Tips mengembalikan suara yang hilang akibat Batuk sakit Tengorokan

Tips mengembalikan suara yang hilang akibat Batuk sakit Tengorokan

Tips mengembalikan suara yang hilang akibat Batuk sakit Tengorokan

Batuk, tenggorokan sakit dan gatal itu adalah gejala suara anda akan hilang. Beberapa hari terakhir sungguh menyiksa karena diawali dengan Pilek hidung tersumbat dan Kepala Pusing. Karena sudah terbiasa sembuh tanpa obat jadi saya usahakan untuk tetap tidak membeli obat di Apotek ataupun datang ke Dokter. Sembuh dari Pilek ternyata merambat ke Batuk dan akhirnya suara emas saya hilang hiqhiqhiq sedih.

Berbica dengan orang pun tidak leluasa dan parahnya hampir satu minggu penuh saya selalu mengikuti ibadah. Hasilnya orang lain bernyanyi memuji Tuhan saya hanya komat kamit aja hehehe. Jangankan bernyanyi, berbicara dengan orang saja merasa tersiksa dan sudah di paksa berbicara tetap saja suara yang keluar kecil dan serak. Yang lebih menggangu lagi adalah rasa gatal dan batuk yang tak kunjung reda.

Belajar dari pengalaman sebelumnya untuk tetap menjaga kesehatan dan jangan memaksakan kehendak. Sudah tau batuk dan terkena Flu masih saja minum air es dan yang lebih parah lagi ikut makan makanan yang berminyak seperti gorengan. Selain itu kurang istirahat juga mempengaruhi kondisi tubuh sehingga mudah terserang penyakit seperti Flu ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan anda terkena Flu Batuk dan berakhir dengan suara anda hilang :
  1. Cuaca dan perubahan musim yang tiba tiba terjadi atau musim hujan dan musim kemarau yang berkepanjangan.
  2. Makan gorengan atau makan krupuk yang berlebihan dan terlalu sering.
  3. Masuk angin akibat kipas angin, naik kendaraan dengan tidak menggunakan pelindung tubuh.
  4. Kecapekan, kurang tidur atau kurang istirahat yang cukup karena banyaknya pekerjaan.
  5. Perjalanan cukup jauh dengan naik sepeda motor atau kendaraan lainnya.
  6. Minum es terlalu banyak dan terlalu sering.
  7. Panas dalam udara dingin seperti di dalam ruangan ber AC dan karena berenang di lokasi yang panas (Panas Siang Hari).
  8. Debu rumah, di jalan, debu bangunan atau bulu binatang yang tidak sengaja masuk ke hidung.

Lalu mengapa suara saya hilang setelah batuk beberapa hari. Itu terjadi karena rasa gatal di tenggorokan yang diakibatkan dari debu saat perjalanan. Di daerah saya jalan sudah di cor tetapi debunya masih berterbangan kemana mana. Kesalahan tidak memakai masker itulah yang membuat bakteri masuk ke dalam tubuh, terlebih lagi kekebalan tubuh sedang lemah akibat kurang Istirahat dan kurang Minum Air Putih.

Ada beberapa tips pengobatan untuk menyembuhkan batuk dan mengembalikan suara yang hilang tanpa obat obatan. Berikut ini adalah tips dari mastimon.com agar cepat pulih dari sakit Flu sobat :
  1. Istirahat yang cukup, Malam jam 21:00 Wita wajib tidur dan siang hari silahkan anda istirahat paling sedikit satu jam.
  2. Minum Air Putih secara rutin dan minimal 6 sampai 8 gelas perhari.
  3. Olah raga yang cukup, lakukan joging dipagi hari atau cari keringat dengan mengikuti oleh raga Futsal, Tenis Meja, Badminton atau oleh raga yang mengeluarkan keringat.
  4. Minum air hangat setiap pagi, siang dan sore hari. Hindari minum air Es walaupun cuaca panas.
  5. Jangan makan makanan yang mengandung minyak, perbanyak mengkonsumsi sayur yang kaya akan vitamin dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula.

5 Tips menyembuhkan batuk di atas adalah yang saya lakukan dan terbukti batuk reda dan suara saya kembali seperti semula. Jika tips di atas belum ada perkembangan silahkan sobat datang ke Dokter untuk memeriksakan kesehatan supaya diberikan obat. Tetapi jika sobat tidak terbiasa dengan obat maka bisa menggunakan bahan alami mulai dari sayur dan buah buahan.

Bahan bahan alami untuk meredakan batuk dan mengembalikan suara yang hilang :
  1. Kulit Jeruk mandarin yang sudah dikeringkan lalu direbus dan diminum airnya.
  2. Bunga mawar yang sudah di Tim dengan air dan tambahkan gula secukupnya, minum airnya.
  3. Madu dan Lada hitam yang dicampur, silahkan dikonsumsi 2-3 kali sehari.
  4. Jahe di rebus lalu diminum airnya.
  5. Madu dan susu yang di campur lalu diminum (1 Gelas susu dan 2 sendok madu).
  6. Kunyit yang dicampurkan kedalam segelas susu (1 Gelas susu dan 1 sendok teh kunyit parut).
  7. Jeruk Nipis dan Madu yang di campur (1 Sendok Teh Jeruk Nipis dan 1 Sendok Teh Madu).
  8. Daun Sirih yang direbus dan dikonsumsi airnya secara rutin (Pagi dan Malam hari).
  9. Daun Kemangi yang direbus dan minum airnya (Minum 2 - 3 kali sehari).

Cukup banyak bukan obat tradisional yang mudah anada dapatkan. 9 bahan alami di atas bisa anda coba salah satunya. Yang paling efektif anda bisa mencoba juga minum air hangat secara rutin karena air hangat dapat mengencerkan dahak yang kental sehingga batuk bisa reda. Daftar tips di atas saya jamin aman karena tanpa efek samping dan selamat mencoba, semoga anda cepat sembuh, Amin.
Buka Komentar