Cara setting HTTPS untuk Custom Domain Blogger dengan mudah

Cara setting HTTPS untuk Custom Domain Blogger dengan mudah

Cara setting HTTPS untuk Custom Domain Blogger dengan mudah

Akses HTTPS untuk Custom Domain Blogger saat ini sudah bisa digunakan oleh pengguna setia blogger. Sebelumnya untuk Domain melalui blogger hanya bisa di akses melaliu www saja. Untuk sahabat yang mengakses daskboard blogger melalui www.blogger.com beum bisa diaktifkan karena menu HTTPS belum aktif.

Untuk mengaktifkan HTTPS di blogger maka silahkan anda mengaksesnya melalui draft.blogger.com. Dengan begitu tombol Ketersediaan HTTPS akan tampil dan anda bisa mulai menyetting blog anda dengan mudah. Sebelum merubah situs anda dari http ke htpps maka semua tahapan dibawah ini perlu anda perhatikan.

Cara setting HTTPS untuk Custom Domain Blogger

Langkah 1 : Buka Setelan, klik Dasar dan lihat Ketersediaan HTTPS. Silahkan anda rubah Ketersediaan HTTPS dari Tidak ke Ya seperti gambar dibawah ini. Rubah juga Pengalihan HTTPS dibawahnya tetapi tidak akan langsung aktif, diperlukan beberapa menit maka tunggu saja Pengalihan HTTPS aktif dan rubah menjadi Ya.

Langkah 2 : Silahkan anda masuk ke Tema dan pilih Edit HTML untuk merubah alamat situs anda dari http menjadi https. Caranya tekan Ctrl + Shift + R maka akan ada kolom Replace All. Silahkan anda masukkan URL lama blog anda (Contoh : http://www.domainAnda.com/) dan tekan Enter. Maka akan tampil kolom With dan silahkan masukkan URL baru anda (Contoh : https://www.domainAnda.com/). Dengan begitu alamat blog anda akan berubah semua.

Langkah 3 : Silahkan periksa alamat blog anda untuk cek mixed content. Jika HTTPS blog berwarna abu-abu itu berarti template blog memiliki mixed content dan itu wajib diperbaiki agar HTTPS berwarna hijau. Pastikan semua url js menggunakan HTTPS dan dapat diakses. Pastikan juga semua url gambar menggunakan HTTPS.

Langkah 4 : Sekarang anda tambahkan Properti di Search Console untuk HTTPS. Saran saya anda buat semua alamat blognya dari http://www.domain.com/, http://domain.com/, https://www.domain.com/, https://domain.com/ supaya Google dapat mengakses semua alamat blog anda. Jika anda belum jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.

Hypertext Transfer Protocol Secure atau HTTPS adalah alat komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer atau alat internet pengguna dan situs atau blog anda. Selain itu dengan menggunakan HTTPS pengguna akan merasa aman saat menggunakan situs kita. HTTPS juga melindungi jaringan internet pengguna terlepas dari artikel yang kita buat.

Ada beberapa manfaat jika blog anda sudah menggunakan fasilitas HTPPS.
  1. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  2. Membantu memeriksa bahwa pengunjung blog membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  3. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk melacak aktivitas atau mencuri informasi pengunjung blog.
  4. Google juga sudah memberikan sinyal bahwa situs yang menggunakan HTTPS akan mempengaruhi Peringkat situs di Pencarian beranda Google.

Penggunaan HTTPS di blogger ini adalah GRATIS jadi jika anda masih menggunakan HTTPS gratisan dari CloudFlare silahkan anda pindahkan di Blogger. Tunggu apa lagi silahkan secepatnya anda rubah settingan URL blog anda agar aman dan dapat di akses dari alamat apapun. Silahkan ikuti cara yang saya buat di atas, jika masih mengalami kesulitan bisa bertanya di kolom komentar Disqus, Sekian dan Terimakasih.
Buka Komentar