Inilah teks Lomba Pidato tema Pendidikan

Sedang membutuhkan contoh teks lomba pidato tema pendidikan? Membuat teks  pidato tema pendidikan untuk lomba memang tidak mudah. Apalagi teks pidato sendiri memiliki aturan tertentu agar enak didengar dan mudah dimengerti oleh audien. Bagi Anda yang sedang mencari contoh teks lomba pidato dengan tema pendidikan, berikut beberapa contohnya yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda.


Pidato Pendidikan Nasional

Bagi Anda yang sedang mengikuti lomba pidato dalam rangka merayakan hari pendidikan nasional, berikut contoh teks lomba pidato tema pendidikan nasional:

”Hadirin yang saya hormati, di era globalisasi saat ini kita harus memiliki kemampuan untuk bersaing dengan negara lain. Salah satunya adalah dengan bersaing dalam bidang ketrampilan dan wawasan yang luas. Dalam hal ini tentunya pendidikan menjadi media penting untuk bisa mencapai kedua hal tersebut.

Pendidikan memiliki tujuan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berwawasan luas serta memiliki integritas. Untuk itu, marilah kita jadikan peringatan pendidikan nasional ini sebagai pemacu supaya lebih bersemangat belajar tanpa kenal lelah dan putus asa. Banyak hal yang bisa kita raih dengan pendidikan. ….”

Pidato Pendidikan Moral

Pidato dengan tema pendidikan moral juga sering dijadikan tema dalam lomba pidato. Untuk itu, berikut adalah contoh teks lomba pidato tema pendidikan moral:

“Hadirin yang berbahagia, pendidikan moral memiliki peran penting dalam dunia pendidikan di Indonesia, disamping ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan akan menjadi timpang apabila tidak disertai dengan moralitas yang baik. Suatu bangsa bisa mengalami ketertinggalan dan keterpurukan apabila tidak memiliki moral.

Tujuan utama pendidikan di negara kita adalah untuk menjadikan warganya tidak hanya memiliki wawasan yang luas saja, melainkan juga memiliki budi pekerti yang luhur. Pendidikan moral penting untuk mencetak sumber daya manusia yang arif dan bijaksana.

Di dalam pendidikan moral, peran orang tua dan sekolah menjadi faktor utama untuk mengarahkan anak didiknya agar memiliki teladan yang baik. Orang tua atau anggota keluarga harus memberikan contoh moral yang baik bagi anaknya agar ditiru. Sedangkan Guru yang bekerja di lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk menyampaikan kepada siswa-siswinya agar beretika, sopan santun serta memiliki sifat positif lainnya. …”

Baca Juga :

Pidato Pendidikan Sekolah

Untuk teks lomba pidato tema pendidikan sekolah, Anda bisa melihat contohnya berikut ini:

“Hadirin yang berbahagia, pendidikan sekolah sangat penting dimana kita bisa memperbaiki taraf hidup yang lebih baik. Pendidikan menjadi gerbang agar generasi penerus bangsa bisa memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan yang seluas-luasnya.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki tujuan untuk mempertahankan nilai-nilai sosial budaya yang berguna untuk membentuk pribadi yang berkualitas baik. Pendidikan yang diajarkan melalui keluarga tidak cukup untuk mendidik anak dalam bidang ilmu yang lain.

Di sekolah, anak-anak bisa mendapatkan didikan yang tidak bisa didapatkan di rumah. Misalnya pendidikan sosial agar bisa berinteraksi dengan teman-temannya, serta berbagai pendidikan ilmu yang lain seperti keagamaan maupun ilmu pengetahuan sains. Dengan bersekolah, siswa-siswi tidak hanya diajarkan teori dalam ilmu pengetahuan saja, melainkan juga norma-norma sosial yang berlaku untuk membentuk kepribadian yang dapat diterima di masyarakat secara umum. …”

Demikian contoh teks pidato dengan tema pendidikan yang bisa jadi referensi untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menambahkan beberapa kalimat yang lebih fokus pada teks lomba pidato tema pendidikan yang Anda ikuti. Jika kalian inggin mengetaui informasi Pendidikan lainnya silahkan berkunjung ke situs cerdaspintar.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel