5 Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Makasar terbaik

5 Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Makasar terbaik

5 Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Makasar terbaik

Perguruan Tinggi atau Universitas adalah tujuan tutama sebagian besar pelajar SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan mereka. Untuk masuk ke dalam sebuah Universitas, Anda biasanya akan memilih Universitas terbaik yang ada di daerah Anda dengan fakultas yang Anda inginkan. Dimakasar adalah Ibu Kota Profinsi Sulawesi Selatan yang banyak memiliki Perguruan Tinggi terbaik.

Buat anda sekalian yang masih kebinggungan untuk mendaftar di Fakultas mana yang ada di makasar bisa melihat beberapa rekomendasi berikut ini. Ada banyak Fakultas atau jurusan yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan anda. Bisa juga menyesuaikan dengan hobby anda supaya jika sudah lulus mendapat pekerjaan yang sesuai.

Pemilihan Perguruan Tinggi terbaik sangatlah sulit karena pasti banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Dimulai dari nilai Sekolah saat di SMA, hasil Tes yang diselenggarakan untuk calon mahasiswa baru sampai dengan Biaya yang Mahal. Anda bisa menentukan Fakultas terbaik yang bisa di sesuaikan dengan keuangan orang tua. Yang lebih bagus lagi anda bekerja sambil kuliah untuk meringankan beban orang tua.

5 Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Makasar terbaik

1. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas yang didirikan tanggal 1 Agustus 1961 ini, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-56. Universitas Negeri Makassar memiliki 9 fakultas :
  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Seni dan Desain
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  5. Fakultas Ilmu Sosial
  6. Fakultas Ilmu Keolahragaan 
  7. Fakultas Bahasa dan Sastra
  8. Fakultas psikologi
  9. Fakultas Ilmu Pendidikan
Di Universitas Negeri Makassar memiliki fasilitas umum, poliklinik, masjid, asrama, aula, sarana olahraga, sarana kesenian dan koprasi.

2. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Merupakan sebuah Universitas negeri yang berdiri pada tanggal 10 September 1956. Unhas merupakan universitas pengembangan dari Universitas Indonesia saat Soekarno-Hatta masih menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Sekarang luas kampus Unhas 220 hektar dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya. Terdapat 14 fakultas di Universitas Hasanuddin yakni :
  1. Fakultas Farmasi 
  2. Fakultas Kesehatan
  3. Fakultas Kedokteran Masyarakat
  4. Fakultas Kedokteran Gigi
  5. Fakultas Kehutanan
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Peternakan
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Fakultas Pertanian 
  10. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
  11. Fakultas Hukum
  12. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  13. Fakultas Ilmu Budaya
  14. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UNHAS memiliki akreditasi A dari tahun 2013-2018. Baca juga : 5 Syarat utama masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dipenuhi.

3. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas ini didirikan pada tanggal 5 September 1962. Sejak berdiri hingga sekarang Universitas Muhammadiyah Makassar sudah meluluskan sebanyak 14.670 mahasiswa dengan gelar yang berbeda-beda. Fakultas yang ada pada Universitas Muhammadiyah Makassar ada 8 yaitu :
  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Pertanian
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  5. Fakultas Agama Islam
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  7. Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan
  8. Fakultas Pascasarjana
Di Universitas Muhammadiyah Makassar ini status mahasiswa ada yang sudah pegawai negeri dan ada yang masih mahasiswa murni. Universitas ini cukup bagus dan dapat bersaing dengan universitas lainnya.

4. Unibersitas Bosowa

Universitas swasta yang berdiri pada tanggal 9 Desember 1985. Universitas Bosowa dapat menampung mahasiswa sebanyak 1.671 orang. Universitas yang pada awalnya bernama Universitas "45" Makassar ini berubah nama menjadi Universitas Bosowa pada tahun 2015. Fakultas yang ada pada Universitas Bosawa diantaranya :
  1. Fakuktas Pertanian 
  2. Fakultas Ekonomi 
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Kedokteran
  5. Fakultas Sastra 
  6. Fakultas Psikologi 
  7. Fakultas Hukum
  8. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  9. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Komitmen universitas ini adalah membina insan muda menjadi generasi emas yang bisa membawa perubahan di lingkungannya.

5. Universitas Atma Jaya Makassar

Universitas Yang didirikan pada tanggal 9 Juni 1989. Termasuk dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik. Universitas Atma Jaya Makassar memiliki 7 fakultas dalam kampusnya yaitu :
  1. Fakultas Hukum
  2. Fakuktas Pascasarjana 
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakuktas Teknologi Informasi
  5. Fakultas Psikologi 
  6. Fakuktas Pertanian (status non-aktif)
  7. Fakuktas Ekonomi
Perguruan tinggi swasta Atma Jaya Makassar ini memiliki cabang di Jakarta dan Yogyakarta. Baca Juga : Pengumuman SBMPTN | Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negri.

Universitas di atas dapat Anda jadikan referensi dalam memilih Universitas yang ingin Anda masuki setelah menyelesaikan pendidikan tingkat Akhir Anda. Jikapun anda masih ragu untuk melanjutkan kuliah bisa mencoba bekerja terlebih dahulu di instansi perkantoran sambil membantu keuangan keluarga. Jika dirasa sudah cukup maka silahkan pilih Universitas terbaik yang ada di makasar tersebut.

Perguruan Tinggi terbaik bukan hanya kualitas Dosen yang ada tetapi fasilitas yang disediakan juga lengkap. Jika anda tidak dapat masuk ke Universitas Negri maka alternatif lain adalah ke Universitas Swasta terbaik. Tidak jauh kualitasnya tetapi sudah tentu biaya yang dikeluarkan pasti lebih besar. Anda bisa juga lihat beberapa Universita yang ada di lampung melalui situs Lampung Helau.
Buka Komentar