Cara buat Internet Banking BRI, BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga

Di era yang semakin canggih ini, tentu saja membuat dunia perbankan juga mengalami peningkatan layanan yang lebih baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya kemudahan yang diberikan. Seperti halnya melakukan transaksi yang tanpa batas oleh Internet Bangking. Di dalam fitur ini memberikan kita banyak sekali manfaat terkhusunya untuk nasabah yang tergabung.  Berbagai aktivitas pun dapat dilakukan dengan mudah mulai dari melakukan berbagai transaksi seperti cek saldo dan pemindah pembukuan buku rekening. Hal ini juga lah yang memungkinkan hampir semua bank bank besar di Indonesia sudah menpunyai fitur internet banking.

Internet Banking

Karena berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh masing masing Bank, membuat orang –orang ramai untuk mulai mendaftar dan membuat rekening mereka sendiri. Bahkan tidak hanya untuk pekerja yang membutuhkan rekening untuk keperluan pentransferan gaji, semua kalangan mulai dari anak –anak, remaja, anak sekolah, para pengusaha, pekerja swasta dan orang tua. Selain sebagai media menabung, teknologi ini juga digunakan untuk semua keperluan mulai dari membeli barang online, transfer antar rekening atau ke bank lain hanya dengan menggunakan HP Android saja. Satu aplikasi untuk semua kemudahan.

Internet Banking sekarang sudah tersedia dalam layanan Bank besar seperti BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga dan BRI. Namun, untuk bisa mendapatkan layanan Internet Banking tidak secara langsung Anda dapatkan ketika memiliki akun di Bank tertentu melainkan Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Sebenarnya masing –masing dari bank tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda tergantung dari peraturan masing –masing Bank. Namun, Anda tenang saja sebab cara buat internet banking tidaklah sulit, bahkan bisa dibilang mudah dan cepat.

Jika, sekarang ini Anda sudah menentukan pilihan terbaik untuk mulai membuat internet Banking di Bank favorit Anda, silahkan untuk ikuti panduan dan prosedur yang sudah dibuat sesuai dengan ketentuan Bank. Tentu saja hal ini juga sudah dilandaskan alasan membuka rekening baik untuk tabungan Anda. Khususnya untuk perusahaan, pasti manfaatnya akan lebih besar. Yang lebih uniknya untuk membuat internet banking Anda tidak perlu harus pergi ke bank, Anda hanya perlu menggunakan Handphone Smartphone Anda saja. Untuk pembahasan lebih lanjut. Yuk kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. CARA DAFTAR INTERNET BANKING DI BANK CENTRAL ASIA (BCA)

Internet Banking BCA adalah salah satu layanan dari Bank BCA yang sangat membantu para nasabahnya untuk melakukan sejumlah transaksi seperti hal nya cek saldo, transfer, cek mutasi rekening dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk syarat utama untuk bisa menerima fasilitas yang satu ini Anda harus mempunyai tabungan di tahapan BCA. Anda harus mempertimbangkan kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika membuat internet banking di BCA sebab di BCA Anda dapat mengecek mutasi rekening BCA selama 30 hari terakhir. Menarik sekali bukan?

Nah, Untuk bisa menerima layanan internet banking dari BCA, maka Anda diberikan kemudahan dengan 2 cara, yaitu :

Melalui Customer Service di Bank BCA terdekat

Cara yang pertama ini bisa Anda lakukan khususnya ketika ingin mengurus pembuatan rekening baru di Bank BCA. Jadi, ketika membuka rekening baru, Anda bisa meminta kepada customer service Bank untuk mendaftarkan dan mengaktifkan layanan internet banking tersebut sekaligus, sehingga kesempatan berikutnya Anda tidak perlu pergi ke ATM dan mendaftar lagi. Baca Juga : Cara Transfer ATM BCA ke BCA dan ke Bank lainnya.

