6 Penyebab Batuk berdarah yang harus anda ketahui

6 Penyebab Batuk berdarah yang harus anda ketahui

6 Penyebab Batuk berdarah yang harus anda ketahui

Penyebab batuk berdarah- Batuk berdarah merupakan suatu kondisi yang cukup banyak dialami oleh penduduk dunia. Apakah Anda salah satu yang pernah mengalaminya? Jika iya, tentu tak ayal bertanya-tanya mengenai apa penyebab dari kondisi tersebut. Sejatinya, batuk berdarah bisa saja tidak berbahaya. Namun, tak sedikit pula penyakit yang bisa jadi Anda derita, dengan gejala batuk berdarah. Lalu, apa saja penyebab batuk berdarah? Penasaran?

Apa sih batuk berdarah?

Batuk berdarah merupakan sebuah kondisi di mana Anda mengalami batuk-batuk, baik ringan maupun hebat, yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.Kondisi ini biasa disebut Hemoptisis. Ada kalanya, hempotisis tidak disertai dahak sama sekali dan hanya murni darah. Darah yang dikeluarkan bisa saja sedikit, ataupun banyak dan kental. Dahak yang keluar bisa saja berwarna merah kecokelatan, merah-kehitaman, atau hanya segaris darah berwarna merah. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa kondisi atau masalah kesehatan yang beragam.

Lalu, apa saja penyebab batuk berdarah?

Sejatinya, ada banyak penyebab batuk berdarah, dan ada banyak penyakit yang dapat diindikasikan dengan munculnya darah pada dahak Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Bronkitis

Berdasarkan data dari American Family Physician, penyebab batuk berdarah yang paling umum adalah bronkitis. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menjangkiti paru-paru dan cabang tenggorok Anda. Bakteri dan virus tersebut kemudian akan menyebabkan inflamasi alias peradangan pada wilayah yang terinfeksi.

2. Pneumonia

Selain bronkitis, infeksi bakteri yang menyebabkan batuk berdarah adalah pneumonia. Penyakit ini menyebabkan munculnya suatu kantung udara yang mengandung cairan di dalam paru-paru Anda, yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Hati-hati! Kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama jika dialami oleh anak-anak.

3. Tubercolosis (TBC)

Tuberkolosis, alias TBC kerap menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan Anda dan dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di dalamnya pecah, sehingga terjadilah batuk yang disertai dahak mengandung darah.

Baca Juga : 8 Efek Samping & Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

4. Kanker paru-paru

Batuk disertai darah merupakan gejala yang paling umum dari kanker paru-paru. Gejala ini biasanya disertai pula dengan batuk yang tak kunjung berhenti dan sesak napas alias bengek. Jika tidak segera ditangani, kanker pada paru-paru dapat menyebar dan menyebabkan kematian.

5. Keabnormalan peredaran darah

Penyebab batuk berdarah yang selanjutnya adalah terdapatnya keabnormalan dalam sistem peredaran darah Anda. Ketidaknormalan ini disebabkan oleh gangguan terkait proses pembekuan darah, dan adanya pendarahan di dalam tubuh Anda.

6. Kebiasaan merokok

Penyebab batuk berdarah yang kerap dijumpai adalah kebiasaan merokok jangka panjang pada beberapa orang. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi pada cabang tenggorok, yang juga dialami akibat batuk yang berlebihan. Tak hanya itu, semakin sering Anda merokok, akan semakin besar pula risiko Anda dalam terkena kanker paru-paru. Jadi, sebaiknya hentikanlah kebiasaan merokok sejak dini, ya!

Baca Juga : 8 Efek Samping & Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar