Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bahasa Pemograman Terbaik di Indonesia

Dalam dunia komputer yang semakin canggih, Bahasa Pemrograman pun kini banyak dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang terbaik dan populer. Sampai dengan saat ini pun jenis bahasa untuk program komputer tidak hanya satu atau beberapa tetapi ada lebih banyak. Oleh sebab itu, para programer tentu saja bisa jadi akan merasa bingung dalam memutuskan mana yang akan dijadikan sebagai pilihan. Yaa, bagian yang tersulit adalah ketika Anda akan belajar macam macam bahasa pemrograman dan memutuskan manakah dari bahasa pemrograman tersebut yang ingin Anda tekuni terlebih dahulu. Para pengembang perangkat lunak pun mendapati setidaknya secara luas ada lebih dari ratusan bahasa pemrograman yang digunakan di seputar dunia. Dan masing masing diantaranya memiliki keunikan serta kompleksitasnya sendiri.


Apa sih sebenarnya Bahasa Pemrograman itu? Menurut pengertiannya, Bahasa Pemrograman adalah berupa kata instruksi atau perintah yang umumnya terdiri dari banyak baris yang dapat diketahui dan dimengerti oleh komputer. Menurut definisi nya ini, tidak semua orang bisa dan dapat belajar Bahasa pemrograman. Bahasa komputer ini sifatnya wajib di pelajari dan dikuasai oleh para developer supaya bisa membangun sebuah software atau aplikasi tertentu. Bukan dengan pembelajaran yang sembarangan sebab bahasa pemrograman yang dipelajari pun harus disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang hendak dibuat tersebut.

Untuk bisa menjadi seorang yang ahli dalam pemrograman, Anda harus mengetahui jenis jenis bahasa pemrograman untuk mengetahui mana yang lebih cocok. Tentu saja dalam membuat sebuah software atau perangkat lunak tidak menggunakan semua bahasa pemrograman yang ada. Melainkan bisa jadi yang digunakan hanyalah satu atau dua bahasa pemrograman saja dalam melakukan proses developing software. Sekarang ini, beberapa lembaga riset terkenal telah mengelompokkan macam macam bahasa pemrograman yang masuk dalam daftar bahasa pemrograman paling banyak digunakan dan terbaik di Indonesia. Data ini merupakan peringkat yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman yang paling populer di dunia.

Dengan mengetahui deretan bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari akan lebih membantu Anda dalam menyelesaikan kasus penggunaan yang paling umum dan dibutuhkan. Misalnya pengembangan mobile, pengembangan web, pengembangan game dan masih banyak lagi khususnya di Indonesia. Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya dengan menyimak uraian sebagai berikut yang akan memberikan penjelasan dan gambaran secara jelas tentang bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari untuk meningkatkan karir dan pengetahuan Anda tersebut.Selengkapnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

10 Bahasa Pemograman terbaik di Indonesia

1. JAVA

Bahasa pemrograman yang pertama  adalah JAVA. Mungkin kepopulerannya sudah sampai ke telinga Anda bukan? Java ini adalah salah satu jenis bahasa program komputer yang dapat dijalankan melalui macam –macam platform, misalnya mulai dari PC sampai dengan perangkat versi mobile. Menurut sejarahnya, Java awalnya dikembangkan pada tahun 1991 pada The Green Project oleh tokoh Sun Microsystem dan kemudian dilepas pada oracle. Asal –usul nama “JAVA” ini dipilih adalah karena salah seorang pendirinya adalah James Gosling yang sangat menyukai kopi murni yang proses pembuatannya digiling langsung dengan mesin giling (Kopi tubruk), kopi ini hanya berasal dari pulau Jawa, Indonesia.

Java adalah bahasa pemrograman yang terpopuler hingga saat ini. Kelebihan yang ada dalam bahasa ini mungkin salah satu daya tariknya. Keunggulan java diantaranya adalah dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda –beda. Bahasa pemrograman yang satu ini juga termasuk dalam pemrograman orientasi objek dan tersedia library yang lengkap. Sehingga tentu saja ini akan membuatnya lebih mudah dalam proses menyusun program. Kebanyakan dari aplikasi Smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java ini, karena memang dulu hingga sekarang memang sedang banyak dibutuhkan.

