Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah Stel (setting) GITAR sendiri dengan aplikasi Android

GITAR adalah alat musik yang dimainkan menggunakan petikan jari tangan. Bentuknya sederhana tetapi unik karena mudah dibawa kemana saja (Pengamen jalanan mungkin). Gitar ada bermacam macam jenisnya, mulai dari Gitar yang sumber bunyinya dari aliran listrik, biasa dimainkan oleh Group Band. Gitar bolong atau Gitar yang suara bunyinya dihasilkan dari ruang tabung gitar yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara. Ada juga Gitar yang bentuknya kecil (Gitar Ukulele).

Merek gitar juga bermacam macam, mulai dari harga yang paling mahal sampai dengan harga yang paling murah. Tahun 2005 saya membeli sebuah gitar dengan harga Rp.300.000 (entah apa mereknya saya lupa). Untuk saat ini jenis Gitar yang saya beli sudah mencapai harga Rp. 900.000, tidak heran jika harga gitar semakin naik karena di iringi bahan pokok yang semakin naik pula hehehe. Gitar dengan merek Yamaha menurut saya saat ini yang cukup banyak diminati pembeli tetapi harganya cukup tinggi.

Kali ini mastimon.com bukan untuk membahas jenis gitar secara mendetail tetapi kita akan membahas tentang cara STEL (Setting) senar gitar dengan mudah. Stel senar gitar supaya menghasilkan suara yang baik tidaklah sulit bagi anda yang sudah terbiasa bermain Gitar. terlebih anda sudah memiliki filing atau mengetahui suara nada. Saat salah satu senar gitar di petik apakah sudah sesuai dengan nadanya atau belum. Jika anda bisanya bermain gitar tetapi tidak bisa stel suara senar gitar sudah pasti seperti apapun dimainkan akan menghasilkan suara yang buruk.

Saya adalah orang yang hanya bisa bermain gitar tetapi saat suara sudah mulai tidak sesuai maka untuk melakukan settingan gitar membutuhkan teman untuk melakukannya. Puji Tuhan ada Yosia Desta Palimbunga adalah teman Gereja yang mengajarkan cara setting senar gitar dengan mudah menggunakan aplikasi yang ada di Play Store. Awalnya saya merasa kesulitan untuk melakukan settingan gitar tetapi berkat kesungguhan saya untuk bisa akhirnya berhasil. Penasaran nich, pengen tau cara settingnya gimana ??? 

Cara setting senar Gitar dengan aplikasi Android

Langkah 1 : Pastikan bahwa anda memiliki sebuah Gitar sendiri
Langkah 2 : Kunjungi Play Store di HP Android anda
Langkah 3 : Dikotak pencarian Play Stote tuliskan "Guitar Tuner" Klik icon merah no urut 3 dari atas "Penyetam Gitar - Pro Guitar"

Langkah 4 : Klik Instal (maaf jika tampilan ini tulisannya Unistal karena aplikasi sudah terinstal saat saya screenshot)

Langkah 5 : Mulai menyetel gitar dengan tali gitar paling atas (Senar Bass), petik tali no 1 secara terus menerus dan jika belum berwarna Hijau (E2) maka teruskan memutar kencangkan senar gitar sampai Jarum di atas tepat di 0, Huruf E2 pada lampu Hijau, bisa lihat juga penunjuk kunci yang ada kotak hitam itu bisa mengukur ketepatan kunci.

Langkah 6 : Jika senar no 1 sudah tersetting maka selanjutnya senar no 2 yang di bawahnya. Sama dengan cara di atas, lakukan sampai senar no 2 menunjuk kunci A2 dan lampu berwarna Hijau.

Langkah 7 : Senar gitar no 3 menunjuk kunci D3

Langkah 8 : Senar gitar no 4 menunjuk kunci G3

Langkah 9 : Senar gitar no 5 menunjuk kunci B3

Langkah 10 : Senar gitar no 6 menunjuk kunci E4

Langkah 11 : Selesai dan dengarkan suara gitar anda, Jreeeennnggg mantab bukan !!!

Sudah terbukti cara ini cukup efektif untuk setting senar gitar sendiri karena saat ini gitar saya di rumah sudah sapat saya mainkan dengan merdu. Jadi jika suara senar gitar sudah tidak karuan karena di putar oleh oknum anak anak maka sudah saya pastikan saya tidak akan kuatir lagi karena sudah bisa stel senar gitar sendiri. Aplikasi ini hanya untuk setting Standar sedangkan untuk tinggkatan yang lebih tinggi maka anda harus membeli yang PRO. Silahkan bisa dicoba bagi anda Pemula yang baru memiliki sebuah Gitar.