VPS untuk pengganti web hosting saat ini

VPS, sebuah teknologi canggih yang di rancang untuk semakin mempercanggih website kita secara pribadi maupun kelompok. Hadirnya VPS ini dapat menggantikan peran dari web hosting yang ada saat ini. Mengapa demikian? Karena pada kenyataannya VPS hosting adalah salah satu pilihan yang lebih stabil dan aman apabila dibandingkan dengan pengunaan shared hosting. Pada VPS memungkinkan Anda sama sekali tidak perlu menggunakan ruang server yang sifatnya dedicated. Meskipun begitu, shared hosting memang lebih terjangkau dan murah dari segi biaya.


Apa sebenarnya VPS itu? VPS merupakan singkatan dari “Virtual Private Server” yang adalah Server Virtual dengan cara kerja memanfaatkan Sistem Operasi  server sebagai penyedia VPS. Sistem VPS yang unggul karena memiliki Kelebihan yang bisa anda rasakanyakni dapat melakukan proses penyimpanan data maupun bekerja sebagai Pengganti PC pribadi Anda itu. Bagaimana caranya? Secara sederhana VPS ini dapat diartikan sebagai komputer server dalam dunia maya atau tidak nyata. Namun, kita bisa memilikinya dengan menyewanya terlebih dahulu.

Hampir memiliki kesamaan dengan komputer dalam dunia nyata, VPS juga mempunyai memory, harddisk, prosesor bahkan operasi sistem (OS). Dibanding kan dengan Web hosting, ketika Anda menyewa VPS ini Anda akan mendapatkan resource yang lebih baik dan tidak akan terganggu apabila ada masalah pada website yang Andakelola tersebut. Selain daripada itu manfaat lainnya dengan VPS Anda dimungkinkan mendapatkan root akses yang lebih leluasa serta mengkustomasi server sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga :

Dari sekian banyaknya keunggulan dari penggunaan VPS atau Virtual Private Server ini, tidak lepas dari yang namanya kekurangan atau kelemahannya sebagai pengganti Web Hosting. Apabila anda tertarik untuk menggunakannya, alangkah lebih baik memperhatikan dengan saksama sifat, karakteristik, cara kerja, kelebihan juga kekurangannya. Setelah mengetahui hal –hal tersebut, barulah Anda bisa yakin bahwa VPS memang layak dijadikan sebagai pengganti Web Hosting untuk situs Anda tersebut. Sebagai berikut adalah penjelasan singkat dampak positif dan negatif menggunakan VPS saat ini.

Kelebihan Penggunaan VPS

1. Server lebih stabil dan mudah

Dengan penggunaan VPS Anda tidak perlu mengkhawatirkan spek pada komputer Anda. Cukup hanya dengan menghubungkan ke jaringan koneksi Internet, Anda dapat dengan mudah menggunakan VPS dengan ukuran hardisk penyimpanan (SSD), ditambah lagi dengan memory juga virtual processor yang lumayan besar dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain daripada itu VPS ini dapat diakses secara stabil dalam kurun waktu 24 jam sehingga pengerjaannya lebih fleksibel dibandingkan dengan bekerja menggunakan komputer biasa.

2. Lebih Aman karena menggunakan IP Dedicated khusus

Berbeda dengan cara kerja web hosting maupun shared hosting yang servernya digunakan secara bersama-sama. Kemudian dilihat dari segi sistem operasi juga control panel yang sama membuat tingkat keamanannya yang kurang. Sedangkan pada VPS adanya username dan password khusus serta IP Dedicated akan diberikan untuk Anda.  Dan karena hal ini hanya Anda sendirilah yang dapat menggunakannya. VPS memberikan fasilitas berupa keamanan server yang lebih terjamin dibanding dengan layanan web hosting atau layanan lainnya yang sama.VPS membuat Anda mendapatkan performa yang lebih baik karena resource servernya hanya dimanfaatkan untuk Anda sendiri saja.

3. Sifatnya Fleksibel dengan berbagai OS

Berbeda dengan Web Hosting yang mempunyai fungsi secara terbatas, pada VPS Anda dapat dengan mudahnya mengganti OS yang Anda gunakan baik dari Windows secara tidak terbatas atau fleksibel. Sebagai contoh pada penggunaan OS Linux, hanya dengan beberapa tahap saja Anda sudah bebas dalam menggunakan Ubuntu, Centos, Debian, Fedora dan lain sebagainya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Selain itu, VPS juga membantu Anda untuk dapat menginstall jenis aplikasi apapun yang Anda butuhkan serta dapat menghapusnya kembali setelah sudah tidak dipakai lagi. Menarik bukan?

4. Perawatan simple dan mudah

Agar terus menerus dapat digunakan dan tidak kehilangan manfaatnya perawatan VPS sangat penting. Jangan khawatir, karena VPS tidak memerlukan perawatan yang rumit. Bahkan jauh lebih mudah apabila dibandingkan dengan merawat server fisik milik Anda. Sebab perawatannya tidak memakan banyak waktu dan tidak dengan biaya yang besar. Anda hanya cukup menyerahkannya kepada para penyedia VPS  untuk diperbaiki dan Anda bisa melakukan pembayaran perbulan saja.

Kekurangan Penggunaan VPS

1. Daripada Shared Hosting, Harganya lebih tinggi

Apabila budget yang anda miliki secara terbatas, anda tentu saja akan lebih memilih untuk menggunakan shared hosting. Mengapa? Hal ini tidaklah mengherankan sebab dengan berbagai keunggulan yang disebutkan diawal pembahasan tadi, maka tidak heran apabila harga layanan VPS ini bisa saja melambung tinggi di atas tarif yang dikenakan untuk shared hosting. Namun, jangan khawatir sebab harga umum yang ditawarkan disesuaikan dengan kualitas dan performa yang bagus dari VPS.

2. Biaya untuk pengembangan cenderung tinggi

Ada saatnya Anda akan membutuhkan resource yang besar. Namun pada VPS tentu saja Anda akan dihadapkan pada situasi biaya yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pilihan yang bijak apabila budget Anda pas- pasan saja, cobalah gunalan hosting lain seperti halnya shared hosting sebagai upaya pilihan yang lebih tepat dan tidak membuat anda stress karena biaya. Akan tetapi, apabila anda ingin benar-benar menggunakan VPS hosting, rencanakan dan pastikan bahwa anda sudah mempersiapkan budget yang cukup untuk proses pengembangan resource tersebut.

3. Memerlukan Pengetahuan teknis yang mendalam

Apabila anda sudah berencana memakai layanan VPS Murah Indonesia, sebaiknya pahami proses dan cara kerja penggunaan server khusunya untuk windows dan linux. Mengapa? sebab pengetahuan teknis ini akan sangat anda perlukan dalam hal mengelola server. Perlu diketahui sebelumnya, Anda perlu mempelajarinya sebelum menggunakan karena tidak ada bantuan dari pihak hosting itu sendiri dalam hal pengelolaan server. Jadi hanya Anda sendirilah yang menjalankan dan mengelola.

4. Jangan sampai membuat kesalahan

Apabila pengaturan server terjadi kesalahan sedikit saja, maka yang terjadi adalah resiko yang tinggi dalam hal keamanan. Jadi, sebelumnya silahkan pastikan bahwa anda secara hati-hati, teliti, dan memperhatikan setiap detailnya ketika akan berurusan dengan pengaturan server. Jangan lupa untuk Cek ulang serta pastikan juga semuanya sudah sesuai dan benar untuk menghindari adanya kerugian. Baca Juga : Belajar Coding.

Uraian diatas adalah Informasi selengkapnya untuk Anda yang ingin menggunakan VPS Hosting sebagai pengganti Web Hosting. Dengan demikian Anda bisa membandingkan sendiri apakah VPS memang cocok untuk digunakan atau bahkan sebaliknya? Dengan adanya kemajuan teknologi, kita dapat dimudahkan dalam meningkatkan performa blog. Ini mengharuskan anda update mencari informasi terbaru seputar teknologi yang lebih canggih untuk digunakan demi aktifitas web yang lancar.

Kapan VPS bisa saja dibutuhkan? VPS sendiri telah dirancang sedemikian rupa untuk mengakomodasi kebutuhan Anda akan server yang mempunyai spesifikasi tinggi. VPS juga dapat membantu dalam hal akses untuk kepentingan hosting website, e-commerce,aplikasi perusahaan, dengan performa yang tinggi dan masih banyak lagi. Selain itu, VPS juga dimanfaatkan secara fleksibel untuk menyimpan email server, membuat VPN, encoding video,monitoring forex (trading), dan lain sebagainya. Inilah VPS, Silahkan untuk mulai mempertimbangkannya sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel