10 Aplikasi Google yang Wajib Digunakan Oleh Blogger

10 Aplikasi Google yang Wajib Digunakan Oleh Blogger

10 Aplikasi Google yang Wajib Digunakan Oleh Blogger

Google merupakan raksasanya mesin pencari. Apapun masalah yang sobat miliki, google punya solusinya. Keajaiban google ini lantas membuat para blogger berupaya mendapatkan hati google agar bisa tampil di halaman pertama google.

Google sendiri telah menyediakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan bagi para blogger blog untuk mendukung aktifitas mereka setiap hari dalam upaya meraih halaman pertama. Dari banyaknya aplikasi yang disediakan google, terdapat 10 aplikasi pilihan yang sangat-sangat wajib untuk digunakan.

Mungkin bagi para blogger pemula, aplikasi ini masih terdengar asing ditelinga. Namun, bagi para blogger senior, aplikasi ini sudah jadi hal yang wajib dan banyak digunakan untuk membuat eksperimen-eksperimen yang bertujuan meningkatkan kualitas blog agar cepat populer.

Apa aja 10 aplikasi tersebut, berikut ini saya rangkum dalam 10 aplikasi google yang wajib digunakan oleh blogger.

1. Google Trends

Bingung mencari keyword dan berita-berita populer yang dicari melalui google? sobat bisa menggunakan aplikasi google ini, yaitu Google Trends.

Aplikasi ini bisa memudahkan sobat dalam mencari keyword-keyword yang sedang populer dipencarian google. Dengan mendapatkan keyword populer, maka secara otomatis dapat mendongkrak visitor blog milik sobat.

Sobat bisa mencari keyword berdasarkan negara yang dituju, itu artinya, aplikasi ini punya filter agar keyword yang dibidik semakin tertarget dengat tepat.

2. Google Keyword Planner

Mungkin aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sobat, dan mungkin hampir setiap saat sobat menggunakan aplikasi ini untuk mencari keyword untuk keperluan artikel postingan sobat.

Pada awalnya, aplikasi ini bukan diperuntukkan untuk para blogger blog, melainkan untuk para pengiklan yang mencari keyword pencarian terbanyak untuk memasang iklan melalui google dengan keyword bidikan.

Namun ternyata, aplikasi ini menjadi populer untuk mencari dan melihat statistik keyword tertentu guna meningkatkan visitor blog.

Jika sobat tertarik, langsung aja kunjung google adwords sekarang, GRATIS.

3. Google Webmaster Tools

Aplikasi wajib selanjutnya adalah webmaster tools atau lebih akrab disapa google search console. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi untuk meningkatkan kualitas blog.

Apa saja yang dilakukan blogger di dalam aplikasi ini ? Yang pertama, verifikasi situs ke google webmaster pastinya. Lalu apa lagi ? Yap, submit stemap dan url blog ke google webmaster agar terindex dipencarian google.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghapus URL yang sudah mati atau sobat hapus dari blog, Melihat status index blog, Melihat struktur blog dan masih banyak lagi.

4. Google AdWords

Pengen masang iklan dipencarian google atau google adsense ? Maka ini adalah aplikasi yang tepat untuk sobat. Namun sobat harus membayar jika iklan melakukan pemasangan iklan.

Aplikasi ini merupakan salah satu sumber pemasukan milik google dari setiap pengiklan yang memasang iklan melalui google atau jaringan google adsense.

Setiap iklan yang dipasang, akan muncul di google tergantung keyword yang telah dibidik oleh si pengiklan. Atau muncul di dalam blog dalam yang disebut iklan adsense.

Salah fitur yang paling populer di dalamnya adalah google keywor planner yang telah saya jelaskan sebelumnya.

Tertarik promosi web lewat layanan iklan google?

5. Google Adsense

Jika google adword untuk memasang iklan, maka google adsense lah yang menampilkan iklan.

Google adsense adalah layanan untuk mendapatkan uang dengan cara menampilkan iklan-iklan di blog sobat. Sobat bisa memperoleh penghasilan 1juta, 10juta bahkan hingga ratusan juta hanya dari menampilkan iklan di blog.

Sangat menggiurkan bukan ? Ayo daftarkan blog sobat ke Google Adsense sekarang juga..

Baca : 5 Kali Daftar Adsense, 4 Kali Langsung Diterima, 7 Hal Ini yang Saya Lakukan

6. Google Alert

Dari 5 aplikasi sebelumnya, mungkin inilah aplikasi yang paling terdengar asing ditelinga sobat.

Saya jelaskan sedikit deh. Google Alert adalah aplikasi google yang berfungsi untuk memberitahukan bahwa ada artikel baru yang diterbitkan berdasarkan kata kunci yang telah kita masukkan ke google alert. Notifikasi biasanya masuk ke dalam alamat email sobat.

Aplikasi ini memiliki kaitan secara tidak langsung dengan yang namanya backlink, saya yakin sobat tau apa itu backlink. Setiap blogger pasti sangat menginginkan backlink yang berkualitas bukan.

Salah satu cara mendapatkan backlink adalah berkomentar dan meninggalkan jejak pada sebuah postingan blog lain atau situs lain. Sobat harus menjadi orang yang pertama kali berkomentar agar mendapatkan backlink maksimal.

Namun, untuk mendapatkan kolom pertama pada komentar, tentu tidak mudah. Maka, dengan aplikasi google alert, sobat bisa melakukannya karena sobat akan mendapatkan notifikasi jika ada artikel baru yang dipublish sesuai dengan keywor yang sobat masukkan.

7. Google News

Apakah sobat seorang blogger yang haus akan berita-berita baru? hehe kalau benar, aplikasi google yang satu ini bisa menjadi referensi buat sobat.

Google news adalah aplikasi google yang berfungsi sebagai wadah informasi berita terkini. Disini sobat bisa mencari ide atau insipari untuk menulis artikel di blog sobat.

8. Google Terjemahan (Google Translate)

Selain untuk menterjemahkan bahasa, google translate bisa sobat gunakan untuk membuat artikel dalam bahasa inggris. Namun sobat mesti hati-hati, karena terkadang atau malah seringnya hasil translate malah berantakan dan tidak enak dibaca.

Namun, aplikasi ini patut sobat coba jika sobat ingin merasakan sensasi menulis artikel dalam bahasa lain.

9. Google Analytics

Sudah kenal dengan aplikasi google yang satu ini ? Jika belum, yuk kita kenalan dulu..

Aplikasi google analytic secara garis besar berfungsi untuk melihat statistic blog seperti melihat jumlah user online saat ini, jumlah visitor, jumlah pageview blog, dan statistic lainnya yang berkaitan dengan blog sobat.

Jadi, dengan aplikasi ini, sobat bisa memantau aktifitas blog kesayangan dengan mudah dan praktis.

10. Google Plus

Mungkin aplikasi ini tidak setenar twitter atau facebook, namun aplikasi ini memiliki pengaruh besar dalam mendongkrak visitor blog.

Aplikasi ini memiliki jutaan pengguna yang tentu sangat berpotensi menghasilkan pengunjung yang banyak ke dalam blog kita. Seandainya sobat dapat memaksimalkan penggunaan social media yang satu ini, bukan tidak mungkin blog sobat cepat populer.

Akhir Kata :
Tertarik menggunakan 10 aplikasi google di atas?
Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat, terimakasih dan happy blogging :)

Baca : Strategi Jitu Sukses Membangun Blog Dalam 8 Tahap Untuk Blogger Pemula
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar