Cara daftar atau Submit Sitemap Blog (Peta Situs) ke Google Webmasters Tools

Cara daftar atau Submit Sitemap Blog (Peta Situs) ke Google Webmasters Tools

Cara daftar atau Submit Sitemap Blog (Peta Situs) ke Google Webmasters Tools

Bagaimana cara submit Sitemap Blog atau Peta Situs supaya Google cepat mendeteksi semua artikel blog yang kita miliki ?... Google merupakan sumber trafik terbesar yang mendatangkan banyak visitor. Sebelumnya mastimon.com sudah berbagi Cara daftarkan BLOG/WEB ke Google Webmaster Tools dengan mudah. Selanjutnya adalah mensubmit sitemap blog supaya tulisan yang kita buat lebih cepat dikenal google.

Cara submit Sitemap Blog Google di Google Webmaster Tool sebenarnya mudah tetapi banyak blogger pemula tidak mengetahuinya. Artikel ini dibuat untuk sahabat yang baru terjun di dunia blogging agar blog yang dibanggung bisa menjadi maksimal. Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebenarnya Google bisa mendeteksi blog tanpa kita daftarkan ke Webmaster Tool tetapi pendeteksiannya cukup lambat.

Sebelum kita lanjutkan, ada informasi terbaru bahwa di blogger sudah bisa Setting HTTPS untuk Custom Domain Blogger. Jika blog anda masih menggunakan HTTP maka silahkan rubah terlebih dulu dan caranya bisa melihat Tutorial yang sudah saya buat. Setelah situs anda sudah ada Gembok berwarna Hijau dan semua akses melalui HTTPS maka Daftarkan ulang Blog menggunakan https://www.domainanda.com/.

Google Webmaster Tool yang bekerja hanya ada satu, sebelumnya yang terdeteksi menggunakan http://www tetapi sekarang yang https://www. Jadi periksalah yang https://www apakah sudah anda masukkan Sitemap Blog (Peta Situs) atau belum. Jika belum silahkan ikuti tutorial yang saya buat ini. Tutorial ini saya buat menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris supaya bisa sobat sesuaikan.

Cara Submit Sitemap Blog (Peta Situs) 

Langkah 1 : Silahkan anda kunjungi Webmasters Tools dan pilih blog anda (Pilih yang https://www.domainanda.com/).
Langkah 2 : Pilih Crawl (Perayapan), Sitemaps (Peta Situs) seperti gambar dibawah ini.

Langkah 3 : Untuk menambahkan sitemap silahkan klik di pojok kanan atas yaitu ADD/TEST SITEMAP (TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS). Silahkan klik Test dulu untuk mengetahui ada yang Error atau tidak, jika sudah OK Masukkan Sitemap dan klik Submit.

Langkah 4 : Masukkan kode berikut ini ke kolom Sitemap tadi (sitemap.xml, feeds/posts/default?orderby=updated, atom.xml). Lakukan refresh the page maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Dari ketiga kode di atas sebenarnya ditambahkan satu saja sudah cukup tetapi untuk lebih meyakinkan lagi silahkan anda masukkan semua. Jika artikel anda masih sedikit yaitu dibawah 100 artikel maka pengindekan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja tetapi jika artikel anda banyak Google akan melakukan pengindekan selama 24 Jam sejak anda mendaftarkan Sitemap di Google Webmasters Tools.

Jika anda sudah banyak memiliki artikel bisa menggunakan cara dibawah ini supaya Pengindekan Google lebih cepat.
  • Jumlah artikel kurang dari 500 silahkan anda gunakan kode ini : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500.
  • Jika artikel lebih dari 500 dan kurang dari 1000 maka anda masukkan dua kode berikut ini satu persatu : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  • Jika artikel anda di atas 1000 maka silahkan anda submit kedua kode di atas dengan menganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1.
Baca juga : Cara terbaru menampilkan BLOG / WEB di Google Halaman Pertama.

Dengan mendaftarkan atau submit sitemap blog ke Webmasters Tools maka blog anda akan semakin SEO daripada sebelumnya. Dengan begitu dimungkinkan semua artikel dapat bersaing di beranda google. Untuk lebih memantabkan lagi adalah melakukan update artikel secara rutin setiap hari. Hasil karya tulisan sendiri lebih efektif terdeteksi Google dibandingkan anda melakukan Copy Paste artikel milik orang lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!
Buka Komentar