Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ganti Warna, Ukuran dan Jenis Font di Post Body Blog melalui HTML

Mengerti dan memahami kode HTML di Blogger memang susah susah gampang. Untuk menganti warna teks, ukuran teks dan jenis font pada artikel blog ternyata tidak mudah. Semua template Premium Blogger tidak sama cara mengeditnya. Seperti Template yang saya gunakan ini (Template Kompi Flexible) berbeda dengan Template Evo Magz milik Mas Sugeng.

Disini saya akan coba bagikan cara menganti font, ukuran dan warna teks di artikel blog supaya lebih enak dilihat. Beberapa template Blogger biasanya menggunakan warna teks yang cendrung kurang jelas (keabu abuan). Sedangkan untuk memudahkan pembaca kita harus sediakan warna teks yang jelas supaya kerja mata tidak terasa di paksakan saat membaca.

Sedangkan ukuran teks akan mempengaruhi halaman sebuah artikel menjadi lebih panjang atau terlihat simpel. Jika teks atau tulisan pada artikel blog anda terlalu besar maka pembaca akan mudah membacanya tetapi artikel tersebut terlihat panjang. Sebaliknya jika ukuran font anda terlalu kecil pembaca akan kesulitan terlebih lagi yang matanya sudah minus (menggunakan kaca mata).

Warna, ukuran dan jenis font yang tepat pada postingan blog akan mempengaruhi pengunjung atau visitor bertahan lebih lama. Dengan begitu kemungkinan besar penghasilan Adsense anda akan bertambah. Gunakan jenis Font Roboto, sans-serif yang enak dibaca. Lihat lebih dahulu versi desktop dan versi mobile, jika sudah enak dilihat jangan lupa klik Save.

Ganti Warna, Ukuran dan Jenis Font di Post Body melalui Fasilitas Blogger

Jika anda menggunakan template bawaan Blogger sudah pasti cukup mudah menganti semua tampilan yang ada di blog. Mulai dari Judul Blog, Description Blog, Judul Post, sampai dengan penentuan penentuan warna Link yang ada di artikel tersebut. Berikut ini adalah caranya, cukup mudah dan anda bisa berimajinasi supaya tampilan blog lebih menarik. Sebagai contoh saya menampilkan Template Evo Magz pada blog racikanbumbu.com.

Masuk ke Daskboard Blogger >> Tema >> Sesuaikan >> Silahkan anda pilih Lanjutkan (menu paling bawah) seperti gambar di bawah ini. Silahkan anda ganti sesuai keingginan karena menu warna, jenis dan ukuran teks sudah di sediakan. Dengan cara ini maka anda tidak perlu masuk ke HTML dan pusing menyusun kode.


Ganti Warna, Ukuran dan Jenis Font di Post Body melalui Edit HTML

Tutorial ini bisa anda gunakan jika Desainer Tema Blogger tidak tampil baik Tema, Latar Belakang, Tata Letak dan Lanjutan. Ini terjadi jika anda menggunakan Template Premium Kompi Ajaib milik kang Adhy Suryadi. Jika hal ini terjadi maka untuk melakukan pengeditan tampilan blog harus melalui Kode HTML dan ini membutuhkan skill khusus.

Untuk menganti ukuran font, warna dan jenis font di artikel blog melalui edit HTML maka sobat bisa ikuti cara saya ini. Cara ini sudah saya praktekkan di blog mastimon.com dimana warna dan ukuran teks saat ini sudah berubah. Blog mastimon.com menggunakan template Kompi Flexible jadi jika anda menggunakan template ini silahkan ikuti.

Masuk ke daskboard Blogger >> Tema >> Edit HTML >> maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Klik Cntrl + F maka akan tampil kolom pencarian di pojok kanan atas, silahkan ketik post-body dan pencet Enter. Lihat tanda panah pada gambar, itulah Jenis Font, Ukuran Font dan Warna Teks.


Jenis Font terbaik yang banyak digunakan banyak Blog : Arial, Times New Roman, Tahoma, Verdana, Georgia, Helvetica, Courier New, Palatino Linotype dan Trebuchet MS. Untuk mendapatkan kode Warna anda bisa lihat di HTML Color Picker. Pilih warna yang anda suka maka akan tampil kode di samping kanan bawah dan itulah kode warna yang bisa anda gunakan.

Bagaimana cukup mudah bukan mendesain tampilan blog lebih menarik. Dengan menyesuaikan ukuran, jenis dan warna font artikel Blog yang tepat maka pengunjung akan semakin suka. Jika masih ada yang belum jelas silahkan sobat sampaikan melalui kolom komentar. Dengan senang hati saya akan menjawab, sekian dan terimakasih.