Cara Budidaya Hidroponik Sayuran Sawi dengan Media Air

Cara Budidaya Hidroponik Sayuran Sawi dengan Media Air

Cara Budidaya Hidroponik Sayuran Sawi dengan Media Air

Salah satu sayuran dengan kandungan vitamin dan zat gizi tinggi adalah sayur sawi. Apakah Kamu menyukai sayur sawi? Kebanyakan orang sangat suka sayur ini karena sejuta manfaat sayur sawi bagi kesehatan dan bisa diolah menjadi makanan lezat. Walaupun ada rasanya sedikit Pahit tapi inilah letak sumber vitamin nya.

Nah, buat kamu para penikmat sayur sawi yang biasanya membelinya di pedagang sayur atau pasar, minimarket, swalayan dan tempat berbelanja lainnya, jangan ragu untuk mulai menanam sendiri dirumah dengan mudah dan simple yaitu memanfaatkan alat sederhana yakni air saja sebagai bahan baku pembuatan Hidroponik sayur.

Pernah mendengar Budidaya Hidroponik sayuran sebelumnya? Pengertian Hidroponik sendiri yaitu budidaya atau menanam dengan memanfaatkan air tanpa menngunakan bahan tanah pada umumnya dan lebih menekankan untuk kebutuhan nutrisi bagi tanaman itu sendiri. Selain tanaman sawi, Aneka sayuran dan buah- buahan juga bisa ditanam dengan cara Hidroponik, seperti Hidroponik sayuran kangkung, Tomat, Brokoli, Seledri, Paprika, Selada, Terong dan juga buah –buahan seperti Hidroponik Buah Melon, Semangka, Strawberry, Anggur dan masih banyak lagi.

Manfaat dan keunggulan dari budidaya secara Hidroponik sendiri ada banyak sekali. Salah Satu contohnya adalah dengan teknik sederhana ini kebutuhan air pada hidroponik jumlahnya lebih sedikit  daripada kebutuhan air pada saat menanam dengan menggunakan tanah. Hidroponik lebih efesien, jadi pas dan cocok diterapkan untuk daerah yang memiliki ketersediaan air yang terbatas.

Dari banyak nya manfaat teknik menanam dengan Hidroponik, kita bisa mulai menanam dilahan kecil sekalipun termasuk tanaman sawi. Kamu gak perlu capek –capek nyangkul, Cacah tanah, buat bedengan,  Mulsa dan lain sebagainya. Sawi merupakan salah satu sayuran dengan perawatan atau pemeliharan yang mudah dan tidak terlalu spesifik.

Jadi, sangat cocok dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk bercocok tanam. Maka, Sebagai berikut kita akan bahas bersama –sama gimana sih cara melakukan teknik menanam dengan hidroponik sayur sawi yang baik dan benar? Peralatan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan? Kita bahas selengkapnya pada uraian dibawah ini.

Cara Budidaya Hidroponik Sayuran Sawi dengan Media Air

Persiapkan Alat dan Bahan

Bahan :
  • Benih
  • Nutrisi Hidroponik
  • Media tanam
  • Air
  • Tray Semai
  • Sprayer
  • Kit Hidroponik
  • Pinset
  • Abu Sekam

Alat :
  • Kain Flanel (Membuat Sumbu)
  • Bak (Ember) untuk menampung nutrisi
  • Rockwool (Media tanam)
  • Netpot
  • Sterofoam (Penyangga tanaman dan netpot)

Pemilihan benih Sawi

Memilih benih yang bagus dan berkualitas sangatlah penting agar nantinya sawi yang dihasilkan besar, segar dan tentunya enak. Benih yang baik adalah benih sawi yang terbebas dari hama dan penyakit dan memiliki riwayat daya tahan tumbuh sangat baik dari induknya.

Pembibitan Benih

Dalam proses penanaman sayur sawi dengan hidroponik, Benih sawi yang kamu miliki tidak bisa langsung ditanam melainkan harus dilakukan pembibitan terlebih dahulu dari benih sawi yang sudah tersedia.

Media Tanam

Seperti yang kita ketahui sebelumnya dalam budidaya hidroponik tidak menggunakan tanah, jadi kita tidak perlu mengolah tanah terlebih dahulu. Tetapi Kamu dapat menggunakan system kultur agregat, Kultur air dan Nutrient Film Teachnique (NFT) sebagai media tanamnya.

Penanaman Tanaman Sawi

Nah, sebelumnya Kamu telah melakukan pembibitan. Apabila bibit akarnya sudah terlihat, Kamu bisa mulai untuk menanam pada Hidroponik. Untuk cara menanamnya cukup dengan memasukkan bibit kedalam botol plastik yang sudah tersedia dengan abu sekam. Kemudian, Masukkan bibit sawi tersebut bersama dengan botol secara hati –hati dan perlahan ke dalam bagian paralon yang sebelumnya sudah diisi larutan nutrisi.

Hal yang paling utama dalam proses penanaman sawi hidroponik adalah nutrisi yang digunakan. Untuk media tanam tanah pastinya memiliki sumber energi utama untuk tumbuh kembangnya. Namun untuk hidroponik sendiri memperoleh makanannya dari larutan nutrisi yang digunakan. Jadi Nutrisi sangat penting dalam keberhasilan menanam dengan cara ini.

Pemeliharaan Tanaman Sawi

Pemeliharaan hidroponik ini sendiri sangat mudah, sebab disini kamu hanya perlu memperhatikan asupan nutrisi pada tanaman terus tercukupi jangan sampai habis karena merupakan sumber utama makanan dari tanaman ini. Patut diperhatikan untuk memeriksa larutan nutrisi setiap hari. Selain itu, jangan lupa untuk menyortir tanaman sawi yang tumbuh dengan yang baik dengan yang tidak.

Dengan melakukan hal ini kita menyelamatkan tanaman sawi yang sehat agar tidak tertular tanaman sawi yang tubuh tidak baik. Lalu lakukan sanitasi atau pembersihan diarea sekitar agar tanaman sayur sawi bebas dari Hama, penyakit yang bisa berbahaya bagi tanaman. Untuk menghindari hal tersebut Sobat bisa gunakan Insektisida dan juga fungisida.

Selengkapnya Cara menanam sawi dengan sederhana yaitu melalui hidroponik sangatlah mudah bukan?.. Tidak hanya mudah, kamu gak perlu lama lama menunggu untuk dapat menikmati hasilnya karena dalam jangka waktu sekitar hanya dua sampai tiga bulan, kita sudah bisa panen sawi. Tertarik untuk segera menanam Sawi dirumah sendiri? Jangan ragu untuk mulai menggunakan cara sederhana ini.

Kalian juga bisa membaca berbagai informasi yang menarik di situs zeevorte.net. Ada informasi tentang Bisnis, Bahan Kuliah, Lomba, Review, Android dan Teknologi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk kembali membaca artikel lainnya yang lebih menarik.