2. C

Bahasa tertua yang pernah ada, julukan ini dimiliki oleh bahasa pemrograman C. Tahukah Anda bahasa yang satu ini telah dikembangkan sekitar pada tahuan 70-an. Dari sejarah kemunculannya adalah dibuat oleh tokoh pembuat bahasa yakni Denis Ritchie. Di Indonesia sendiri, Bahasa C adalah jenis bahasa pemrograman yang populer. Sebagian besar dari perguruan tinggi khususnya jurusan IT ataupun lembaga penyedia kursus pemrograman juga mempelajari bahasa C sebelum pada akhirnya mempelajari jenis bahasa yang lain. Bukan karena Bahasa C adalah pengetahuan dasar melainkan karena bahasa C adalah “Bapak” dari bahasa pemrograman yang lainnya.

3. VISUAL BASIC

Dikembangkan oleh Microsoft, Visual Basic menawarkan ide Visual untuk pembuatan software. Bahasa pemrograman yang satu ini khususnya dikembangkan untuk membuat software yang berbasis sistem operasi di windows. Visual Basic ini merupakan keturunan dari bahasa pemrograman Basic. Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2005, setidaknya ada 62% para developer menggunakan Visual Basic untuk pengembangan softwarenya. Ini menunjukkan bahwa Visual Basic adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang populer di Indonesia. Sekarang, di Negara kita sendiri ada sekitar 22 ribu member atau bahkan lebih yang tergabung dalam grup Visual Basic Indonesia.

4. PHP

PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Pre-processor. PHP adalah bahasa yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Mungkin saja ini karena penggunaannya yang gratis dan juga bahasa pemrograman yang sifatnya server side scripting sehingga kemunculannya memang dirancang untuk dapat membangun website yang dinamis. Untuk sejarahnya sendiri PHP mulai dikembangkan oleh seorang tokoh bernama Rasmus Lerdrorf. Penggunaan bahasa pemrograman PHP ini sudah diterapkan pada website ternama seperti sosial media facebook, Digg ataupun Wordpress dalam pengembangannya.

5. PHYTON

Phyton sendiri adalah salah satu macam bahasa komputer yang  masuk dalam tingkat tinggi. Dimana Phyton dapat digunakan untuk membangun sebuah software aplikasi, baik berbasis mobile maupun yang berbasis web. Namun, untuk tingkat kemudahan phyton relatif lebih mudah bagi seorang pemula sebab bahasanya mudah di baca dan dengan syntax yang bisa dipahami. Tak heran banyak dari perusahaan besar juga memanfaatkannya. Misalnya yang mungkin kalian ketahui adalah pinterest, instagram dan Rdio. Tidak hanya itu Phyton juga sudah digunakan di pengembang untuk Google, Yahoo dan NASA.

6. JAVASCRIPT

Javascript adalah bahasa pemrograman yang berhasil dikembangkan oleh Nestcafe. Pemanfaatan bahasa pemrograman yang satu ini kebanyakan terdapat dalam pengembangan web. Dengan JavaScript ini kelebihannya bisa dilihat dari pembuatan web yang interaktif dan sangat menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup di jejaring sosial Facebook yang membahas seputar tentang JavaScript, namanya adalah “JavaScript Indonesia” . Grup ini sudah beranggotakan dengan jumlah anggota lebih dari 10 ribu orang yang aktif sampai dengan sekarang.

7. C++

Bahasa Pemrograman C++ ini adalah salah satu pengembangan dari bahasa. Mungkin Anda akan melihat penulisan untuk C++ dan C hampir mirip tapi meskipun demikian kedua bahasa ini memiliki perbedaan yang terdapat pada penyelesaian masalahnya. Nah, umumnya dalam bahasa C penyelesaian masalah adalah dengan cara pembagian ke dalam sub –sub masalah yang lebih kecil atau kita bisa sebut sebagai bahasa pemrograman yang prosedural.

Baca Juga :

Sedangkan untuk penyelelesaian masalah pada C++ adalah lebih berorientasi terhadap objek permasalahan yang dibagi dalam kelas –kelas.  Untuk C++ ini menurut sejarah pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Dari periode ke periode penggunaan nya sangat populer apalagi juga digunakan oleh banyak perusahaan besar. Sebut saja software Adobe, Firefox, Winamp yang menggunakan C++ dalam pengembangannya.

8. C#

C# ini merupakan bahasa pemrograman yang sukses dikembangkan oleh microsoft. Untuk bahasa komputer yang satu ini adalah tercipta berkat penggabungan prinsip dari C dan C++. Nah, untuk pemanfaatannya paling banyak digunakan untuk platform Windows. C# masuk dalam daftar Bahasa Pemrograman yang paling laris dan terbaik digunakan karena memiliki kualitas dan keunikannya tersendiri yang membedakannya dengan jenis bahasa komputer yang lainnya.

9. ACTIONSCRIPT

Selanjutnya dalam bahasa pemrograman terdapat juga yang namanya ActionScript yang adalah jenis bahasa yang diciptakan berdasarkan ECMAScript. Biasanya digunakan dalam pengembangan suatu situs web dan software yang memanfaatkan Platform Adobe Flash Player. Untuk sejarah kemunculannya adalah dimulai dari Macromedia yang mengembangkan bahasa pemrograman ini. Namun, untuk saat ini sudah dimiliki dan dilanjutkan proses pengembangannya oleh Adobe, karena pada tahun 2005 Adobe telah membeli Macromedia tersebut.

ActionScript telah dipakai oleh beberapa aplikasi yang berbasis data seperti halnya Alpha Five. Untuk saat ini versi terbaru dari ActionScript adalah versi 3.0 yang sebelumnya kita kenal dengan Action Script 2.0. Versi terbarunya ini memiliki beberapa keunggulan dari pendahulunya sebelumnya.  Salah satunya adalah dengan adanya file di Action Script 3.0 dapat dibuat secara terpisah saat runtime. Di Indonesia bahasa pemrograman yang satu ini cukup populer karena ada banyak ahli perangkat lunak yang memilih berbasis flash yang akan memanfaatkan ActionScript untuk keperluan Koding.

10. OBJEKTIF-C

Berikutnya adalah bahasa program komputer yang diberi nama Objektif-C.  Dalam bahasa komputer yang satu ini akan lebih berorientasi pada objek. Umumnya bahasa Objektif-C akan dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan aplikasi pada perangkat Apple. Bahkan selanjutnya untuk operasi iOS pun sudah menggunakan bahasa pemrograman dari Objektif-C ini. Masuk dalam deretan kategori Bahasa pemrograman terbaik tentu saja akan sebanding dengan performa dan kualitasnya untuk membantu pengembangan software tertentu.

Lihat Juga : AnakIT.id (Tips and Trik, Tutorial, Learning Program, Perkembangan Teknologi, Informasi Teknologi)

Inilah uraian selengkapnya seputar informasi terbaik yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih satu atau dua jenis bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari terlebih dahulu. Sebab, bukan tidak bisa semuanya, Anda perlu fokus pada bahasa pemrograman tertentu saja karena tidak mungkin Anda bisa mendalami semuanya. Untuk menjadi seseorang yang ahli dalam bidang programer atau teknik informatika, Anda bisa gunakan pertahap. Belajar bahasa pemrograman memang tidaklah mudah, untuk itu dengan informasi yang tersedia ini diharapkan dapat membantu Anda untuk lebih bertujuan dan fokus.

Ini merupakan tips dan solusi pembelajaran Pemrograman lebih efektif. Entah Anda sekarang adalah masih anak sekolah, mahasiswa atau mahasiswi, pekerja, pengusaha dan lain –lain dengan menerapkan mana bahasa pemrograman yang ingin ditekuni terlebih dahulu akan membuat kemungkinan besar Anda berhasil. Jangan ragu untuk ikuti juga program pelatihan belajar atau bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman dan juga menyiapkan fasilitas yang Anda butuhkan untuk itu. Baik Anda ingin bereksperimen dengan aplikasi atau software di HP Android atau smartphone, komputer dan laptop, Semoga berhasil dan selamat mencoba!