Cara Google Adsense membayar kita sebagai Publisher Iklan

Mastimon.Com - Sekarang berseluncur dalam dunia internet tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan saja. Melainkan, kebanyakan orang secara pintar bisa mengambil keuntungan materi di dalamnya. Bagaimana bisa? Ya, ini bukan lagi menjadi rahasia yang umum untuk mendapatkan uang dari internet sebab internet memang sudah menjadi ladang uang yang potensial dan terbukti membayar. Salah satunya yang paling terkenal dan banyak menghasilkan orang sukses di dalamnya adalah Google Adsense. Sampai dengan saat ini kemunculannya berhasil menjadi pilihan banyak orang sebagai internet marketer di dunia.

Logo Google Adsense Terbaru

Anda yang membaca article ini, pasti baru pertama kali mengenal dunia google adsense bukan? Anda mungkin penasaran apakah benar google membayar para publisher internet? Lalu, bagaimana perhitungan dari google untuk menentukan pembayarannya? Melalui apa? Berapa lama? Dan masih banyak lagi pertanyaan umum yang lainnya. Pertanyaan –pertanyaan tersebut pasti banyak dicari oleh banyak orang yang penasaran dan ingin memulai bisnis online yang satu ini. Terkhusunya para blogger atau youtuber pemula yang bertujuan mendaftarkan akun nya ke Google Adsense.

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai caranya Google Adsense membayar para karyawannya baik sebagai publisher iklan, konten video atau konten article. Alangkah lebih baik Anda mengenal terlebih dahulu, apa itu Google Adsense? Lalu, apa yang dimaksud dengan publisher Adsense? Dan selanjutnya informasi penting lainnya nanti akan di tambahkan seperti bagaimana caranya memulai? Atau apa tips dan trik suksesnya? Yup, article ini akan memberikan pengetahuan singkat yang dapat membantu Anda lebih memahaminya.

Apa itu Google Adsense dan Publisher iklan Google Adsense?

Google Adsense sendiri menurut pengertiannya adalah merupakan media periklanan atau pengelola iklan yang memiliki fungsi dalam mengelola iklan –iklan milik pengiklan (Advertiser) untuk mempromosikan produk mereka melalui media online. Hal ini bertujuan agar produk knowledge mereka sampai kepada para target konsumen dengan tepat. Biasanya dalam sebuah website akan di cantumkan beberapa iklan di letak atau posisi yang sangat potensial untuk dilihat oleh para pembaca. Bisa di bagian pembukaan, tengah, atau di bagian akhir.

Sedangkan untuk publisher Google Adsense adalah orang yang sudah diberikan izin dari pihak google untuk bisa mempublikasikan iklan dari Google Adsense sesuai dengan aturan dan batasan yang sudah ditentukan oleh Google itu sendiri. Tujuan yang mereka miliki sebagai publisher iklan adalah satu tujuan dengan Pihak Google Adsense, karena dari sana lah mereka di bayar. Setelah kita mengetahui dasar pengetahuan tentang mencari pundi rupiah di Google ini, cocok sekali kalau sekarang kita membahas proses dan cara kerja Google Adsense memberikan gaji kepada para publisher iklan yang menjadi anggotanya.

Setidaknya ada tiga media yang dapat menjadi pilihan untuk dapat menampilkan iklan dari Google Adsense, mencangkup :
  • Halaman web atau situs blog, umumnya iklan bisa dipasang di sebuah situs halaman pribadi seperti menggunakan Top Level Domain maupun blog dengan domain hanya blogspot.com
  • Konten Video Youtube, iklan dari Google Adsense dapat diputar pada saat video ditayangkan atau sela –sela pemutaran video.
  • Aplikasi di Android, Umumnya penggunaan aplikasi beriklan yang kita gunakan adalah dari Google Adsense.

Siapa pun diantara kita semua bisa menjadi seorang publisher iklan adsense dan dapat bayaran dari Google. Namun, sama seperti pekerjaan yang lainnya untuk bisa menjadi seorang publisher iklan, Anda harus mengajukan lamaran atau pendaftaran terlebih dahulu. Pada umumnya pendaftaran bisa dilakukan melalui blog yang berplatform blogspot, melalui akun YouTube maupun melalui akun di admob. Baca Juga : Cara daftar Google Adsense Blog terbaru.

Apabila pendaftaran  yang Anda lakukan tersebut di terima oleh Google Adsense maka tentu saja nantinya Anda akan diberi sebuah akun google Adsense. Nah, dari akun tersebut Anda dimungkinkan untuk mengelola iklan Adsense. Tidak hanya itu, akun tersebut akan bekerja seperti halnya dasbord Anda, dimana didalamnya Anda juga dapat melihat rekening virtual sementara yang berisi catatan jumlah pembayaran yang akan Anda dapatkan dari pihak Google Adsense.

Nah, sebagai inti pembahasan sebagai seorang publisher Google Adsense maka Anda akan mendapat sejumlah imbalan dari Google. Maka, bagaimana Google Adsense membayar Anda? Google Adsense sendiri akan membayar Anda berdasarkan jenis media yang Anda gunakan untuk menayangkan iklan tersebut. Tentu saja setiap media memiliki pemberlakuan meliputi syarat dan ketentuan yang berbeda beda. Mari kita simak satu persatu pembahasannya.

1. Pembayaran Iklan Adsense untuk Halaman Blog

Untuk penayangan iklan dalam halaman blog sendiri memiliki ketentuan tersendiri. Misalnya untuk bisa mendapatkan bayaran dari Google Adsense adalah apabila pengunjung blog melakukan klik pada iklan yang sudah dipasang atau iklan tersebut sudah ditayangkan sampai dengan 1.000 kali. Pada umumnya iklan dalam blog yang di tayangkan ada dua jenis, yang pertama adalah iklan dengan basis cpc atau biaya per klik dan yang kedua adalah iklan dengan basis CPM atau berdasarkan seribu tayang. Biasanya jenis iklan tersebut memiliki jumlah pembayaran yang berbeda.

Perhitungan Jenis iklan CPC/BPK (Biaya periklan/Cost per click)

Nah, kita bahas yang pertama yakni iklan berbasis CPK atau BPK, disini Anda akan menerima bayaran dari Google Apabila pihak pengunjung blog melakukan klik natural pada iklan yang ditayangkan pada halaman website Anda. Ini berarti bukan Anda yang mengklik sendiri atau Anda menyuruh orang lain untuk mengeklik iklan Anda. Tahu kah Anda? Jika Anda melakukan hal ini maka hal tersebut sudah termasuk pelanggaran. Sedangkan untuk besarnya komisi yang Anda dapatkan nantinya akan disesuaikan dengan tarif CPC dan BPK dari iklan tersebut. Untuk kerahasian jumlah nominal nya hanya akan di ketahui oleh pihak google dan sang pengiklan saja.

Perhitungan Jenis iklan CPM (Biaya perseribu tayang/Cost per millies)

Untuk perhitungan jenis iklan yang kedua adalah diperhitungkan dari iklan yang sudah Anda pasang setidaknya sudah memperoleh sebanyak 1.000 kali penayangan. Jadi, bisa Anda bayangkan saja penghasilan untuk setiap iklan. Anda bisa terus memantau atau memonitor perkembangannya melalui akun google Adsense tersebut. Baca Juga : Syarat Blog mudah diterima Google Adsense.

Setiap tayangan iklan yang tampil di halaman blog secara otomatis juga akan dikelola oleh mesin iklan Google. Jadi, dari segi iklan apa saja yang hendak di tayangkan Anda tidak bisa memilihnya, sebab dari mesin iklan google itulah yang bisa menentukan sendiri iklan jenis apa yang akan tayang. Untuk bagian yang bisa Anda atur adalah ukuran dari iklan itu sendiri dan jenis iklan meliputi baner, link maupun match content. Anda bisa memantau penghasilan iklan yang sudah tercatat secara akurat di akun Google Adsense Anda. Biasanya akan ada ketentuan berapa uang yang bisa Anda cairkan berdasarkan minimal ambang batas pembayaran yang telah ditentukan oleh google.

Jika Anda bertanya, berapakah rupiah yang bisa kita dapatkan dari Adsense blog, Anda bisa melihat sendiri contoh dari blogger terkenal dan sukses baik di Indonesia atau di seluruh dunia. Mereka dimungkinkan memperoleh lebih dari ratusan juta rupiah perbulan apabila mengetahui trik yang tepat. Bahkan skil dan kemampuan tidaklah menjadi faktor utamanya, anak –anak yang masih sekolah pun bisa berpeluang sukses melalui blog. Cara pengerjaannya cukup dengan Anda membuat blog dan membuat traffic organik sebanyak –banyaknya. Nah, semakin banyak visitor maka tak heran Anda berpotensi mendapatkan dollar yang banyak dari Adsense blog ini.

2. Pembayaran Iklan Adsense di Video Youtube

Iklan Google Adsense dari video YouTube ini akan secara otomatis tampil di video dengan syarat apabila Anda sudah memonetisasi video tersebut. Iklan –iklan yang akan tampil pada video akan secara otomatis juga dikelola oleh mesin adsense. Yang dapat Anda lakukan adalah mengatur, kapan iklan akan tayang dan muncul dan jenis iklan apa saja yang ingin Anda tampilkan baik iklan cpc ataupun video. Untuk penayangan iklan di Youtube setidaknya ada 3 jenis iklan yaitu :
  • Perhitungan iklan dengan basis CPC, ini adalah perhitungan berdasarkan klik pada iklan saat menonton video.
  • Perhitungan iklan dengan basis tayangan (View), pembayaran berdasarkan berapa banyak penayangan video. Biasanya akan dihitung perseribu tayangan.
  • Perhitungan iklan dengan basis video, ini adalah jenis perhitungan tergantung durasi penayangan iklan yang ditonton oleh pengunjung.

Sama seperti akun Google Adsense blog, Youtube juga menyediakan akun Adsense untuk Youtube. Maka di dalamnya juga akan tersedia penghasilan yang diperoleh dan berbagai informasi yang ingin Anda ketahui tentang video yang sudah Anda tayangkan. Penghasilan akan dapat di cairkan apabila sudah mencapai batas ambang minimal untuk pembayaran Google Adsense YouTube. Baca Juga : Cara dapat Uang dari Vidio Youtube.

Berapa uang yang bisa Anda dapat dari Youtube? Nah, setiap penayangan iklan sendiri memiliki nilai komisi yang berbeda dan tergantung dari jenis iklan tersebut. Hal ini rahasia dan hanya diketahui oleh sang pemilik akun dan Google saja. Semakin banyak jumlah pemirsa dan yang berlangganan kepada akun Anda, maka sudah bisa dipastikan Anda akan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan dollar yang banyak.

Sekarang ini ada banyak YouTuber sukses bermunculan. Bahkan namanya saja sudah sangat terkenal diberbagai daerah atau bahkan mendunia. Jika Anda ingin sukses dalam Adsense Youtube silahkan untuk menyimak tips dan trik nya terlebih dahulu dan cari tahu lebih banyak. Yang terutama sebagai inti nya adalah Anda harus meluangkan waktu untuk mengupload video sebanyak –banyaknya dan terus mencari subcriber. Semakin banyak penonton dan subcriber, ini menandakan bahwa konten yang Anda buat membuat banyak orang menyukainya. Tentu saja, Anda sudah bisa membayangkan berapa pundi yang bisa Anda hasilkan.

3. Pembayaran Iklan Adsense di Aplikasi Android

Selain dari blog dan video Youtube, melalui aplikasi yang banyak beredar juga memiliki potensi dan peluang yang besar untuk mendapatkan pundi rupiah yang tidak sedikit.  Khususnya bagi Anda yang bisa menjadi penayang admob atau hal ini cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan dalam membuat sebuah aplikasi di Android. Biasanya iklan yang tayang di Aplikasi akan disebut sebagai iklan Admob atau bisa juga Adsense for mobile. Untuk jenis iklannya sendiri adalah tidak jauh dari iklan yang di tayangkan pada video youtube. Terdapat iklan dengan basis klik dan instal serta iklan video.

Nah, dilihat dari segi klik CPC, Anda akan menerima bayaran apabila iklan itu di klik oleh pihak pengguna Handphone smartphone atau Android. Sedangkan untuk iklan berbasis instal adalah komisi yang di dapat berdasarkan banyak pengguna yang melakukan penginstalan aplikasi yang sudah ditawarkan iklan. Berbeda dengan iklan berbasis video yang dapat mendapatkan komisi apabila iklan telah ditonton oleh customer dengan durasi atau waktu tertentu.

Berapa uang yang bisa Anda dapat dalam sebuah aplikasi ini? Besar kecilnya penghasilan Anda adalah tergantung berdasarkan jumlah aplikasi yang Anda upload ke playstore dan jumlah pengguna yang sudah mendownload nya. Jika semakin banyak orang yang menjadi pengguna aplikasi tersebut, maka sudah pasti pendapatan yang Anda terima akan semakin besar. Sekarang ini, ada banyak kok yang berhasil dalam usaha online ini. Anda juga bisa seperti mereka dengan berupaya membuat aplikasi unik, menarik dan sedang banyak dibutuhkan.

Cara Mengambil Uang Pembayaran dari Google Adsense

Setelah Anda mengetahui caranya Google Adsense membayar Anda, timbul pertanyaan penting lainnya yakni Bagaimana caranya Anda bisa mengambil uang dari Adsense tersebut? Pernah terfikir pertanyaan ini? Yup, untuk proses pengambilannya sendiri baik Anda adalah publisher iklan untuk halaman blog, video YouTube, maupun Aplikasi Android semua bisa Anda lihat pada dasbor atau akun google adsense milik Anda setiap saat.

Pada umumnya uang tersebut baru bisa dicairkan apabila akun Adsense Anda sudah terverifikasi Pin Adsense dan jumlah saldo yang di dapat sudah mencapai ambang batas pencairan. Untuk minimal uang nya adalah setidaknya senilai 100$. Apabila komisi pada akun Anda tersebut senilai 100$, maka Anda bisa mendapatkan nilai tersebut sesuai dengan kurs pada saat itu juga. Nah, pada moment ini Anda sudah bisa mencairkan penghasilan dari Google Adsense.

Untuk metode pencairan penghasilan dari pihak Google Adsense adalah dengan beberapa cara yaitu :
  • Pencairan melalui transfer ke rekening bank secara langsung
  • Pencairan melalui media western union (WU)
  • Pencairan melalui Cek.

Nah, setelah berlakunya peraturan country account maka menyebabkan pihak Google akan menyesuaikan mata uang lokasi dengan tempat dilakukannya pendaftaran. Jadi di negara kita sendiri saja yakni Indonesia ada dua jenis akun Adsenses yaitu AdsenseUS atau mata uang dollar dan akun Adsense IDR atau mata uang rupiah.

Maka, dari metode pencairan tersebut terdapat beberapa perbedaan sebagai berikut :

Metode Pencairan Mata Uang dollar

Untuk akun Adsense US ini sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui WU atau singkatan dari western union layaknya wesel luar negeri. Untuk jenis metode pencairan ini bisa Anda setting sendiri di akun Adsensenya. Untuk jenis metode pencairan yang satu ini adalah bentuk pencairan yang paling mudah karena tidak dipungut biaya apapun. Pencairan pun dapat dilakukan apabila akun adsense sudah muncul. Sedangkan untuk tempat pencairan bisa dilakukan di agen Western Union setempat misalnya kantor pos dengan membawa sejumlah berkas seperti fotocopy KTP, No MTCN serta mengisi formulir WU. Semua ini gratis tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Metode Pencairan Mata Uang Rupiah

Nah, yang kedua adalah pencairan untuk uang rupiah atau akun Adsense IDR. Sekarang ini pencairan jenis ini bisa dilakukan melalui transfer rekening bank. Karena sebenarnya untuk  WU sendiri belum tersedia untuk metode pencairan ini maka, Anda perlu menyetel dan mengatur jenis pencairan melalui transfer bank. Khusunya Anda perlu mengisi dan menentukan bank dan tujuan atau target pencairan. Apabila saldo pada akun Anda sudah mencapai minimal 100%, maka uang penghasilan akan langsung di transfer ke rekening tujuan. Umumnya pencairan dilakukan pada tanggal 21 dst setiap bulannya.

Baca Juga : Blog dengan berbagai macam Informasi menarik arisduts.com

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang seputar caranya Google Adsense memberikan penghasilan kepada para publisher sebagai karyawannya. Tertarik untuk bergabung bersama Google Adsense? Anda bisa mulai dan berkreasi sendiri baik sebagai blogger, Youtuber atau pengelola Aplikasi di Android. Apabila Anda mencobanya sendiri, Anda akan tahu sendiri bagaimana sensasi dan rasanya. Walaupun memerlukan usaha dan kerja keras di awal, namun itu tidak akan sebanding dengan yang Anda dapatkan nantinya. Silahkan untuk mencari tahu lebih banyak lagi seputar Tips dan trik dunia Google Adsense, siapa tahu disini adalah ladang kesuksesan dan keberuntungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel