Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara ampuh Memutihkan Mata Merah secara Alami

Mata merah merupakan satu kondisi yang bisa saja membuat kita tidak percaya diri. Bahkan ada saja mungkin yang enggan keluar rumah karena hal ini. Mata merah sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya terkena debu atau kotoran, kurang tidur, sering mengucek mata, gejala penyakit tertentu dan lain lain. Nah, apabila sudah terjangkit mata merah ini, tentu saja kita akan merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Sebenarnya ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi mata merah secara alami dengan mudah dan ini lebih manjur dibandingkan dengan obat dokter loh. Sebut saja ini adalah Tips menjernihkan mata tanpa efek samping karena memanfaatkan perawatan alami.

Sebagaimana yang kita tahu, Mata adalah salah satu anggota tubuh yang paling penting. Dan apabila mata terganggu akan mempengaruhi kualitas penglihatan kita. Mata yang sehat bisa kita lihat dari warna dan fungsinya untuk melihat. Walaupun mata merah lebih cenderung umum dan tidak terlalu di khawatirkan, namun sebaiknya Anda perlu selalu memperhatikan hal tersebut. Mencangkup apa saja faktor mata menjadi merah, apa pemicu mata menjadi semakin merah lalu mencari solusi untuk mengatasi mata merah tersebut.

Dewasa ini perawatan secara alami selalu lebih dianjurkan di bandingkan dengan obat –obatan kimia khusus untuk mata merah. Para dokter dan yang ahli di bidang ini pun beranggapan yang sama. Nah, untuk itu Cara dan trik apa saja yang bisa Anda lakukan untuk bisa memutihkan mata kembali? Jika Anda baru saja mengalami yang nama nya mata merah atau mata kuning, jangan khawatir. Anda tidak perlu ke dokter atau membayar sejumlah uang yang mahal. Karena pada dasarnya pengobatan alami yakni bahan dari alam sangat mudah di dapat dan dengan harga murah.

Anda bisa langsung memanfaatkan bahan alami tersebut dengan kreatif menggunakan beberapa metode terpercaya. Bukannya tanpa hasil, kebanyakan orang yang mengalami masalah serupa juga telah berhasil menangani nya dengan persentase 100% berhasil tanpa syarat. Anda tertarik untuk mencobanya? Nah, oleh sebab itu sebagai berikut di bawah ini sudah disediakan untuk Anda ulasan informasi singkat namun lengkap yang wajib Anda coba dan ketahui. Setidaknya ada lebih banyak cara alami, Anda bisa mecoba dan memilih salah satunya yang dirasa paling pas. Langsung saja, silahkan menyimak.

10 Cara ampuh Memutihkan Mata Merah secara alami

1. Air rebusan Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu bahan alami yang tepat untuk mengobati mata merah. Caranya cukup mudah dan sederhana dimana Anda hanya memerlukan tiga lembar daun sirih dan mencucinya terlebih dahulu. Setelah dirasa daun sirih memang sudah bersih, rebuslah daun tersebut bersama dengan air sampai dengan mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan. Apabila sudah dingin, saring rebusan tersebut dengan alat saringan teh dan ambil sari air nya yang jernih. Langah terakhir basuhlah mata Anda atau bisa juga dengan meneteskanya seperti obat tetes mata. Walaupun rasanya perih, tapi khasiatnya bagus apabila digunakan dengan dosis yang pas. Jadi jangan gunakan berlebihan ya, sebab yang berlebih bisa berbahaya.

2. Kompres dengan Air Hangat

Cara selanjutnya yang paling umum adalah dengan menggunakan air hangat. Anda pasti sudah sering sekali mendengarnya bukan? Mengompres mata dengan air hangat dapat mengurangi mata merah dan belekan. Caranya cukup derhana dimana Anda hanya perlu mengkompres di area yang sakit. Seperti biasa, jangan lupa untuk membersihkan mata terlebih dahulu sebelum di kompres. Cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi mata merah ringan yang bisa menenangkan dan juga mengurangi peredangan. Jadi Anda bisa menambahkannya sebagai cara alternatif lain menangani mata merah atau bahkan mata kuning.

3. Memanfaatkan irisan Mentimun

Mentimun biasanya digunakan untuk pelengkap acar, dibuat minuman atau bahkan dimakan secara langsung pun menyegarkan. Sensasi nya yang segar ternyata begitu cocok untuk mengatasi mata merah Anda. Ini juga membantu supaya mata Anda lebih rileks dan tenang. Bagaimana cara pengaplikasiannya? Cukup gampang dan gak pakek ribet, Anda hanya cukup mengiris mentimun dan meletakkan irisannya pada Mata. Anti bakteri dalam buah mentimun sangat membantu dalam mengurangi gejala sakit mata Anda.

4. Kompres dengan Susu Murni

Kalau biasanya orang orang berfikir susu murni hanya bisa dimanfaatkan sebagai minuman sehat saja, ternyata khasiatnya juga bagus untuk menjernihkan mata. Bagaimana bisa? Mudah saja, seperti cara mengkompres pada umumnya Anda hanya perlu menggunakan kapas dan mengkompres di area yang sakit. Setelah itu tunggulah beberapa waktu, kemudian lakukan cara tersebut secara rutin untuk manfaatnya mengurangi mata merah. Setelah Anda sudah merasa membaik dan kembali normal, Anda bisa mulai menghentikannya. Baca : Manfaat Susus Kedelai.

5. Mengurangi penggunaan Obat Mata (tetes)

Apabila mata merah atau mata gatal, kebanyakan orang selalu menganggap solusi paling baik adalah menggunakan obat tetes mata untuk meyembuhkan. Benarkah demikian? Sebenarnya, penggunaan obat tetes mata apabila dilakukan secara terus menerus akan berdampak tidak baik bagi kesehatan mata. Jika ingin tetap menggunakan obat tersebut, alangkah lebih baik sesuai dengan saran dan resep dokter. Anda juga perlu cermat ketika akan memilih satu jenis obat mata. Hendaknya obat mata tersebut tidak mengandung Antibiotic, Kortikosteroid atau obat pemutih yang sembarangan. Sebaiknya pergi ke dokter dan tanyakan obat yang tepat.

6. Bersihkan mata dengan Air Mawar
https://www.mastimon.com/2019/01/5-tanaman-yang-cocok-di-dalam-ruangan.html

Cara yang satu ini mungkin kelihatannya kurang populer di telinga kita ya? Tapi, tahukah Anda? Penggunaaan bunga mawar ini sendiri memiliki manfaat untuk bisa menyembuhkan mata Anda. Caranya bahkan tergolong cukup mudah dan gak sulit sama sekali, jadi Anda hanya perlu memasukkan bunga mawar tersebut kedalam air lalu selanjutnya tinggal membersihkan mata Anda itu dengan air mawar tadi. Mudah sekali bukan? Untuk metode yang satu ini Anda perlu melakukannya tiga kali sehari.

7. Kompres dengan Jus Kentang

Selanjutnya adalah cara yang tidak mau kalah ampuhnya. Mungkin menurut pendapat Anda menggunakan cara yang satu ini sangat disayangkan ya? Karena bahannya adalah diambil dari jus kentang. Tapi, memang tidak bisa dipungkiri bahwa kentang memiliki peran penting dalam mengurangi gejala sakit bahkan untuk mata merah. Bagaimana caranya? Sangat mudah, Anda hanya perlu mencuci bersih kentang, di kupas, lalu di parut. Dengan cara lain, Anda bisa memblendernya kalau tidak ingin capek atau lama dalam memarut. Setelah semua halus, berikutnya sediakan kain untuk membungkusnya. Nah, pada bungkusan tersebutlah Anda bisa menggunakannya  untuk mengompres selama beberapa menit saja. Lalu, langkah terakhir bersihkan area mata Anda dengan air bersih.

8. Memanfaatkan Getah Daun Patikan Kebo

Mendengar namanya saja mungkin Anda sudah bingung, ini jenis tumbuhan apa? Dan dimana kita bisa mencarinya? Ya, seringkali di beberapa daerah tanaman ini terkenal dan di daerah lain lagi tidak mengenalnya sama sekali, padahal walaupun asing khasiatnya mampu mengobati penyakit mata. Hanya dengan memanfaatkan setidaknya tiga tangkai daun lalu diambil getahnya saja kemudian dioleskan pada bagian yang sakit sudah bisa mencari salah satu cara untuk mengurangi mata merah. Dengan perawatan alami yang cukup dilakukan dua kali sehari, Anda akan bisa merasakan manfaatnya.

9. Mengusapnya dengan Madu Asli

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan khasiat madu yang beraneka ragam termasuk untuk menjernihkan bola mata karena mata merah atau belekan. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, dimana Anda hanya perlu memilih dan menggunakan jenis madu asli bukan buatan dalam proses perawatan alami nya. Cara mengobatinya yang terutama adalah dengan mengusapnya menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Jangan lupa sebelum melakukan hal itu, bersihkan mata Anda terlebih dahulu dengan begitu kotoran akan dapat dihilangkan secara maksimal.

10. Oleskan potongan Bawang Putih

Bawang putih selain dikenal sebagai bumbu masakan juga memiliki manfaat untuk mengobati dilansir dari ragam fungsinya. Tak heran bawang putih juga tergolong sebagai obat herbal bagi berbagai macam penyakit. Terutama untuk sakit mata merah, beberapa orang sudah ada yang membuktikannya. Proses perawatannya pun sangat mudah dan simple, Anda tinggal mengambil bawang putih di dapur lalu kupas kulitnya dan cuci hingga benar –benar bersih.

Setelah itu keringkan selama beberapa saat dan gunakan handuk bersih. Lalu, potong bagian bawang putih tersebut dan oleskan pada daerah kelopak mata Anda. Walaupun lama kelamaan perih dan mengeluarkan air mata, oleskan saja sampai 2 kali olesan jangan lebih. Menggunakan perawatan yang satu ini memang akan sangat mengganggu aktivitas Anda karena rasanya yang perih, jadi sebaiknya lakukan ketika Anda akan tidur. Baca Juga : softlensangel.com (Cairan softlens dan tetes mata aman untuk mata sensitif dan normal).

Uraian diatas adalah beberapa jenis perawatan paling ampuh untuk menangani penyakit mata merah. Berhasil atau tidak nya belum bisa dibuktikan kalau Anda belum mencobanya. Pilihlah salah satu metode paling Anda minati yakni paling mudah bahannya dicari, atau paling mudah cara pengaplikasiannya sehingga tidak akan merepotkan Anda, melainkan secara efesien bisa memberikan manfaat yang besar. Apabila Anda sudah mencoba berbagai cara praktis tersebut, namun belum ada hasilnya juga silahkan untuk memeriksakannya secara lebih lanjut kepada dokter kesayangan Anda.

Penyakit Mata merah juga seringkali menjadi gejala dari penyakit lain. Oleh sebab itu, bisa jadi faktor penyebabnya adalah penyakit lain tersebut, sehingga mata merah bisa sembuh kalau penyakit tersebut juga sudah membaik atau sembuh. Apabila dalam beberapa pekan waktu, memang belum menunjukkan kemajuan, sebaiknya Anda pastikan secara benar penyebab dan pemicu mata merah. Sekian informasi yang diberikan. Semoga informasi seputar kesehatan mata ini bisa membantu sobat.