5 Kerajinan Tembaga dan Kuningan terbaik yang Unik dan Keren

5 Kerajinan Tembaga dan Kuningan terbaik yang Unik dan Keren

5 Kerajinan Tembaga dan Kuningan terbaik yang Unik dan Keren

Tembaga merupakan bahan yang memiliki sifat konduktor atau menghantarkan panas dan listrik. Ini menjadikan tembaga menjadi salah satu bahan yang cukup menarik. Selain tembaga pada umumnya tidak mudah mengalami kolosi atau pengikisan. Kerajinan adalah sesuatu yang berasal dari kegiatan manusia mengolah berbagai bahan yang ada.

Akan menjadi sesuatu yang unik ketika kedua hal ini disatukan atau bisa dibilang dari tembaga dan kuningan diubah menjadi karya seni yang luar biasa. Anda sudah tentu sering melihatnya beberapa kerajinan yang terbuat dari Tembaga dan Kuningan. Bukan saja unik tetapi karya yang dihasilkan cukup keren dan banyak diminati.

Baca Juga : 14 Alat Musik Gamelan Jawa Tradisional yang unik di Indonesia

Seperti contoh Pintu Masjid Nabawi Kuningan, Kubah Masjid Tembaga, Lampu Gantung Tembawa, Waltafel Tembaga dan masih banyak lagi. Logo Polisi yang banyak digunakan juga menggunakan bahan dari kuningan selain itu logo lembaga Perusaaan Swasta dan Negri juga banyak menggunakannya.

5 Kerajinan Tembaga dan Kuningan terbaik yang Unik dan Keren

1. Relief Unik dari Tembaga dengan Teknik Ukir

Relief adalah lukisan yang dibuat dalam sebuah media yang memiliki konsep timbul atau 3 dimensi. Salah satu yang membuatnya unik adalah relief dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah ukir. Tembaga merupakan salah satu bahan yang baik dalam membuat relief. Selain mudah dalam pembuatan warna alami pada tembaga juga akan memberikan kesan unik pada hasil karya kita.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Bagi Anda yang sudah terbiasa mengukir Anda hanya perlu menggunakan peralatan yang sama atau peralatan yang mampu digunakan untuk mengukir  cukup keterampilan yang Anda punya dan lakukan kegiatan mengukir seperti biasa. Tertarik untuk membuatnya, silahkan anda coba karena bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

2. Tempat Mandi atau BathUp dari tembaga atau Kuningan

Pada umumnya orang – orang membutuhkan tempat Mandi atau bathup yang akan digunakan untuk membersihkan badan ini. Tembaga merupakan bahan yang cukup baik dalam pembuat tempat mandi ini. Ini dikarenakan tembaga memiliki sifat yang dapat mempertahankan panas cukup lama. Ini akan menjadikan saat Anda mandi menggunakan air hangat akan tetap hangat hingga beberapa saat.

Tidak seperti bahan lain yang tidak mempertahankan panas. Tembaga merupakan bahan sempurna yang dapat melakukan hal ini. Selain itu jika Anda menggunakan warna asli pada kuningan atau tembaga yang terkesan mewah akan memberikan nuansa yang baru dan luar biasa bagi Anda. Selain itu tembaga merupakan bahan yang aman saat ingin digunakan untuk bermain air.

3. Wastafel dari Tembaga

Keperluan mencuci tangan atau mencuci piring  mengharuskan kita memiliki wastafel. Ini merupakan sebuah wadah yang biasanya digunakan untuk mencuci tangan. Tembaga merupakan bahan yang efektif digunakan untuk ini. Nilai estetika yang ada di tembaga akan menjadikan Anda memiliki wastafel yang glamor dan luar biasa indah.

Baca Juga : Cara mudah Stel (setting) GITAR sendiri dengan aplikasi Android

Selain itu, Anda akan mendapatkan bahan yang awet dan mudah saat ingin diganti dengan yang baru. Tembaga merupakan bahan yang ringan namun kokoh. Sehingga sangat pas digunakan sebagai wastafel. Selain itu bahan tersebut tidak mudah pecah saat terkena benturan dan tidak mudah berkarat saat kena air.

4. Hiasan Dinding Dari Tembaga

Berbagai kerajinan yang umumnya ditemui di lapangan adalah hiadan dindig. Setiap orang pasti memiliki rumah dan ingin mempercantik dinding – dinding yang ada di rumah mereka. Tembaga merupakan bahan yang ringan dan mudah dibentuk. Ini membuatnya cocok jadikan hiasan dinding dan sebagainya.

Bahannya yang ringan akan membuatnya gampang dipasang dan tidak mudah jatuh. Bahannya yang mudah dibentuk akan menjadikan tembaga mudah untuk dijadikan berbagi bentuk kerajinan yang unik. Mulai dari kerajinan tingkat sederhana hingga tingkatan yang sangat rumit. Dengan hiasan dinding menggunakan tembaga maka rumah anda akan semakin indah dilihat.

5. Vas dari Tembaga atau Kuningan     
                                                                   
Vas merupakan hal yang umumnya dimiliki masyarakat. Biasanya vas akan memiliki nilai keindahan jika dilakukan pembuatan yang baik dan benar. Maksudnya adalah tidak sembarangan dan berusaha memberikan hasil yang terbaik. Tembaga merupakan salah satu bahan yang cocok untuk mewujudkan vas yang indah dan menarik.

Banyak sekali bentuk Vas yang unik dan menarik yang bisa dibentuk terlebih lagi menggunakan bahan yang super kuat. Selain kokoh juga dapat menambah kecantikan bunga yang terpasang. Ada yang bentuknya tinggi panjangdan ada juga yang bentuknya pendek seperti mangkuk. Anda bisa membuatnya ada melakukan pemesanan sesuai selera.

Baca Juga : Contoh Ide Kreatif dan Unik dari bahan kawat dan batu yang bisa anda buat

Itulah beberapa kerajinan dari kuningan dan tembaga yang unik dan keren. Namun, yang perlu diingat adalah unik dan kerennya suatu barang dilihat dari berbagai sudut pandang akan berbeda. Bisa saja orang satu menilai suatu karya menarik orang yang lain menilain suatu karya buruk padahal karya yang sama. Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang kerajinan Tembaga dan Kuningan bisa berkunjung ke situs Gallery Intan.
Buka Komentar