Kumpulan tempat Wisata di Jawa Tengah yang terkenal

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi terkenal di Indonesia. Apalagi ada banyak sekali keistimewaan yang dimilikinya. Daerah ini telah dianugerahi dengan berbagai keindahan alam dan tempat yang menakjubkan. Sebagaimana yang kita tahu, provinsi  Jawa tengah ini berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga memiliki bentang alam yang sungguh menawan. Budaya dan Adat istiadat yang tumbuh dan berkembang di masyarakat ini pun ikut mewarnai Indahnya tempat dan suasana yang diciptakan.

Bagi warga yang tinggal di kawasan Jawa Tengah patut untuk bangga karena pastinya disuguhi banyak sekali Tempat wisata yang Indah. Hal inilah yang membuat kampung halaman mereka menjadi populer tidak hanya secara nasional tetapi kelas dunia. Menarik bukan? Terkhususnya di Kota ini Anda akan banyak menikmati pemandangan yang asri dari hamparan alam disertai udara sejuk yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran. Sangat cocok untuk Anda berlibur dikala menghilangkan penat dan stress karena pekerjaan. Anda sebagai Warga Negara Indonesia belum lengkap rasanya kalau belum pernah sama sekali liburan di daerah yang dipenuhi destinasi wisata terbaik.

Tidak hanya terkenal sebagai tempat wisata alamnya, bagi Anda yang berlibur bersama keluarga juga tersedia berbagai destinasi objek wisata untuk pendidikan anak anak dan mengenal budaya sekitar. Misalnya tempat wisata edukasi, budaya, kuliner, belanja, geologi dan juga sejarah. Jadi selain memanjakan mata, anak anak juga bisa sambil belajar. Berbagai souvenir dan oleh –oleh khas daerah juga menjadi andalan mereka untuk memuaskan hati pengunjung. Jadi bersiaplah untuk kembali lagi berwisata ke Jawa Tengah, karena tempat –tempat indah dan unik nya yang membuat ketagihan.

Khususnya menjelang liburan dan akhir pekan, beberapa referensi objek wisata menarik di Jawa Tengah seperti uraian di bawah ini menjadi rencana liburan yang cocok. Biasanya tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi bahkan bukan pada hari libur sekalipun. Entah berlibur bersama keluarga, pacar, kekasih, tour perusahaan, tour pendidikan, atau bulan madu, spot –spot foto nya dapat menggugah kegembiraan dan berkesan. Manakah saja destinasi wisata terpopuler yang wajib pertama tama Anda kunjungi? Selengkapnya silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Kumpulan tempat Wisata di Jawa Tengah yang terkenal

1. Gunung Merbabu

Bagi sobat yang sangat menyukai keindahan alam dari atas gunung, Maka sangat cocok untuk mengunjungi Gunung Merbabu yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini. Rasakan sensasi selama mendaki di Gunung Merbabu dengan menikmati kecantikan dari alam. Bahkan ketika Anda sudah mencapai puncaknya, Anda akan merasa takjub karena bisa merasakan angin berhembus yang sejuk juga pemandangan yang tidak akan pernah Anda rasakan di tempat lain. Nama Gunung merbabu begitu terkenal tidak hanya di dalam kota bahkan seluiruh masyarakat Indoneisa tahu karena banyaknya pendaki setiap harinya dari berbagai asal.

Untuk bisa kesana, Anda bisa datang ke kabupaten magelang  boyolali. Selain itu Gunung merbabu mempunyai dua puncak tertinggi yaitu puncak yang diberi nama kenteng songo dan puncak syarif. Ada juga 5 kawah yang masing-masing kawahnya diberi nama adalah kendang, Rebab,Kombang, Condrodimuko dan sambernyowo.Bagi Anda yang mungkin masih pemula dalam hal mendaki gunung, jangan khawatir sebab Gunung Merbabu pada setiap jalannya dipercaya mempunyai tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit sehingga hal ini dapat memudahkan untuk para pendaki yang masih pemula.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah Objek wisata tradisional yang sangat populer dan bahkan sudah mendunia. Hal ini terbukti dari masuknnya Candi Borobudur dalam kategori 7 Keajaiban dunia. Menarik sekali bukan? Dilihat dari desain candi nya yang begitu mewah serta letaknya yang berada di dataran tinggi membuat siapa saja yang berkunjung selalu stay kamera untuk berfoto. Berbagai aksesoris dari Candi ini juga begitu laris sebagai oleh –oleh. Untuk sejarahnya sendiri sudah termasyur ke seluruh dunia. Dimana candi ini memiliki sekitar 1.460 relief serta 504 Setupa Budha. Tidak salah Apabila Candi Borobudur masuk dalam deretan Tempat Wisata terbaik di Jawa Tengah.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan beralamat lengkap di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan Kab. Sleman. Uniknya candi yang satu ini memiliki daya pikat tersendiri karena area nya yang cukup luas. Selain itu, konon cerita sejarahnya terdahulu membuat candi prambanan dikenal sebagai kisah abadi. Yup, Kisah antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso dan menurut kisah tersebut juga Candi yang keseribu adalah sosok Roro jonggrang yang dikutuk karena telah ingkar janji pada Bandung Bondowoso. Hingga kini pun cerita itu masih hidup ditengah masyarakat .

4. Dataran Tinggi Dieng

Mendengar namanya, apakah Anda sudah bisa membayangkan bagaimana tempatnya? Tidak seperti bayangan biasa pada kenyataannya Dataran tinggi dieng ini menyimpan banyak sekali spot yang sangat menarik. Di tambah lagi adanya pemandangan memukau yang di sajikan si dataran tinggi dieng, hal ini membuat tidak kalah menariknya dengan objek wisata diluar negeri. Tahu kah Anda? Untuk bisa menjumpai tempat ini Anda hanya harus berkunjung ke kabupaten Wonosobo yang kira -kira jaraknya adalah 30Km dari pusat kota. Dataran tinggi Dieng ini juga terkenal sejuk karena berada di atas ketinggian 2.000mdpl.

Baca Juga :

Dataran tinggi dieng ini memiliki nama populernya sendiri loh, sebutannya adalah “Tempat persemayanan pada dewa dewi.” Unik bukan? Nah, daripada itu pengunjung juga bisa dimanjakan dengan pemandangan sebuah candi Hindu yang letaknya di sekitar lokasi tersebut juga. Oleh karena itu sebelum berkunjung sebaiknya pastikan Anda membawa kamera dengan kapasitas stok baterai yang banyak ya. Akan ada banyak spot unik dan menarik yang sudah menyambut Anda untuk segera di abadikan melalui lensa kamera.

5. Umbul Ponggok

Berikutnya yang tidak mau kalah dari destinasi wisata lainnya adalah Umbul Ponggok. Tempat wisata ini letaknya di Klaten dan merupakan kolam renang raksasa yang sudah dikonsep sedemikian rupa hampir sama seperti lautan. Percaya atau tidak didalamnya lengkap terdapat ikan, batu karang, aneka biota laut dan pernak –pernik hewan laut lainnya yang sangat indah. Walaupun di dominasi oleh banyak anak muda, para orang tua juga pasti akan sangat menikmati indahnya pemandangan laut.

Tidak hanya bersenang –senang dengan bermain air, Anda juga diperbolehkan menyelam kedasar sambil berpose. Menyenangkan bukan? Sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin foto biasa saja melainkan candid di dalam laut Umbul Ponggok. Bahkan saking indah dan bagusnya banyak dari calon pengantin yang menjadikan lokasi tersebut sebagai Foto prewedding. Menarik sekali bukan? Yang lebih nyaman nya lagi Para pihak pengelola sudah menyediakan berbagai perlengakapan untuk Anda aseperti laptop, tenda, sepeda motor dan lain sebagainya. Jadi Anda tidak perlu repot bukan?

6. Gua Petruk

Destinasi wisata berbeda kali ini hadir dari Gua Petruk. Mendengar nama nya pasti anda penasaran ya? Yup, Gua yang satu ini berbeda denganGua pada umumnya loh. Kenapa berbeda? Yup tentu saja Gua yang berada di atas bukit kapur berjarak setinggi 75 meter ini menyuguhi Anda pemandangan dengan ornamen yang asli dari pahatan alam yakni stalaktit dan stalagmit yang telah tersebar di sepanjang badan gua. Anda bisa membayangkan sendiri betapa cantiknya itu Gua.

Nah, dari stalaktit tersebutlah, munculnya tetesan dari air kapur. Selain itu di gua Petruk ini juga terdapat sebuah sendang  atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan kolam pemandian dan juga air terjun.Wah menarik nya di dalam Gua Anda bisa menikmatinya sekaligus. Untuk bisa menjumpainya Anda hanya perlu pergi ke Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

7. Taman Nasional Karimun Jawa

Karimun Jawa sebagai Taman Nasional terpopuler di pulau Jawa memang tidak tertandingi. Tempat wisata yang letaknya di Jawa Tengah bagian timur ini berhasil menarik minat dari semua orang termasuk wisatawan mancanegara. Siapa sangka Taman Nasional Karimun Jawa ini adalah cagar alam laut yang telah dilindungi oleh Dinas Pariwisata. Mengapa? Ya, karena selain memiliki garis pantai yang begitu indah dan menakjubkan didalamnya terdapat kekayaan laut yang amat luar biasa. Anda bisa lihat ada Ikan, terumbu karang, dan berbagai biota laut lainnya.

Berkunjung jadi tambah menyenangkan apalagi di tambah dengan banyak aktivitas yang bisa di lakukan. Misalnya menyelam, berenang, snorkeling atau hanya sekedar bermain pasir di pantai. Tidak sekedar hanya itu saja, Anda tentunya akan merasa nyaman dan betah mengingat penduduk setempat adalah orang yang suka menerima tamu dan ramah.

8. Kawasan Wisata Baturaden
https://www.mastimon.com/2019/01/10-tempat-wisata-terbaru-2019-yang-keren.html

Selanjutnya tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah Wisata Baturaden. Letak lokasinya tepat di Banyumas, lereng bagian selatan Gunung Slamet. Baturaden ini dikenal dengan pemandian air panasnya yang memiliki nama air pancuran Pitu. Khasnya adalah aroma belerang yang masih melekat dan sangat kuat. Selain itu terdapat juga Hutan Hijau yang sangat cocok dijadikan tempat rekreasi liburan seperti piknik dan berkemah bersama keluarga maupun teman –teman.

9. Masjid Agung Jawa Tengah

Salah satu bangunan Ikonik di Provinsi Jawa Tengah yang bisa Anda temui kali ini adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Yup, ini bukanlah Masjid pada umumnya sebab bangunan ini telah dibangun sejak tahun 2001 dan selesai tahun 2006 silam dengan berupaya mengadaptasi arsitektur Islam dari perpaduan Romawi dan Jawa. Masjid Agung Jawa Tengah bisa dijadikan pilihan yang cocok bagi Anda yang sangat menyukai kunjungan ke tempat-tempat bernuansa religi. Tidak heran juga, Aula khusus yang tersedia di Masjid Agung disewakan untuk pengunjung yang ingin membuat acara tertentu seperti pernikahan. Indahnya kota Semarang juga bisa Anda nikmati kala menaiki tower Masjid.

10. Museum Purbakala

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan sambil menambah ilmu pengetahuan maka Museum Purbakala adalah salah satu contohnya. Dimana di dalam museum ini terdapat banyak sekali ilmu mulai dari geologi, biologi, paleoanthropologi, arkeologi dan lain –lainnya. Museum Purbakala yang tepatnya berada di Sangiran, Sragen ini merupakan pemberi sumbangsih yang besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Jadi, cocok sekali bagi Anda yang khususnya punya ketertarikan tersendiri untuk belajar atau membawa Anak Anda belajar hal baru dari Museum Purbakala.

Inilah Tempat wisata sebagai ikon dari Provinsi Jawa Tengah yang dari dulu hingga kini selalu saja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur. Anda bisa pilih manakah dari destinasi wisata tersebut yang sesuai dengan minat dan keinginan Anda. Apabila Anda bingung untuk memulainya, sekarang ini tersedia tourguide atau pemandu wisata yang siap sedia memberikan layanan kepada Anda untuk berlibur dengan menyenangkan. Anda akan diarahkan untuk mengunjungi tempat wisata pilihan Anda. Sekarang ini tentunya sudah banyak yang menyediakan paket wisata dalam waktu yang singkat atau dalam beberapa hari sekaligus. Anda tinggal pilih saja.

Untuk biaya dan harga jangan khawatir, di pulau Jawa ini Anda bisa menikmati liburan dengan harga yang murah dan terjangkau tergantung paket wisata yang di tawarkan. Selanjutnya, Anda tinggal cek saja pada sebuah website atau situs penyedia jasa untuk liburan Anda seperti pemesanan hotel, Villa, rumah, dan atau tempat tinggal lainnya, booking tiket pesawat, kereta, transportasi lainnya dan masih banyak lagi. Aplikasi online terkenal dan populer yang bisa membantu Anda misalnya adalah Traveloka, pegipegi, tiket.com, agoda, trivago, Airy dan lain –lain. Selamat menikmati liburan Anda dan semoga menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel