Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog / Website Dengan Wordpress.org (selft hosted)

WordPress merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website atau blog. Platform ini dapat diandalkan untuk membuat sebuah website profesional dengan tampilan yang menarik dan juga responsive.

Dan kabar baiknya adalah, WordPress sangat mudah digunakan oleh semua kalangan, baik itu para pemula ataupun mereka yang sudah mahir dalam membuat website. Selain menawarkan platform yang user friendly, WordPress juga didukung dengan ribuan plugin yang dapat mempermudah menggunakan wordpress.

1.  Membeli Hosting & Domain

Berbeda dengan wordpress.com wordpress.org (selft hosted) mewajibkan Anda untuk memiliki hosting dan domain dari pihak ketiga.

Harga hosting bermacam-macam, tergantung kualitas dan kapasitas penyimpanan yang di sediakan, untuk domainya Anda tidak perlu khawatir, karena rata-rata penyedia hosting juga memberikan domain gratis yang dapat Anda pakai.

Jika Anda masi pemula dan Anda masi buta terhadap hosting, saran dari saya Anda sebaiknya memakai penyedia hosting dalam negeri, misal Niagahoster, hostinger dll Agar pelayananya lebih mudah.

Cara membeli hosting dan domain:

1.  Buka Niagahoster.co.id , sebenarnya Anda dapat membeli domain dan hosting di tempat lain, namun saya kali ini saya merekomendasikan Anda menggunakan niagahoster.

2.  Pilih paket hosting yang sesuai dengan keperluan Anda, jika Anda masi kebingungan dalam memilih hosting Anda bisa baca artikel berikut 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda.


Jika telah selesai melakukan pembelian hosting, Anda dapat menginstal-nya ke wordpress, selengkapnya; Cara Instal Wordpress via cPanel.

2.  Menginstal Theme (template) Sesuai Keinginan Anda

Setelah berhasil menginstal hosting di wordpress Anda tahap selanjutnya adalah melaukan beberapa pengaturan seperti membuat judl blog mengganti theme dll.

Mengatur templata pada WordPress sangat besar pengaruhnya pada tampilan layout website Anda secara keseluruhan.

Saat menginstal WordPress, biasanya template default akan ikut ter-instal ke dalam hosting Anda. Tampilan template ini standar dan tidak semua orang menyukai tampilan standar theme dari WordPress.

Nah jika Anda ingin memiliki website dengan tampilan yang unik dan menarik, maka Anda perlu menginstal theme (template) tertentu.

Saran saya Anda membeli theme wordpress yang premium, agar tampilan website Anda lebih bagus, untuk membeli theme premium Anda bisa cari di; Theme Forest, Mythemeshop, ThemeLab dll.

Walaupun demikian Anda bisa memakai theme gratis bawaan wordpress, Anda dapat mencarinya langsung dari halaman dashboard WordPress Anda, yaitu di bagian Appearance > Theme > Add New. Anda bisa mencari theme yang sesuai dengan keinginan Anda.

3.  Menginstal Plugins & Membuat Pengaturan

Untuk membuat WordPress Anda bekerja lebih optimal, maka diperlukan beberapa pengaturan dan juga menginstal beberapa plugins penting. Beberapa pengaturan sederhana ini dapat memberikan dampak yang besar bagi website Anda, di antaranya;
  • Membuat page baru untuk halaman About, Kontak, Privacy Policy, dan lainnya.
  • Mengatur widget di sidebar.
  • Mengatur posisi link untuk menu kategori.
  • Menambahkan logo dan banner.
  • Dan lain-lain.
Menginstal plugin WordPress ialah hal yang sangat sangat penting untuk meningkatkan kemampuan blog/ website WordPress Anda. Beberapa plugin penting yang harus Anda instal di blog / website WordPress Anda diantaranya;
  • WordPress SEO by  Yoast.
  • Google XML Sitemaps.
  • SEO Friendly Images.
  • Wordfence Security.
  • Dan lain-lain.

4.  Sekarang Anda Sudah Dapat Memuat Postingan

Website Anda sudah siap untuk digunakan. Silakan posting apapun yang Anda suka, jangan lupa mendaftarkan blog / website Anda ke Webmaster agar dapat muncul di Google.