5 Cara merawat Cartridge Printer Canon ip2770 agar Awet

Kegiatan Mencetak merupakan salah satu aktivitas pekerjaan yang tidak bisa dihindari. Misalnya, sangat diperlukan dalam urusan pekerjaan kantor, perusahaan, pertokoan, bisnis, usaha antar kelompok atau bahkan Individu. Dalam kegiatan sekolah dan perkuliahan pun sangat penting untuk membuat laporan, makalah, proposal, skripsi dan lain sebagainya. Tak heran, kebutuhan akan printer seiring perkembangan jaman terus meningkat dibarengi kebutuhan alat elektronik ternama lainnya.


Printer yang bagus pun sangat penting untuk dipilih Entah anda lebih memilih merek Canon, Epson, HP, Brother, Fuji Xerox, Dell dan lain sebagainya . Tidak hanya itu beberapa hal juga perlu diperhatikan sebelum membeli satu jenis alat pencetak ini. Walaupun, pada kenyataannya alat print yang kita beli adalah termasuk teknologi terbaik sekalipun, tidak ada gunanya jika tidak dirawat secara baik dan benar.

Komponen komponen dalam sebuah printer memiliki fungsi dan perannya masing –masing. Apabila tidak dilakukan pemeliharaan yang teratur, bisa saja karena penggunaan secara terus menerus akan mengalami kerusakan. Harga alat copy dan print ini tidak semurah yang di bayangkan, jadi sangat penting untuk melakukan perawatan agar printer yang kita miliki bisa awet, terjaga dan tahan lama.

Bagian bagian dalam printer yang perlu dirawat adalah : Cartrige, Cartrige unit, Head, Mainboard, Chip, Timing belt, Paper tray, dan sensor roll. Pada elemen tersebut rentan sekali mengalami kerusakan. Terutama Cartridge yang adalah benda yang menempel pada printer yang berfungsi dalam menampung tinta yang selanjutnya tinta tersebut dialirkan hingga terjadi percetakan.

Printer Canon type ip2770 adalah salah satu contohnya. Peminat jenis printer yang satu ini begitu banyak. Maka, kita bisa ambil contoh dalam model perawatan untuk Cartridge Printer merek Canon ip2770. Pada dasarnya setiap jenis alat cetak canggih ini mempunyai bagian yang hampir sama antara satu dengan yang lainnya.

Baik itu adalah jenis printer Dot Matrix, printer inkjet, laser, atau thermal printer. Jadi, untuk perawatan yang dilakukan secara garis besar adalah sama. Berikutnya, agar printer anda awet dan menghasilkan gambar atau hasil print yang sesuai, anda perlu melakukan pemeliharaan Cartridge secara saksama. Selengkapnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Cara merawat Cartridge Printer Canon ip2770 agar Awet

1. Jangan memdiamkan printer dalam waktu yang sangat lama

Tips praktis yang pertama adalah gunakanlah printer anda secara berkala. Jangan sampai anda berada dalam keadaan mendiamkan printer dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa berakibat pada mulut semprot Cartridge lama kelamaan akan menjadi kering sebab sudah sering terkena paparan udara panas dan dingin setiap harinya.

Tentu saja, hal ini juga berdampak pada hambatan jalannya tinta yang keluar saat ketika printer akan digunakan. Selanjutnya tinta printer tidak bisa keluar.Maka, alangkah lebih baik untuk menggunakan printer secara berkala. Meskipun anda sedang tidak ingin mencetak apapun, setidaknya cobalah untuk gunakan printer tersebut untuk mencetak satu atau dua lembar agar bagian mulut semprot cartridge tersebut tidak mengeras.

2. Jangan gunakan printer di luar batas kemampuan alat

Printer Canon ip2770 adalah termasuk printer yang tangguh dan kuat. Namun, apabila anda gunakan secara terus menerus dan nonstop tanpa henti, ujung –ujungnya tentu akan rusak juga. Pada umumnya, memakai alat print diluar dari kemampuan alat bisa membuatnya rusak seketika.

