Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Sitemap Error di Webmaster Tools

Ketika kita akan membuat sebuah website untuk blog pribadi, kelompok, organisasi atau perusahaan tentunya kita akan mulai mengatur supaya tampilannyamenjadi lebih responsive.Sehingga memungkinkan proses loading menjadi lebih cepat dan berbagai upaya optimasi lainnya yang juga perlu dilakukan agar SEO. Karena SEO sendiri merupakan faktor yang sangat berpengaruh dan pentingsupaya artikel yang kita punya bisa tampil pada hasil pencarian di search engine.Tapi bukankah tidak hanya sekedar melakukan optimasi SEO saja yang perlu diperhatikan? kita harus mendaftarkan terlebih dahulu situs yang kita miliki tersebut ke Webmaster Tools. Yang pertama adalah Sitemap.


Apa itu Sitemap? Sitemap adalah kata lain yang mengartikan Peta Situs. Kegunaandari situs seperti peta yang kita kenal selama ini sebenarnya adalah untuk memberikan gambaran kepada para pengunjung blog kita seputar area konten yang sedang disinggahi pada saat itu. Sitemap sendiri adalah termasuk bagian yang paling penting dalam pengindeksan suatu blog. Selanjutnya, Sitemap memiliki fungsi untuk mengindeks banyak halaman secara sekaligus dari blog kita yang nantinya akan tampil di search engine. Pada umumnya kita akan diminta untuk memasukkan sitemap terlebih dahulu setelah selesai mendaftarkan blog yang kita punya ke webmaster.

Namun,tahukah anda? terkadang saat kita akan melakukan submit sitemap di Search Console ada saja kendala atau error yang terjadi sehingga membuat kita sangat bingung. Selain itu, apabila file sitemap error akibatnya akan membuat kualitas blog kita menjadi buruk di mata Google. Lalu, artikel yang ada juga sulit untuk terindex. Oleh sebab itu kita harus berupaya memperbaiki dan mengatasi nya secara baik dan benar supaya sitemap yang akan kitasubmit ke Google Webmaster atau Search Console tidak lagi mengalami error.Kita perlu mengetahui penyebab dari sitemap error dan penanganan nya yang cocok.

Baca Juga :

Apabila anda mengalami kesulitan tidak perlu takut blog anda tidak bisa terindeks dengan baik di mesin pencari karena sebenarnya anda bisa menemukan solusinya pada pembahasan kita kali ini.Ada permasalahan bukankah ada jalan keluarnya? Apabila anda di situasi seperti ini, Bagaimana caranya? berikut ini akan diuraikan tips ampuh untuk mengatasi sitemap yang error dilengkapi saran praktis untuk belajar lebih jauh menghadapi sitemap bermasalah serta dapat semakin memperkaya pengetahuan anda. Silahkan menyimak.

Cara mengatasi Sitemap Error di Webmaster Tools

1. Struktur Template kurang Rapi dan SEO

Beberapa template gratisan yang sudah beredar dalam dunia internet biasanya sudah memiliki struktur yangdiubah sehingga dampaknya mengurangi kulitas SEO pada situs yang memakainya. Sebuah template blog yang pada dasarnya bersifat premium biasanya harus dibeli terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan semua fiturnya namun si pembuat juga telah menyediakan versi gratisnya. Nah, disini umumnya sang pembuat atau Author/Creator membatasi fitur dari template versi gratis yang mereka bagikan tersebut. Jadi alangkah lebih baik anda menerapkan Schema Markup atau bisa menggunakan template premium yang sudah terbukti SEO Friendly serta mendukung fitur Skema Data yang Terstruktur.

2. Struktur Blog yang belum Rapi

Saat kita baru memulai aktivitas blogging, biasanya kita belum sempat untuk mengatur struktur yang ada di blog kita, seperti halnya mengedit menu dan sub-menu yang berada di navigasi header atau bagian tertentu lainnya. Akibatnya apabila masih memiliki struktur tema yang berantakan akan membuat peta situs sulit untuk di akses. Alangkah lebih baik adalah anda meluangkan waktu beberapa waktu saja khusus untuk merapikan struktur pada blog anda tersebut. Sehingga hal ini memungkinkan tampilan akan terlihat teratur dan enak untuk dipandang ketika anda menjelajahi web anda itu.

3. Bot-Crawl belum selesai melakukan perayapan pada web

Untuk permasalahan selanjutnya ini bisa dibilang adalah persoalan dasar. Apa penyebab Bot-crawl belum selesai melakukan proses perayapan?  setidaknya ada 2 penyebab yakniskala Internal dan Eksternal.Untuk penyebab Internal kita bisa perhatikan pada Struktur Template yang sudah kita bahas. Sedangkan untuk penyebab Eksternal,Seperti yang kita ketahui  bahwa di Internet ada ribuan bahkan jutaan situs  yang tentunya membuat bot-crawl cukup sibuk sehingga kemungkinan terlewat unntuk melakukan perayapan di blog kita ini. Solusinya anda cukup melakukan submit ulang pada sitemap dan Featch As Google atau Inspect URL . Kemudian tunggu minimal selama 1x24 jam atau maksimal selama kurun waktu 7 Hari.

4. Usia Blog yang masih Prematur/baru di buat

Patut untuk diperhatikan, umur pada blog yang kita miliki tersebut. Apakah masih tergolong baru atau prematur?Usia blog yang baru seumur jagung belum bisa dianggap berhasil dalam melakukan sudmit sitemap. Untuk solusi permasalahan yang satu ini anda cukup melakukan submit ulang saja. Namun,Ingatlah pemberlakuan setelah beberapa hari dari masa pembuatan blog, sebagai contoh anda membuat blog pada hari sabtu maka lebih baik anda tunggu hingga hari senin atau minggu untuk melakukan proses submit ulang.

5. Belum Ada Artikel

Apabila seseorang membuat blog untuk yang pertama kalinya pasti hal terutama yang langsung perlu dilakukan adalah membuat artikel, baru lah setelah itu mencari cara dan tips seputar SEO,template dan berbagai kebutuhan yang lainnya. Namun, lain lagi untuk orang yang sudah terbiasa dalam membuat blog pasti artikel akan menjadi bagian terakhir setelah situs selesai dibuat. Tahu kah anda? Hal ini bisa berpengaruh terhadap sitemap anda yang error. Sebaiknya, Isi terlebih dahulu konten dalam blog anda itu. Selanjutnya anda hanya perlu melakukan submit ulang dengan catatan blog sudah terisi artikel dan perlu diingat untuk jangan melakukan pada hari yang sama setelah anda membuat blog.Karena kita sudah mempunyai beberapa artikel, pada akhirnya saat proses submit kita tidak menemui error atau masalah apapun.

6. Kesalahan pada Robots.txt

Apa yang dimaksud dengan robots.txt? Mungkin akan terlihat asing di telinga anda. Nah, Robots.txt ini adalah file pada sebuah situs yang memperlihatkan bagian mana yang mengizinkan dan tidak mengizinkan mesin pencari untuk mulai mengakses situs tersebut. Robots.txt ini mempunyai Script yang sangat sensitif, Apabila salah sedikit maka akan berdampak suatu hal yang buruk. Misalnya blog menjadi sulit terindeks oleh mesin pencari. Bagaimana cara menanganinya? Cukup sederhana anda hanya perlu mengembalikan robots.txt ke setelan awal saja.

7. Terlalu Banyak Format Sitemap dimasukkan

Ada sebagian dari para blogger yang menganggap apabila memasukkan banyak sitemap akan berdampak baik untuk pengindeksan suatu blog padahal sebenarnya tidak. Justru spider google akan merasa kesulitan dalam melakukan jelajah di setiap laman pada situs anda. Segala sesuatu yang dilakukansecara berlebihan memang bukanlah suatu hal yang baik. Apabila sudah terlanjur dalam permasalahan ini maka solusinya anda cukupmelakukan submit ulang dengan menggunakan format sitemap.xml saja. Dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Inilah Kumpulan cara sederhana dan mudah yang bisa anda coba dan gunakan dalam menangani sitemap bermasalah. Entah anda sudah lama atau baru saja sebagai pemula di bidang yang satu ini, kesalahan bukanlah kegagalan. Sebaliknya sebuah kesalahan sendiri merupakan investasi untuk bisa meraih kesuksesan. Jangan menyerah hanya karena kita tidak bisa mendaftarkan peta situs di google lantas kemudian kita mundur.

Justru kalau diperhatikan kebanyakan blogger yang sukses dan berhasil, bahkan yang kini sudah mempunyai bisnis sendiri melalui blog yang dikelola itu, mereka tidak berhenti untuk selalu belajar yang terbaik untuk web online milik mereka. Karena saat seseorang sudah merasa cukup, disitulah awal sebuah kehancurannya.Terus carilah informasi seputar blog sehat dan perawatan terbaik, sehingga nanti anda bisa menikmati hasilnya. Semoga dengan adanya Informasi ini bisa bermanfaat, turut membantu dalam persoalan yang anda hadapi. Selamat mencoba!

Penulis : situsislami.net