Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Batuk berdarah yang harus anda ketahui

Penyebab batuk berdarah- Batuk berdarah merupakan suatu kondisi yang cukup banyak dialami oleh penduduk dunia. Apakah Anda salah satu yang pernah mengalaminya? Jika iya, tentu tak ayal bertanya-tanya mengenai apa penyebab dari kondisi tersebut. Sejatinya, batuk berdarah bisa saja tidak berbahaya. Namun, tak sedikit pula penyakit yang bisa jadi Anda derita, dengan gejala batuk berdarah. Lalu, apa saja penyebab batuk berdarah? Penasaran?

Kita akan merasa kebinggungan saat batuk tetapi mengeluarkan darah. Cepatlah melakukan pemeriksaan ke Dokter terdekat supaya anda bisa mendeteksi sedini mungkin penyakit apa yang menyerang anda. Ada banyak faktor anda mengalami batuk berdarah jadi anda jangan binggung atau panik bahkan menyimpan atau membiarkan kejadian ini berlalu.

Disini mastimon.com mencoba berbagi informasi tentang Penyebab Batuk Berdarah. Tetapi anda harus ketahui bahwa sebelum ini terjadi maka jagalah kesehatan untuk mencegah apapun yang mungkin bisa terjadi. Penyakit tidak kenal usia dan waktu jadi lebih baik mencegah daripada menyembuhkan. Berikut ini beberapa penjelasan tentang Batuk Berdarah yang bisa anda ketahui.

Apa sih batuk berdarah?

Batuk berdarah merupakan sebuah kondisi di mana Anda mengalami batuk-batuk, baik ringan maupun hebat, yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.Kondisi ini biasa disebut Hemoptisis. Ada kalanya, hempotisis tidak disertai dahak sama sekali dan hanya murni darah. Darah yang dikeluarkan bisa saja sedikit, ataupun banyak dan kental. Dahak yang keluar bisa saja berwarna merah kecokelatan, merah-kehitaman, atau hanya segaris darah berwarna merah. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa kondisi atau masalah kesehatan yang beragam.

Baca Juga : Resep cara mengobati RADANG TENGGOROKAN dengan mudah dan cepat

Lalu, apa saja penyebab batuk berdarah?

Sejatinya, ada banyak penyebab batuk berdarah, dan ada banyak penyakit yang dapat diindikasikan dengan munculnya darah pada dahak Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Bronkitis

Berdasarkan data dari American Family Physician, penyebab batuk berdarah yang paling umum adalah bronkitis. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menjangkiti paru-paru dan cabang tenggorok Anda. Bakteri dan virus tersebut kemudian akan menyebabkan inflamasi alias peradangan pada wilayah yang terinfeksi.

2. Pneumonia

Selain bronkitis, infeksi bakteri yang menyebabkan batuk berdarah adalah pneumonia. Penyakit ini menyebabkan munculnya suatu kantung udara yang mengandung cairan di dalam paru-paru Anda, yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Hati-hati! Kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama jika dialami oleh anak-anak.

3. Tubercolosis (TBC)

Tuberkolosis, alias TBC kerap menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan Anda dan dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di dalamnya pecah, sehingga terjadilah batuk yang disertai dahak mengandung darah. Baca Juga : 9 Cara Alami Menghilangkan Batuk Berdahak Tanpa Obat.

4. Kanker paru-paru

Batuk disertai darah merupakan gejala yang paling umum dari kanker paru-paru. Gejala ini biasanya disertai pula dengan batuk yang tak kunjung berhenti dan sesak napas alias bengek. Jika tidak segera ditangani, kanker pada paru-paru dapat menyebar dan menyebabkan kematian.

5. Keabnormalan peredaran darah

Penyebab batuk berdarah yang selanjutnya adalah terdapatnya keabnormalan dalam sistem peredaran darah Anda. Ketidaknormalan ini disebabkan oleh gangguan terkait proses pembekuan darah, dan adanya pendarahan di dalam tubuh Anda. Baca Juga : Tips mengembalikan suara yang hilang akibat Batuk sakit Tengorokan

6. Kebiasaan merokok

Penyebab batuk berdarah yang kerap dijumpai adalah kebiasaan merokok jangka panjang pada beberapa orang. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi pada cabang tenggorok, yang juga dialami akibat batuk yang berlebihan. Tak hanya itu, semakin sering Anda merokok, akan semakin besar pula risiko Anda dalam terkena kanker paru-paru. Jadi, sebaiknya hentikanlah kebiasaan merokok sejak dini, ya!

Mungkin anda akan sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok secara cepat tetapi cobalah Tips dengan mengurangi jumlah batang yang anda hisap setiap harinya. Lakukan pengurangan setiap hari maka dengan sendirinya tubuh anda akan terbiasa. Menjauhlah dari teman teman yang biasa merokok karena itu akan memancing anda. Selain itu untuk mengalihkan perhatian anda bisa mencoba dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan.

Nah itulah beberapa penyebab Batuk Berdarah yang perlu anda perhatikan dan jangan sampai disepelekan. Dengan menjaga kesehatan, berolahraga dan menjaga pola makan maka kesehatan anda akan semakin terjaga. Jangan terbiasa dengan kebiasaan buruk yang merusak kesehatan tetapi mulailah meninggalkan apapun yang merugikan anda.

Baca Juga : Cara mengatasi Cegukan tanpa Minum dan Makan

Inggin tau tentang Tips Kesehatan lainnya secara lengkap dan terpercaya, anda bisa berkunjung ke situs Panjikendari.Com. Ada banyak Tips Kesehatan yang anda butuhkan selain itu ada beberapa pengetahuan yang dapat menambah wawasan kita.