Baca Juga :

Cartridge pada printer juga memerlukan istirahat. Untuk itu dalam sekali proses cetak, lakukan maksimal 30 lembar saja. Setelah itu biarkan alat beristirahat selama beberapa menit kemudian anda bisa mulai untuk mencetak lagi. Apabila hal sederhana ini tidak anda perhatikan, setangguh apapun printer anda pasti akan tumbang juga.

3. Melakukan Cleaning secara berkala tetapi tidak berlebihan

Bagi anda yang sudah kerap sekali menggunakan printer pasti sudah mengerti bagaimana cara melakukan maintenance alat print yang satu ini bukan? Langkah ini dilakukan apabila tinta yang dikeluarkan biasanya kurang lancar atau keluar garis garis yang tidak sama pada tulisan atau gambar.

Solusinya adalah melakukan cleaning printer. Namun, walalupun cara ini termasuk tips jitu memperbaiki alangkah baiknya jangan dilakukan secara berlebihan atau terlalu banyak. Sebab apabila anda terlalu sering melakukan cleaning maka akan merusak mulut penyemprot dan cartridge yang menjadi panas dan akhirnya akan menjadi rusak. Jadi lakukan Cleaning seperlunya saja.

4. Mengisi Tinta sebelum habis

Tinta sebagai bahan utama kegiatan percetakan merupakan faktor yang sangat penting. Usahakan untuk mengisi tinta sebelum tinta benar –benar habis. Apabila anda membiarkan bagian cartridge ini tidak terisi tinta dalam jangka waktu yang lama, maka hasilnya bisa saja akan membuat tinta tersumbat ke head printer dan akhirnya cartridge itu rusak hingga tidak bisa digunakan lagi. Alangkah lebih baik anda meluangkan waktu untuk mengisi tinta daripada harus membeli cartridge baru.

5. Jangan asal dalam mematikan printer

Apabila anda masih menggunakan alat print tersebut untuk mencetak, maka biarkan saja printer dalam keadaan hidup. Perlu diperhatikan untuk menyalakan dan mematikan printer sesuai dengan prosedur. Karena perlakuan yang sembarangan akan membuat tinta berhamburan. Penghamburan inilah yang menjadikan busa pada penampung tinta di cartridge cepat penuh. Apabila penuh, cartridge tidak akan bisa untuk mencetak dokumen meski printer hidup. Jadi, matikanlah printer ketika anda sudah tidak akan menggunakannya atau jangan matikan ketika komputer masih beroperasi.

Inilah dia tips dan saran terbaik untuk anda yang sedang berupaya melakukan perawatan secara baik dan benar untuk Cartridge. Alat untuk menyimpan dan mengeluarkan tinta ini apabila sudah macet pasti akan sangat merepotkan. Salah dalam mengambil tindakan penanganan, printer anda tidak akan bisa digunakan lagi atau bahkan harus membeli yang baru. Inilah harapan kita semua agar cartridge printer dapat bertahan lama dan awet. Oleh karena itu pahamilah terlebih dahulu trik agar cartridge printer awet dengan uraian yang sudah di paparkan diatas.

Walaupun Setiap printer mempunyai cartridge yang berbeda jenisnya. Seperti printer jenis EPSON yang cartridgenya terpisah dengan bagian head nya. Kemudian antara head dan cartridge menyatu, seperti printer merek CANON. Begitupun juga dengan jenis printer HP, cartridge  dan head yang tidak terpisah. Namunsebagai intinya fungsi cartridge untuk semua jenis printer adalah sama, yakni untuk mencetak. Pastikan untuk merawat semua bagian printer secara teratur termasuk bagian yang sederhana sekalipun, dengan demikian anda akan lebih menikmati manfaat dari alat teknologi print canggih tersebut. Semoga bermanfaat!

Penulis : bisnismore.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel