berat supaya bisa masuk ke dalam perut.

Ada berbagai macam ukuran obat mulai dari yang besar, sedang sampai yang kecil. Sedangkan bentuknya juga bermacam macam yaitu bulat, lonjong, kotak, oval dan ada yang berbentuk kapsul. Untuk anda yang terbiasa minum obat pasti cukup mudah, sebesar apapun obat tersebut akan cukup mudah masuk ke dalam perut. Buat yang tidak terbiasa pasti menelan obat kecil saja akan terasa sulit.

Rasa dari obat juga bermacam macam tetapi yang bayak kita ketahui ada dua macam yaitu Rasa Manis dan Pahit. Yang manis biasanya obat untuk anak anak supaya dapat dimakan seperti mengkonsumsi permen. Sedangkan rasa pahit sudah pasti untuk orang Dewasa dan itu biasanya saat diminum jangan sampai terkena bibir lidah supaya tidak terasa pahitnya.

Baca juga : 7 Cara Efektif Mrengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

Tips supaya dapat minum Obat dengan cepat dan mudah dari Dokter

Minum obat dengan bantuan Air Putih

Kebanyakan orang minum obat menggunakan bantuan air putih karena mudah dilarutkan saat berada di tenggorokan. Tahap awal yang perlu anda lakukan adalah minum terlebih dahulu air putih supaya tenggorokan tidak kering. Jika obat jumlahnya banyak silahkan anda minum beberapa tahap. Siapkan air putih di gelas besar, letakkan obat di lidah dalam dan cepatlah minum air putih.

Saat menelan obat bersama air putih silahkan tundukkan kepala anda supaya obat mudah masuk. Bisa juga menyiapkan air putih dalam botol atau minum dengan sedotan. Saat anda minum menggunakan botol atau menggunakan sedotan maka mulut akan menghisap air untuk masuk kedalam melalui tenggorokan. Hasilnya obat ringanpun akan mudah masuk.

Minum obat dengan bantuan Makanan

Makanan yang biasa untuk membantu menelan obat adalah menggunakan buah yang lunak seperti buah Pisang. Bisa juga menggunakan nasi Putih atau Roti manis yang lembut. Jangan menggunakan makanan yang keras atau mewajibkan anda banyak mengunyah. Jika menggunakan pisang akan sedikit melakukan pengunyahan karena tekstur pisang cukup lunak dan lembut.

Siapkan beberapa pisang seperti pisang Raja, Ambon atau pisang yang ukurannya agak besar. Jangan pisang kecil seperti pisang Muli, walaupun rasanya manis tetapi anda akan sulit menelan obat. Tahap pertama kunyah dulu Pisangnya setelah terasa lebut saat akan menelan masukkan obat tersebut supaya dapat masuk secara bersama sama.

Minum obat yang ditumbuk halus terlebih dahulu

Obat yang ditumbuk terlebih dahulu biasanya kita dapatkan dari seorang dokter atau sebuah apotik. Obat yang di tumbuk terlebih dahulu akan mudah di telan tetapi harus menggunakan bantuan air putih. Letakkan serbuk di sendok dan beri air sedikit lalu aduk agar mencair. Minum air putih dulu baru minum obat di sendok tersebut dan terakhir minum air putih lagi supaya hilang rasa pahitnya.

Lihat juga : Penjelasan lengkap tentang TTH (Tension Type Headache) Keluhan nyeri pada Kepala

Menumbuk obat menjadi serbuk seperti ini tidak berlaku jika obatnya berbentuk kapsul. Bisa tidak bisa kapsul tersebut harus ditelan karena dibungkus obatnya. Cara ini biasanya dilakukan saat menberikan obat ke anak anak. Jika orang dewasa bisa melakukan pemotongan obat menjadi 2 atau 3 bagian yang ukurannya besar supaya mudah di telan.

Itulah sedikit tips cara minum obat yang mudah supaya anda sekalian berhasil menelannya. Obat yang kita minum wajib resep dari Dokter, Perawat atau Apoteker yang mengerti fungsi obat tersebut. Biasanya saya mendapatkan resep dari Dokter lalu membelinya di sebuah Apotek. Selamat mencoba dan semoga anda cepat sembuh dan berhasil minum obatnya.
Buka Komentar