14 Alat Musik Gamelan Jawa Tradisional yang unik di Indonesia

14 Alat Musik Gamelan Jawa Tradisional yang unik di Indonesia

14 Alat Musik Gamelan Jawa Tradisional yang unik di Indonesia

Gamelan adalah alat musik dari daerah pulau Jawa di Indonesia yang menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Gamelan bukan hanya dipakai oleh penduduk di jawa tetapi cukup terkenal juga ada di Madura, Bali dan Lombok. Munculnya alat musik Gamelan ini diawali dari budaya Hindu-Budha yang ada di Indonesia pada masa sejarah.

Candi Borobudur yang ada di Magelang Jawa Tenggah adalah tempat ditemukannya pertama kali alat musik ensembel. Selain itu Gamelan juga merupakan perpaduan alat musik yang dipengaruhi oleh seni luar negri yang beraneka ragam. sebut saja drum band dan gerakkan musik dari India, kaitan not nada dari Cina, bowed string dari daerah Timur Tengah, instrumen musik dari Asia Tenggara, bahkan style militer Eropa.

Baca juga : Cara mudah Stel (setting) GITAR sendiri dengan aplikasi Android

Ada sekitar 14 alat musik Gamelan Jawa yang bisa kita pelajari. Semua informasi ini saya dapatkan dari wikipedia lengkap penjelasan dan gambarnya. Buat anda sekalian yang ingin mengetahui lebih lanjut boleh dibaca setiap peralatan yang ada. Terlihat sederhana tetapi dapat menghasilkan suara yang merdu dan enak di dengar. Terlebih lagi buat kita orang tua suku jawa pasti dapat menikmati alunan musiknya.

14 Alat Musik Gamelan Jawa Tradisional yang unik di Indonesia

1. Kendang

Peralatan musik ini sering kita jumpai saat ada pergelaran atau pertunjukan jaranan ataupun saat sinden menyanyi. Cara memainkannya adalah dengan cara menggunakan kedua telapan tanggan. Ada yang besar dan ada pula yang kecil untuk mengimbangi suaranya.

2. Bonang

Dilihat sepintas alat musik ini mudah dimainkan tetapi anda harus paham betul dengan nadanya. Tidak semua orang dapat memainkannya jika tidak mengerti dengan alat musik Bonang ini. Permainan musik ini sering kali kita lihat saat ada pertunjukan wayang kulit.

3. Bonang Penerus

Bonang penerus juga sama harus memiliki filing kuat dalam memainkannya dan mengerti lagu lagu jawa. Tidak heran jika alat musik ini dimainkan oleh orang orang yang sudah berusia tua karena mereka sejak kecil sering mendengarkan dan berlatih.

4. DemungSaron

Demung adalah alat pelengkap dalam kumpulan gamelan jawa. Cara memainkannya adalah alat dipukul dengan sesuatu yang mirip dengan palu. Kepalanya biasa terbuat dari katu yang keras supaya menghasilkan suara yang merdu.

5. Peking (Gamelan)

Peking adalah salah satu alat musik Galmelan jawa yang ukurannya paling kecil tetapi memiliki peran penting dalam mengisi suara. Tidak heran jika kita mendengarkan gamelan jawa saat dimainkan jenis suaranya beraneka ragam.

6. Kenong & Kethuk

7. Slenthem

8. Gender

9. Gong

Jika saat bermain musik band pasti ada pemain Drump dan Bass. Nah disini yang memiliki suara terbesar adalah Gong. Dimainkannya tidak terlalu sering karena mengikuti tempo, semakin besar ukuran gong maka suaranya juga akan semakin terdengar besar.

10. Gambang

11. Rebab

12. Siter

13. Suling

Suling sudah sering kita dengarkan karena pada pertunjukan dangdut juga sudah sering dimainkan bahkan cukup popular. Ukurannya bermacam macam mulai yang paling pendek sampai yang paling panjang. Ada yang terbuat dari bambu dan ada pula yang terbuat dari bahan lainnya.

14. Kempul

Itulah 14 alat musik Gamelan Jawa yang mungkin kita sering menjumpainya tetapi tidak tau apa namanya. Cara memainkannya pasti sobat sekalian sudah mengerti ya kalau suling pasti di tiup, gong pasti dipukul dan siter pasti dipetik. Pengetahuan tentang alat musik ini juga sangat bermanfaat supaya kita dapat melestarikan alat musik tradisional yang ada di indonesia.

Untuk penjelasann secara lengkap dan mendetail sobat bisa berkunjung ke situs Wikipedia | Gamelan Jawa. Disana akan kita temukan secara mendetail cara menggunakan alat tersebut dan daerah asalnya. Selain itu lengkap dengan sejarah pada masa itu. Jika berminat boleh dibeli Gamelan Yang bisa di Gunakan Di Berbagai Jenis Musik.
Buka Komentar