Melalui ATM BCA

Nah, cara ini diperuntukkan bagi Anda yang sudah mempunyai tabungan di Bank BCA, namun sebelumnya belum sama sekali terdaftar atau mengaktifkan layanan internet banking di BCA. Maka untuk membuatnya Anda perlu mendaftar sendiri dengan datang ke ATM terdekat. Bagaimana cara pendaftarannya? Beginilah cara mendaftar internet banking di BCA melalui ATM :
  • Pertama, memasukkan Kartu ATM BCA dan Pin nya.
  • Kedua, Pada halaman utama silahkan pilih opsi “Daftar Autodebet”
  • Ketiga, Pilih opsi “Internet Banking”
  • Terakhir, Masukkan enam digit PIN Anda, lalu masukkan lagi untuk tahap konfirmasi

Apabila Registrasi sudah berhasil, selanjutnya akan keluar struk (print out) yang berisi user ID. Simpanlah Print out tersebut dan gunakanlah sebagai bukti dan referensi ketika akan melakukan login di website Internet Banking klik BCA. Nah, tahap berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan aktifasi internet di Banking melalui halaman website di Klik BCA. Sebagai berikut adalah cara aktifasi Internet Banking di klik BCA :
  • Langkah awal, bukalah terlebih dahulu Internet Banking di Klik BCA
  • Selanjutnya, akan muncul syarat dan ketentuan pada internet BCA, bacalah terlebih dahulu dan pilih “Setuju”
  • Halaman berikutnya Anda perlu memasukkan nama email, nomor kartu ATM BCA (16 Digit), User ID (bisa Anda dapat dalam tulisan di Struk) dan masukkan PIN yang Anda buat dan pilih juga menu untuk bahasa yang akan digunakan.
  • Lakukan log ini kembali dengan menggunakan USER ID dan PIN di internet banking klik BCA.

2. CARA DAFTAR INTERNET BANKING DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)

Bank BRI atau yang memiliki kepanjangan dari Bank Rakyat Indonesia ini sendiri tidak ketinggalan dengan Bank yang lainnya dalam hal memberikan fasilitas terbaik untuk para penggunanya termasuk penggunaan fitur internet Banking. Nah, supaya Anda bisa menikmati layanan yang satu ini, maka Anda perlu mengajukan diri untuk mendaftar terlebih dahulu. Baca Juga : Cara ambil Uang di ATM bersama.

Sebelumnya, sebagai syarat yang utama Anda harus membuka rekening BRI terlebih dahulu, kemudian memiliki ATM BRI, ponsel dengan nomor operator partner BRI dan mempunyai akun email untuk melihat pemberitahuan transaksi. Barulah setelah itu Anda bisa melakukan proses pendaftaran di Internet Banking BRI. Untuk Bank BRI, setidaknya ada dua cara pemberlakuan untuk membuat akun internet banking, apa saja itu?

Melalui Customer Service Bank BRI terdekat

Jika Anda tidak ingin repot –repot mengurusnya sendiri, silahkan untuk datang ke Bank BRI terdekat dari lokasi Anda. Disana Anda bisa melakukan pendaftaran dan aktivasi untuk internet Banking dibantu oleh customer service. Jangan lupa untuk membawa ponsel dengan nomor telephone yang bisa di daftarkan untuk m token. Setelah itu selanjutnya nanti Anda akan menerima berupa pesan SMS untuk verifikasi dan untuk aktivasi sms banking.

Melalui ATM BRI

Selain melalui Customer service di bank secara langsung, Anda dimungkinkan juga untuk mendaftar sendiri melalui ATM BRI. Untuk proses pendaftarannya sendiri Anda bisa mengikuti langkah langkah sebagai berikut :
  • Memasukkan ATM, Lalu masukkan PIN atau Passwordnya
  • Pilih Opsi lainnya, lalu klik menu “Registrasi”
  • Pilih menu pada “Internet Banking”
  • Memasukkan password baru dan layanan internet banking yang berjumlah 6 digit
  • Berikutnya, ulangi tulis passwor yang Anda masukkan sekali lagi untuk mengonfirmasi

Apabila Pendaftaran sudah selesai maka mesin ATM tersebut secara otomatisa akan memunculkan USER ID untuk internet banking. Cetak atau foto struk tersebut untuk bisa mengakses layanan internet banking di BRI nantinya. Umumnya User ID ini sendiri adalah gabungan dari gabungan nama dan angka dari tanggal lahir. Untuk mengakses lebih lanjut Anda bisa langsung membuka situs internet banking BRI dengan tindak lanjut sebagai berikut :
  • Masukkanlah USER ID juga password yang sudah Anda dapat dari ATM, kemudian pilih tombol masuk
  • Apabila sudah berhasil masuk, Anda bisa melihat halaman syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh internet banking BRI, Anda bisa membaca dan mempelajarinya dulu sejenak. Kemudian pilih “Setuju”
  • Berikutnya Anda akan diarahkan merubah mulai dari password dari ATM serta memasukkan email

Sampai pada tahap ini Anda sudah berhasil melakukan pembuatan akun di internet banking BRI. Namun, untuk layanan ini Anda baru bisa melakukan pemindah bukuan dan cek saldo. Sedangkan untuk fasilitas seperti transfer, pembayaran dan yang lainnya Anda perlu mengaktifkan m token terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Anda harus ke bank BRI terdekat dan membawa beberapa syarat seperti ATM, Fotocopy KTP, buku tabungan Dan nomor telephone yang akan dijadikan m token.

3. CARA DAFTAR INTERNET BANKING DI BANK NEGARA INDONESIA (BNI)

Untuk para Nasabah Bank BNI, Anda bisa juga memanfaatkan Internet Banking ini untuk berbagai kemudahan dan pelayanan terbaik dimana saja dan kapan saja. Layanan internet banking BNI pun dapat di akses menggunakan PC, Laptop, HP dan perangkat eletronik lainnya. Sedangkan untuk syarat pembuatannya adalah yang terutama Anda harus menjadi nasabah dari Bank BNI itu sendiri. Setelah itu pendaftaran internet banking pun bisa dilakukan dengan 2 cara yang sama seperti bank besar lainnya yakni :

Melalui Customer Service Bank BNI terdekat

Sebaiknya ketika Anda menginginkan internet banking,  Anda dapat meminta bantuan dari customer service tersebut untuk mendaftarkan dan membuatkan akunnya sekaligus. Hal ini direkomendasikan untuk Anda yang tidak mau harus repot –repot mendaftar lagi.

Melalui ATM BNI

Bagi Anda yang sudah memiliki akun tabungan di Bank BNI Namun, belum mempunyai layanan internet banking maka Anda bisa melakukan cara ini. Untuk cara lebih spesifiknya adalah sebagai berikut :
  • Pertama, Masukkan kartu ATM dan input PIN nya
  • Pilih pada opsi “Registrasi E-Channel”
  • Pilih menu “BNI Internet Banking”
  • Ketika Muncul pertanyaan akan melakukan registrasI, pilihlah “Setuju”
  • Setelah itu, masukkan PIN registrasi internet banking 6 digit
  • Terakhir, Masukkan lagi PIN registrasi untuk mengkonfimasi

Nah dari proses diatas Anda akan menerima struk dari registrasi BNI internet Banking. Langkah selanjutnya adalah Anda perlu mengaktivasi akun Anda dengan membuka halaman web di BNI Internet Banking. Setelah itu cari dan klik personal. Lau cari link aktivasi yang berada di bawah form login. Disitu Anda bisa memasukkan nomor kartu ATM BNI yang sebelumnya digunakan untuk registrasi di ATM BNI.  Ketika muncul syarat dan ketentuan, Anda bisa membacanya sejenak dan pilih “Setuju”.

Lalu langkah akhir Anda harus membuat user ID, Password dan alamat email. Jangan lupa isi form tersebut dengan yang sebenarnya. Terakhir tekan tombol Proses. Nah, sampai disini Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran di Internet Banking BNI. Namun, perlu Anda ketahui pada tahap ini Anda hanya bisa melakukan cek saldo dan mutasi rekening. Untuk mengaktifkan fasilitas yang lainnya Anda bisa pergi ke Bank atau menghubungi customer service Bank BNI terdekat.

4. CARA DAFTAR INTERNET BANKING DI BANK MANDIRI

Internet Banking juga hadir di Bank Mandiri. Tentu saja ini akan membuat para nasabah di bank mandiri akan merasakan kenyamanan karena segala aktivitas perbankan tidak perlu datang ke Bank dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Anda juga dipermudah dalam segala urusan sehingga tidak akan erlu mondar mandir ke Bank Mandiri. Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu diantaranya :

Melalui Customer Service Bank Mandiri terdekat

Untuk cara buat internet bangking di bank Mandiri, Anda bisa meminta bantuan aktivasi di customer service di Bank Mandiri terdekat dari lokasi Anda. Pada kesempatan itu dari pihak customer service akan mengkativasi internet Banking Anda tersebut.

Melalui ATM Mandiri

Apabila mungkin Anda sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk pergi ke Bank Mandiri pada jam buka bank, maka melalui ATM adalah cara yang terbaik. Sebagai berikut adalah langkah langkahnya :
  • Pertama, masukkan ATM Mandiri milik Anda dan PIN atau passwordnya.
  • Selanjutnya, pilih menu utama lalu “Transaksi lainnya
  • Pilih opsi “Internet Banking
  • Pada halaman berikut tersebut akan muncul syarat dan ketentuan, silahkan baca dan klik setuju
  • Masukkan kata sandi sekali lagi dan pilih tombol benar
  • Apabila pendaftaran sukses, maka akan terlihat pemberitahuan pada layar mesin ATM.

Nah, Pada tahap ini Anda sudah menyelesaikan tahap pertama, Nah, untuk tahap kedua Anda hanya perlu memanfaatkan perangkat elektronik Anda yakni untuk beralih ke proses aktivasi. Karena tanpa proses aktivasi, fitur pada layanan tidak akan dapat digunakan secara maksimal. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Pertama, buka situs dan halaman resmi dari Bank Mandiri
  • Selanjutnya, pilih opsi “pengguna baru” atau “registrasi ulang” dan klik setuju
  • Maukkan User ID dan kode akses internet Banking yang Anda miliki. User Id adalah 16 digit angka di kartu ATM sedabngkan koder akses adalah 6 digit dari password ATM
  • Setelah semua data sudah diisi dan dinyatakan benar silahkan klik “Aktifkan”
  • Langkah terakhir, Anda perlu membuat user ID dan pssword untuk proses log in ke Internet Banking Bank Mandiri yang bisa digunakan untuk seterusnya.

5. CARA DAFTAR INTERNET BANKING CIMB NIAGA

Bank CIMB Niaga juga telah meningkat fasilitas untuk kenyamana para nasabahnya. Dengan fasilitas Internet Banking, CIMB Niaga mampu menyaingi bank –bank besar lainnya yang turut mengambil perhatian masyarakat sekitar. Untuk Anda sebagai nasabah Bank dari CIMB Niaga yang berniat membuat internet bangkingnya sendiri, silahkan ikuti panduan dan langkah –langkah di bawah ini :

Registrasi melalui Website resmi
  • Pertama, bukalah terlebih dahulu di web CIMB Clicks
  • Selanjutnya, Anda tinggal pilih “Daftar di sini” dan klik “Lanjutkan”
  • Pada halaman berikut, isilah kolom yang tersedia mulai dari nomor rekening sampai nomor pin kartu debit/ATM
  • Pilih “Setuju” pada halaman Syarat dan ketentuan di CIMB Clicks

Registrasi lewat ATM
  • Pertama, Masukkan Kartu ATM Anda beserta PIN nya
  • Lalu, pilih menu “Branchless Banking” dan tekan opsi “Registrasi”
  • Selanjutnya pilih “CIMB Clicks”
  • Masukkan 6 digit untuk password CIMB Niaga dan pilih tombol “OK”
  • Masukkan nomor ponsel dan pilih “lanjut”
  • Setelah semua proses selesai, Struk akan keluar sebagai bukti bahwa Anda sudah selesai dalam melakukan registrasi tersebut.

Selesai mendaftar, Nanti akan ada pemberitahuan berupa m PIN dari CIMB Clicks. Nah, mPIN tersebut akan sangat berguna ketika Anda mengonfirmasi transaksi nanti. Untuk Mpin ini sifatnya adalah rahasia, jadi jangan sampai orang lain tahu, cukup hanya Anda saja sebagai pemiliknya.

Inilah informasi selengkapnya seputar tips dan tutorial cara membuat akun internet banking yang mudah dan sederhana di Bank –bank terkenal seperti Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri dan CIMB Niaga. Anda sudah mendapatkan informasi seputar hal –hal dasar yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pendaftaran di Internet Banking. Jangan lupa syarat dan cara daftar yang benar adalah yang penting, supaya tidak ada kendala atau masalah. Untuk cara penggunaan meliputi Aktivasi, cek saldo, transfer antar rekening atau ke bank lain, transfer virtual account dari bank lain, limit transfer, isi saldo dan lain sebagainya akan lebih maksimal.

Baca Juga : duniacm.com Situs informasi seputar internet dan Tutorial

Setelah Anda berhasil dan mengerti cara kerjanya, Anda akan merasakan sendiri fungsi, peran dan berbagai kelebihan dari fasilitas internet banking. Untuk semakin memperkaya dan memahami alur pendaftaran internet banking, silahkan untuk mencari tutorial video nya langsung di akun YouTube atau menanyakan secara langsung kepada pihak terkait seperti pegawai bank atau orang –orang terdekat Anda yang sudah pernah melakukan pembuatan akun di internet banking itu sendiri. Hal ini baik agar Anda tidak bingung dan dapat menerima solusi dan tips praktis yang diberikan. Sekian informasi ini dan semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel