Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload atau ganti Template Blogger menggunakan file XML dan TEXT

Template blogger adalah kode HTML untuk tampilan sebuah Blog/WEB yang disediakan oleh google secara gratis. Template blogger juga bisa anda ganti menggunakan template gratisan yang bisa anda dapatkan di berbagai website secara gratis. Tetapi untuk memiliki Blog dengan kualitas baik maka harus menggunakan Template Premium yang bisa anda beli langsung dengan penjualnya. Lalu bagaimana cara mengupload atau menganti template bawaan blogger dengan template Premium ?

Perbedaan Template Gratisan dan Template Premium cukup banyak, anda bisa membacanya di google banyak yang menjelaskannya. Yang saya tau untuk Template Premium sudah terjamin untuk kualitas template tersebut mulai dari Loading blog sampai SEO Template tersebut. Nah kali ini yang akan kita bahas bagaimana cara menganti template tersebut  karena beberapa hari terakhir ada yang bertanya cara ganti template.

Baca juga : Template Premium Kompi Ajaib yang membawa Keberuntunggan mendatangkan Visitor Blog hingga Jutaan

Setiap menganti sebuah template biasanya kita mendapatkan Template Blog dengan dua jenis file yaitu ada yang file xml dan file text. File xml bisa anda upload secara langsung ke upload template blogger tetapi untuk file text biasanya kita buka dulu melalui notepad, kita copy kode HTMLnya lalu di paste pada HTML blogger. Binggung kan dari penjelasan saya di atas, daripada binggung berikut penjelasannya lengkap menggunakan gambar.

Cara Upload atau ganti Template Blogger menggunakan file XML

Langkah 1 : masuk ke akun blogger anda. Pada menu disamping kiri silahkan pilih Tema maka akan tampil seperti gambar dibawah.
Langkah 2 : Pilih angka 1 dipojok kanan atas (Backup/Pulihkan).

Langkah 3 : Donlowad Tema adalah untuk mendonlowad atau membacekup Tema Template Blogger anda. Untuk upload template baru silahkan anda pilih no.2 klik telusuri dan cari File XML (Template baru anda).

Langkah 4 : Sebagai contoh Template Premium Evomagz milik MasSugeng menggunakan file XML seperti gambar dibawah ini. Jika sudah dapat filenya silahkan klik Upload. Lihat hasilnya Tampilan Blog/Web anda sudah berubah.

Cara Upload atau ganti Template Blogger menggunakan file TEXT

Langkah 1 : Buka akun Blogger anda
Langkah 2 : Pilih no.2 (EDIT HTML) untuk langsung menganti kode didalamnya.

Langkah 3 : Hapus semua KODE HTML seperti gambar dibawah ini.

Langkah 4 : Sebagai contoh Template milik Kompi Ajaib yaitu Template Minimalis yang menggunakan data TEXT. Silahkan buka menggunakan Notepad, copy semua kode HTML di notepad tersebut dan pastekan pada Daskboard HTML Blogger anda. Jangan lupa klik Simpan Tema.
Langkah 5 : Lihat hasilnya maka Template anda sudah berubah.

Gimana cukup mudah bukan menganti Template Blogger anda. Jika anda inggin mengedit Tema tersebut dengan warna kesukaan anda maka bisa mengikuti langkah langkah di bawah ini :

Lankah 1 : Masuk ke akun blogger anda, Pilih Tema dan pilih No.3 (Sesuaikan).

Langkah 2 : Akan tampil seperti gambar dibawah ini maka anda bisa mengedit warna tulisan ataupun warna backround Template Anda (Silahkan anda coba satu persatu untuk mempelajari Lokasi tulisan yang akan anda rubah warnanya). Jangan klik Sesuaikan.

Itulah tutorial singkat cara upload atau menganti Template Blogger menggunakan file XML dan TEXT. Semoga dengan tutorial singkat tersebut anda mengerti cara mendesain Template Blog. Bagi anda yang sudah terbiasa mengedit Template Blogger maka cara ini sudah terbiasa anda lakukan tetapi bagi anda yang baru pertama kali mungkin sedikit rumit. Lakukan percobaan terus supaya anda terbiasa mengedit Template Blogger dan bisa mendesain Tampilan Blog Sendiri.