10 Jenis Pemrograman dan Penjelasannya

10 Jenis Pemrograman dan Penjelasannya

10 Jenis Pemrograman dan Penjelasannya

Mastimon.Com - Perkembangan Teknologi sekarang ini selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Baik hanya dari tampilan maupun sampai dengan fitur –fiturnya yang selalu berubah – ubah. Tahu kah anda? Perubahan – perubahan tersebut tidak terlepas dari adanya pengembangan bahasa pemrograman yang kini terus digunakan. Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan untaian kata –kata berupa sebuah instruksi ataupun perintah –perintah yang umumnya terdiri dari banyak baris yang dapat dimengerti oleh komputer atau perangkat elektronik lainnya seperti Handphone Android, Laptop, iPad, Tablet dan masih banyak lagi.

Sistem pemrograman ini biasanya wajib dikuasai oleh seorang developer supaya bisa membangun sebuah software atau aplikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan. Dan berbicara soal sistem pemrograman selain untuk perintah, Fungsi dan kegunaannya adalah bisa untuk menambah, mengurangi, mengolah data sesuai dengan logika yang telah dibuat. Sebagai contoh, kita bisa lihat ketika kita bisa membaca informasi dalam article ini dapat dengan mudah masuk ke dalam situs web dan dapat menjalankan sebuah aplikasi di smartphone.

Baca Juga : Inilah cara Belajar Edit HTML Blogger

Sekarang ini ada banyak macam dan jenisnya bahasa pemrograman. Ada bahasa yang paling sederhana sampai dengan bahasa yang paling kompleks. Mungkin anda yang sedang menyimak article ini bermaksud untuk mengenal apa saja bahasa pemrograman dasar yang wajib diketahui oleh seorang pemula. Maka, Article ini sengaja dibuat untuk anda yang ingin belajar bahasa pemrograman secara singkat, padat dan jelas. Sebagai berikut adalah Jenis pemrograman yang terkenal dan populer di gunakan oleh para ahli pemrograman.

10 Jenis Pemrograman dan Penjelasannya

1. JavaScript

Bahasa Pemrograman yang pertama adalah JavaScript, karena jenis pemrograman yang satu ini merupakan salah satu sistem bahasa yang banyak dipakai oleh para programmer. Awalnya JavaScript dikembangkan oleh Netscape sedangkan untuk penggunaanya lebih banyak merujuk ke pengembangan Web. Fungsi nya sendiri adalah untuk membuat tampila Web menjadi lebih interaktif  dan juga menarik.

2. HTML/CSS

Sebagian besar dari kebanyakan orang tidak menganggap HTML atau CSS ini merupakan bagian dari salah satu bahasa pemrograman  Namun sebenarnya, HTML atau CSS merupakan dasar dari sebuah program baik itu yang bersifat offline maupun online. Maka, Apabila anda seorang yang awam dalam bahasa pemrograman sebaiknya harus mulai menguasai sistem bahasa HTML atau CSS

3. C

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrogrman yang tertua yang pernah di buat. Bagaimana tidak, program ini telah dikembangkan mulai pada tahun 1970-an. Dan tahu kah anda? Bahasa pemrograman C telah menjadi salah satu bagian yang sangat populer di Negara kita Indonesia. Bahkan yang tidak kalah unik adalah hampir semua universitas atau perguruan tinggi dibidang teknologi dan informasi maupun lembaga pendidikan yang bergerak di bidang IT Menggunakan bahasa ini sebagai pelajaran pertama sebelum beralih ke pelajaran bahasa pemrograman yang lainnya.

4. PHP

Selanjutnya ada PHP. Jenis pemrograman ini sudah cukup sering digunakan oleh para programmer di dunia. Selain karena bisa mendapatkannya secara gratis, bahasa ini juga merupakan pemrograman yang memiliki sifat server dan side scripting yaitu khusus diperuntukkan untuk dapat membangun website dengan standar dinamis. Berbagai website –website yang populer bahkan juga menggunakan PHP dalam proses pengembangannya. Baca : Cara ganti Template Blogger.

5. Visual Basic

Bahasa Pemrograman yang satu ini dikembangkan oleh Microsoft. Dan pada kenyataanya popularitasnya cukup tinggi di Indonesia. Pada dasarnya, Visual Basic ini hanya didikhususkan dalam membuat sebuah aplikasi dengan sistem operasi Windows. Walaupun begitu, Visual basic tetap memberikan kelebihan terutama pada bagian Ide Visual dalam pembuatan sebuah aplikasi. Contoh Visual basic meliputi kasir, Grafic Label, dan lain sebagainya.

6. Java

Salah satu bahasa pemrograman yang dapat dijalankan oleh berbagai perangkat adalah Java. Mulai dari Perangkat Desktop sampai pada perangkat Mobile Smartphone . Mungkin anda akan berfikir bahwa Java ini memiliki hubungan dengan jenis pemrograman JavaScript, Namun sebenarnya kedua bahasa ini tidak sama. Dapat dikatakan Java ini adalah salah satu bentuk pemrograman yang cukup banyak digunakan bahkan oleh para programmer di seluruh dunia.

7. Python

Python, Mungkin anda sedikit asing ketika mendengar bahasa pemrograman yang satu ini. Python sendiri tidak begitu seterkenal dengan Java, PHP dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaannya sangat ramah bagi para pemula programmer Karena bahasa Python mudah dibaca dengan syntax dan mudah di pahami. Sebagai contoh perusahaan aplikasi yang menggunakan bahasa Python meliputi Instagram, Yahoo, Google dan lain sebagainya.

8. ActionScript

ActionScript adalah bahasa program yang pada awalnya dikembangkan oleh ECMAScript dan biasanya hanya digunakan oleh aplikasi yang menggunakan platform adobe flash player. Selain itu bahasa pemrograman ini juga di pakai untuk beberapa aplikasi berbasis data semacam Alpha Five yang membuat kebutuhannya mulai meningkat.

9. C++

Pengembangan dari bahasa C adalah adanya pemrograman C++ yang mempunyai sintaks penulisan yang dapat di katakan sama. Walaupun begitu kedua bahasa pemrograman ini memiiliki beberapa perbedaan pada bagian penyelesaian masalah. Apabila pada bahasa C masalah diselesaikan dengan cara dibagikan pada sub –sub masalah yang lebih kecil, sedangkan untuk C++ di bagi ke dalam kelas –kelas. Contoh program C++ adalah digunakan di Adobe, Winamp, Firefox dan lain sebagainya.

10. C#

Selain ada Bahasa Pemrograman C dan C++, Ada juga bahasa pemrograman yang lainnya bernama C# atau biasa disebut C Sharp. Untuk bahasa program ini di buat oleh Microssoft dalam bentuk NET. Pada awalnya C# adalah gabungan dari bahasa C dan C++, Namun, sekarang ini C# lebih banyak dipakai untuk mengembangkan aplikasi yang menggunakan sistem operasi Windows.

Lihat Juga : Cara mudah ganti Font, Warna dan dan Ukuran di Template Blogger

Inilah beberapa jenis – jenis bahasa pemrograman dasar yang terkenal di gunakan oleh para developer atau programmer. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis program yang lainnya seperti Assembly, Batch, Fortran, dBasse dan lain sebagainya. Namun, untuk pembahasan kali ini sangat cocok untuk anda yang masih awam karena 10 macam Pemrograman ini yang paling umum dan banyak digunakan.

Untuk jenis program yang lainnya adalah sebagai tambahan untuk memperdalam dan meningkatkan pengetahuan pembelajaranmu dalam dunia pemrograman. Semoga article ini bermanfaat dan membantu. Kalian juga bisa belajar tentang CodeIgniter Sederhana di situs codecoding.id. Selamat mencoba dan semoga berhasil.