Tips Memanfaatkan Teknologi Secara Sehat

Tips Memanfaatkan Teknologi Secara Sehat

Tips Memanfaatkan Teknologi Secara Sehat

Teknologi, pada dasarnya di buat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Pada perkembanganya, teknologi sendiri terus berevolusi hingga saat ini. Teknologi terus di ciptakan mengikuti perkembangan jaman. Apa kalian tahu apa saja bentuk teknologi?... Bagaimana cara memanfaatkan Teknologi supaya bermanfaat baik untuk pekerjaan ataupun Kesehatan, Berikut ini ulasannya.

Smartphone!!

Ya benar. Smartphone merupakan salah satu dari teknologi. Namun tidak hanya  smartphone saja yang  merupakan bagian dari teknologi. Hal sederhana di sekeliling kita juga merupakan teknologi, Beberapa diantaranya adalah  pulpen, sepatu. Mungkin anda berpikir bahwa pulpen dan sepatu adalah benda biasa yang bukan termasuk dalam bagian teknologi. Namun pada kenyataanya pulpen dan sepatu merupakan bagian dari teknologi. Mengapa bisa?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa teknologi pada dasarnya merupakan benda yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Nah, dari beberapa pengamatan yang saya lakukan sendiri. Pemanfaatan teknologi saat ini sangat memperihatinkan. Bagaimana tidak! Teknologi yang seharusnya di manfaatkan untuk membantu  pekerjaan manusia malah digunakan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat.

Baca Juga : Inilah masalah dampak Positif dan Negatif perkembangan Iptek

Seperti halnya pemanfaatan smartphone yang di gunakan untuk mengakses konten-konten yang tidak bermanfaat, menyebar berita hoax, digunakan untuk mengadu domba seseorang, pelecehan dan lain sebagainya. Mungkin tanpa anda sadari, Anda sendiri lah yang melakukan hal tersebut...

Contohnya saja saling menyebar berita hoax di internet, menebar kebencian, bahkan saling mengirim spam juga termasuk ke dalam kesalahan pemanfaatan teknologi. Lalu bagaimana cara agar kita bisa memanfaatkan teknologi dengan sehat? Berikut penjelasanya:

Manfaatkan Sosial Media

Sosial media mengambil peranan penting dalam pemanfaatan teknologi. Untuk memanfaatkan sosial media secara sehat anda harus melakukan hal-hal  yang positif. Diantaranya sebagai berikut :

A. Informasi yang sehat

Maksud dari informasi yang sehat adalah, anda sebagai pengguna social media harus bisa mentukan mana berita yang baik dan mana berita  yang tidak baik. Contohnya saja, Misalkan ada sebuah berita di facebook yang mengarah pada pengadu domba antara beberapa kelompok. Anda sebagai pengguna sosial media yang bijak harus bisa menetukan bahwa berita tersebut adalah berita yang tidak baik. Dan hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melaporkan informasi tersebut kepada pihak sosial media dalam hal ini adalah facebook.

B. Tidak Mudah Untuk Percaya

Masih merupakan bagian dari poin A, Jika anda menemui berita atau informasi yang tidak anda ketahui, Anda perlu memastikan informasi tersebut pada sumber-sumber  terpercaya. Misalnya saja bertanya pada guru, atau orang yang lebih paham akan informasi tersebut. Jika anda malu bertanya pada guru atau tidak tahu mau bertanya pada siapa.

Anda bisa mencari di internet, Namun anda perlu waspada juga bila mencari  kebenaran di internet. Karena  hampir semua informasi di internet tidak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya. Baca : 5 Aplikasi Media Sosial Terbaru, Terbaik dan Terpopular.

Untuk mendapatkan informasi yang benar, Anda perlu membandingkan beberapa informasi yang berasal dari berbagai sumber yang berbeda. Dengan membandingkan informasi dari berbagai sumber, anda akan bisa mengambil kesimpulan sendiri  mana berita yang benar dan mana berita yang salah.

C. Stop Bulliying

Gunakan media sosial untuk sesuatu yang bermanfaat seperti memberi motifasi kepada orang. Jangan gunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan tindakan yang tidak bermanfaat dan meresahkan. Salah satunya adalah bulliying. Membully merupakan suatu tindakan yangmerugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Memanfaatkan Televisi

Setelah kita bisa menggunakan sosial media dengan baik, maka kita juga harus bisa memafaatkan teknologi lain seperti televisi dengan baik. Tidak bisa di pungkiri bahwa saat ini televisi merupakan benda yang hamper setiap orang punya yang namanya televisi. Televisi merupakan benda yang digunakan sebagi sarana penyampaian informasi atau berita, hiburan dan lain sebagainya.

Lalu bagimana cara untuk memanfaatkan televisi secara sehat?.

Gunakanlah televisi sebagi media pendidikan anak dan keluarga, Tontonlah tayangan yang memiliki nilai edukasi, Seperti halnya Laptop Si Unyil. Dengan menonton tayangan yang mengedukasi, diharapkan nantinya tercipta suatu pemanfaatan teknologi yang baik.

Bagi kalian yang suka menonton tayangan berita gosip, lebih baik dikurangi ya. Tayangan seperti halnya Gosip, merupakan tayangan yang kurang mendidik dan tidak ada manfaatnya. Bagi anda yang sudah punya anak.

Lihat Juga : Aplikasi nonton streaming tanpa Macet dan gratis di Android

Lebih baik jangan biarkan anak anda menonton televsi sendiri, Anak-anak  perlu di damping orang tuanya, hal ini dilakukan untuk menghindari anak dalam melihat tayangan-tayangan yang tidak mendidik. Seperti tayangan percintaan anak remaja, tayangan perkelahian dan lain sebagianya.

Internet Sehat

Manfaatkanlah internet untuk keperluan yang bermanfaat, bukan untuk mencari sesuatu yang tidak ada nilai edukasinya. Gunakanlah internet untuk mencari informasi yang memiliki manfaat, Seperti mencari soal-soal pembelajaran, hal ini lebih baik dari pada harus mencari hal-hal aneh dan tidak bermanfaat seperti konten dewasa dan lain sebagainya.

Manfaatkan Youtube

Youtube merupakan media yang menyediakan berbagai macam video. Manfaatkan youtube untuk mencari video-video yang mendidik dan memotifasi. Atau bagi anda yang tidak punya uang dan masih sering minta uang jajan ke orang tua. Anda bisa memanfaatkan youtube sebagi media mencari uang, atau hobi sebagai pengisi waktu luang.

Kesimpulan

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat. Maka dari itu anda sebagai salah satu pengguna teknologi hendaknya memanfaatkan nya dengan sehat. Gunakan lah teknologi untuk sesuatu yang memiliki nilai edukasi dan bermanfaat.

Pintar lah dalam memanfaatkan teknologi, pintarlah dalam mengikuti perkembangan teknologi. Karena jika anda salah dalam menggunakan teknologi, anda sendiri lah yang akan mendapat efek negatifnya.

Lihat Juga :  Inilah cara mendapatkan Uang dari Internet yang terbukti berhasil

Pemanfaatan teknologi yang baik dan juga sehat tidak hanya  pada teknologi elektonik saja, namun berlaku untuk semua hal. Karena dengan pemanfaatan yang baik maka akan tercipta kebaikan dan manfaat bagi kita semua.

Sekian dari saya, semoga infomasinya bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya. Apabila anda inggin mengetahui lebih banyak informasi tentang Teknologi Internet dan Android silahkan berkunjung ke situs hyper-android.com. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel mastimon selanjutnya.
Buka Komentar