Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memilih Universitas yang tepat dan sesuai

Memilih universitas tidaklah gampang sebagaimana yang terlihat, Tentunya setelah lulus SMA Kita ingin meraih pengalaman berharga dan terbaik dalam pelajaran akademik maupun dalam kegiatan sosial selama kuliah. Maka, Tak heran kita mendambakan Universitas yang cocok dan sesuai dengan kita hingga pada akhirnya kita tidak menyesal mengambil universitas tersebut sebagai pilihan kita.

Sebagai generasi yang lebih percaya pengalaman ketimbang ‘apa kata orang’, Kita tidak ingin percaya pada apa yang kelihatannya baik dan menarik saja, Namun lebih memperhatikan ke beberapa faktor.  Beberapa faktor yang ikut diprioritaskan saat memilih universitas dan jurusan bagi generasi sudah seharusnya  tak lagi hanya terbatas pada passion, akreditasi universitas, rekomendasi orang tua, bahkan opini kita tentang jurusan-jurusan yang kata orang gampang dapat kerja.

Oleh karena alasan diatas, bagaimana seharusnya cara kita dalam memilih universitas yang tepat dan sesuai? Maka, karena Kuliah merupakan salah satu tahapan penting dalam kehidupan pendidikan kita. Memilih jurusan dan universitas yang tepat dan sesuai tentunya merupakan keputusan yang harus dipikirkan matang-matang.


Pada uraian dibawah ini akan bantu sobat semua dalam memilih Universitas tersebut. Kita akan bahas setidaknya ada 5 Cara Memilih Universitas yang tepat dan sesuai. Sobat bisa baca ulasannya pada uraian berikut ini dalam Subjudul 5 Cara Memilih Universitas yang tepat dan sesuai.

5 Cara Memilih Universitas yang tepat dan sesuai

1. Melakukan Riset

Sebelumnya kita bisa list terlebih dahulu daftar universitas yang kita tuju.  Bagaimana caranya ? kita bisa riset tiap universitas yang ingin kita pertimbangkan. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Untuk awal, lakukan riset mengenai universitas apa saja yang mungkin menarik dan masuk pertimbangan kita tersebut, kemudian gali lebih dalam masing-masing universitas yang masuk dalam pertimbangan.

kita bisa melihat daftar universitas terbaik di internet untuk panduan awal. Tapi kita juga perlu melihat daftar tersebut secara kritis karena terkadang universitas bisa membayar untuk muncul sebagai salah satu universitas terbaik di daftar tersebut. Kita juga perlu pikirkan alasan mengapa kita pilih universitas tersebut sebagai salah satu bahan pertimbangan kita. Usahakan untuk meriset beberapa universitas jangan hanya satu atau dua saja.

2. Pikirkan Program Studi yang ingin kita Ambil

Memilih Program studi yang ingin kita geluti, Ini adalah hal yang paling sulit ketika memilih universitas yang akan menentukan jalan hidup kita ke depannya. kita memang bisa berubah pikiran di tengah jalan, tapi kita tentunya ingin memilih universitas dan jurusan yang tepat sejak awal. Menurut beberapa survey beberapa anak muda semangat di awal perkuliahan, tapi ketika sudah ditengah jalan mereka bosan dan menganggap mereka salah ambil program study akibatnya ada yang akhirnya berhenti. Tentu kita tidak ingin seperti ini bukan? 

Beberapa jurusan yang umum memang tersedia di hampir semua universitas (dengan kualitas dan reputasi yang tentunya berbeda), tapi ada beberapa jurusan yang hanya tersedia di universitas tertentu. Pilihlah dengan hati-hati, karena jika kita salah pilih dan akhirnya harus pindah jurusan atau universitas, maka kita membuang waktu dan juga uang.

3. Pertimbangkan lokasi Universitas

Lokasi merupakan salah satu hal penting yang perlu kita pertimbangkan. Karena dengan lokasi yang sesuai dan tepat kita bisa lebih merasa nyaman menjalani study selama kurang lebih tiga tahun.Lebih baik untuk  memilih universitas yang berada di lokasi yang kita senangi, baik itu kota besar, atau kota kecil di daerah pinggiran, atau dekat dari kampung halaman kita. Kita juga perlu menanyakan hal tersebut kepada orang terdekat kita, yaitu orang tua dan saudara saudara kita. Kita minta pendapat mereka mengenai lokasi universitas yang akan kita tuju.

4. Perhatikan Reputasi Universitas yang di tuju

Jika Kita ingin mengambil pekerjaan yang cukup kompetitif dan bersaing, kita perlu masuk ke universitas yang terkenal. Jika sebaliknya, kita bebas memilih universitas yang tidak begitu terkenal.  Namun, disarankan untuk menanyakan orang-orang yang sudah berkuliah di universitas tersebut atau biasa disebut dengan “Alumni”, nah disini kita bisa bertanya seputar uiversitas tersebut dan bagaimana reputasinya.  Dengan demikian, kita tidak akan kaget saat masuk dalam universitas tersebut karena sudah mengetahui sebagian informasinya.

5. Pertimbangkan biaya kuliah

Selain Hal-hal diatas Pertimbangkan juga biaya kuliahnya.  Kita perlu memperhatikan dengan baik biaya kuliah yang harus kita bayar dengan uang yang kita miliki (baik itu uang milik sendiri, pinjaman, atau beasiswa). Jika universitasnya terlalu mahal, kita mungkin sebaiknya tidak mendaftar di sana. Lihat ukuran dan jenis universitasnya. Apakah Anda ingin masuk ke universitas negeri? Atau swasta? Universitas yang besar dan sangat luas, atau universitas yang biasa saja? Beberapa hal tersebut akan menentukan nuansa lingkungan serta bantuan biaya yang bisa kita peroleh dari dosen di universitas tersebut.

Uraian diatas merupakan 5 Cara Memilih Universitas yang tepat dan sesuai. Yang terpenting adalah jangan  terlalu cemas ketika memilih universitas. Meskipun sering diperingatkan bahwa hal ini sangat lah penting, memilih universitas bukanlah keputusan terbesar yang akan kita ambil dalam hidup. Yang penting adalah apa yang kita lakukan ketika kuliah, bukan di mana kita kuliah.

Jadi, dengan mempertimbangkan 5 Cara Memilih Universitas yang tepat dan sesuai diatas, ini dapat membantu kita dalam memilih universitas yang tepat. Semoga article ini dapat bermanfaat dan  dapat membantu sobat semua dalam menentukan pilihan universitas sesuai dengan keinginan. Jika inggin membaca informasi tentang Perkuliahan bisa berkunjung ke situs bukusemu.my.id, sekian dan Terima Kasih.