Inilah masalah dampak Positif dan Negatif perkembangan Iptek

Inilah masalah dampak Positif dan Negatif perkembangan Iptek

Inilah masalah dampak Positif dan Negatif perkembangan Iptek

Apa itu IPTEK?... IPTEK merupakan singktan dari “Ilmu pengetahuan dan Teknologi. IPTEK merupakan sebuah sumber untuk mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi. Jadi, intinya IPTEK merupakan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan teknologi.

Nah bagi orang-orang generasi modern seperti kita saat ini, apalagi dengan ditambah kemajuan dunia di bidang teknologi, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mempelajari maupun menambah pengetahuan dan wawasan tentang teknologi. Nah meskipun IPTEK dianggap sangat bagus dengan banyak dampak positif yang dimilikinya, namun tak lepas dari itu IPTEK juga memiliki beberapa dampak negatif loh.

Berikut adalah beberapa dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan IPTEK

Dampak positif perkermbangan IPTEK

1. Menjadikan manusia lebih mudah dalam mencari informasi

Dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat ini, mendapatkan sebuah informasi bukan lah suatu hal sulit lagi. Juga tidak perlu untuk berlama-lama menunggu. Contohnya hadirnya internet. Manusia dapat mengakses informasi apa yang sedang dicari saat itu juga bahkan tidak perlu bergerak banyak. Cukup duduk dan mainkan jari untuk berseluncur di Internet.

2. Memberikan kemudahan manusia untuk berkomunikasi

Pada era sekarang, berkomunikasi menggunakan surat sudah sangat jarang karena dirasa membutuhkan waktu lama untuk tersampaikan dan menerima balasan. Meskipun masih ada yang menggunakannya, namun sebagian besar manusia lebih memilih menggunakan teknologi yang sudah sangat canggih untuk berkomunikasi. Misalnya menggunakan sofware aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, Email dan lain-lain.

3. Media sosial

Dewasa ini media sosial menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan sebagian manusia. Contohnya orang-orang menggunakan media sosial untuk mengekspresikan diri. Misalnya Instagram, Twitter, Facebook dan lain-lain. Baca Juga : 5 Aplikasi Media Sosial Terbaru, Terbaik dan Terpopular.

4. Sharing file

Dengan adanya teknologi yang semakin mumpuni, berbagi file ataupun suatu data bukanlah suatu hal yang rumit lagi. Contohnya orang di Jakarta meminta saudaranya di Bandung untuk mengirimkan gambar-gambar rumahnya. Maka ia tak perlu pergi jauh-jauh ke jakarta, cukup kirimkan melalui komunikasi daring saja sudah dapat sampai Jakarta.

5. Dampak positif pada pendidikan dan bisnis

Sudah tak asing lagi didengar bahwa banyak bisnis yang diuntungkan dengan berkembangnya teknologi. Misalnya jual-beli via online. Di bidang pendidikan pun demikian. Banyak informasi yang dapat diakses di Internet untuk memudahkan pembelajaran.

Dampak Negatif perkembangan IPTEK

1. Menjadikan orang-orang malas bersosialisasi

Dengan kemudahan yang ada untuk berkomunikasi saat ini, menjadikan sebagian besar orang-orang menjadi malas untuk bersosialisasi secara langsung dengan orang disekitarnya. Baca Juga : 5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Saat di Kantor.

2. Banyaknya terjadi penipuan dan cyber crime

Dengan segala kemudahan yang di dapat berkat perkembangan teknologi, ada juga oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan kemudahan itu untuk melakukan tindak kejahatan. Contohnya penipuan, sudah banyak kasus dan korban penipuan. Misalnya penipuan transaksi pembelian via online alias olshop.

3. Cyber bullying

Inilah dampak yang sangat buruk. Banyak yang salah menggunakan perkembangan teknoligi seperti media sosial untuk melakukan aksi bullying. Meskipun awalnya hanya di dunia maya, namun cyber bullying ini dapat berpengaruh besar pada kehidupan korban maupun pelaku bullying.

4. Banyaknya konten negatif yang tersebar luas

Meskipun sudah banyak kali pemerintah melakukan filtering, namun masih tetap saja banyak konten-konten negatif yang terdapat misalnya dalam internet dan media sosial. Seringkali konten-konten negatif ini muncul bahkan tanpa sepencarian kita. Yang lebih berbahaya apabila konten-konten negatif ini  didapat oleh anak-anak kecil yang dapat mempengaruhi pola pikirnya.

5. Mengabaikan tuga-tugas maupun pekerjaan

Misalnya pada dunia maya, saat ini tak sedikit orang yang kecanduan internet dan media sosial. Banyak orang yang membuang-buang waktu untuk berselancar di dunia maya serta mengabaikan tugas-tugas dan pekerjaanya. Ini cukup berbahaya jadi ada baiknya penggunaan teknologi digunakan seperlunya saja.

Baca Juga : Tips Memanfaatkan Teknologi Secara Sehat

Itulah dampak Positif dan dampak Negatif dari Perkembangan Iptek saat ini. Jika anda inggin tau lebih banyak tentang media sharing informasi terkini mengenai Teknologi, dan informasi trending saat ini yang lengkap maka bisa berkunjung ke situs WisnuAnggara. Anda akan menemukan berbagai macam informasi tentang Komputer, Android, Media Sosial dan masih banyak lagi.
Buka Komentar