Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Padahal Artikel Sudah Banyak

Mastimon.com - Sebagai blogger pemula kita pasti mau blog kita menjadi ramai pengunjung dan semakin terkenal. Untuk memulainya, mungkin kita akan bersabar membuat banyak artikel diblog kita. Tapi yang menjadi masalah adalah konten sudah banyak, tapi mengapa blog masih sepi? Coba deh kalian cari tahu dulu penyebab blog sepi pengunjung meskipun artikel sudah banyak.

Sebenarnya kondisi ini wajar saja, dan bukan hanya sedikit blogger yang merasakannya. Situasi ini kerap ditemui. Nah, jika Anda merasakannya juga, maka setidaknya Anda harus tahu apa penyebabnya terlebih dahulu, sehingga Anda bisa segera mengatasi permasalahan tersebut.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan blog sepi atau tidak ada pengunjung mulai dari umur blog yang masih baru, isi konten kurang berkualitas, kurangnya memperhatikan SEO dan masih banyak lagi. Tapi ada juga yang sudah melakukan semua itu tapi hasilnya masih sama, jangan khawatir coba lihat rangkuman 7 penyebab blog sepi pengunjung di bawah ini.

7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Padahal Artikel Sudah Banyak


1. Tema Blog yang Tidak SEO dan Tidak Enak Dilihat

Sebagaimana yang kita tahu, tampilan visual adalah hal yang paling utama dilihat oleh pengunjung. Jika pengunjung datang ke situs Anda, namun ternyata situs Anda memiliki tampilan yang kurang enak dipandang dan tema nya tidak sesuai, maka kemungkinan besar pengunjung akan langsung pergi dari situ.

Oleh sebab itu, coba perhatikan tampilan blog Anda, jika kurang rapi atau tidak sesuai perbaiki terlebih dahulu. Jika bisa silahkan untuk membeli tema premium yang biasanya sudah benar benar memiliki struktur yang baik dan memungkinkan tampilan blog Anda tampil lebih baik.

2. Loading yang berat

Hal lain yang biasanya menjadi faktor utama tidak ada yang mengunjungi blog Anda adalah adanya loading yang lama. Tahukah Anda biasanya pengunjung hanya akan menunggu loading kira kira 3 sampai 5 detik saja, semakin lama loadingnya maka pengunjung bisa jadi akan menutup situsnya dan beralih ke situs lainnya.

Loading yang lama ini bisa disebabkan oleh tema yang tidak sesuai, terdapat kesalahan, banyak gambar dengan ukuran besar, video ukuran besar, banyak javascript yang digunakan, di blog Anda ada banyak widget dan lain sebagainya.

3. Membuat Judul yang Tidak Relevan

Tahukah Anda, judul yang Anda buat dapat menjadi penentu posisi artikel Anda di mesin pencarian loh. Apabila judul Anda relevan dengan dengan pencarian banyak orang, maka itu akan menarik semakin banyak pengunjung. Namun, sebaliknya jika judul tidak relevan, bagaimana para pengunjung bisa menemukan artikel Anda bukan?

4. Artikel Tidak Berkualitas

Meskipun sudah punya banyak artikel tapi kalau artikel tersebut kurang berkualitas, itu bisa dianggap sebagai hal yang percuma. Lebih baik secara bertahap buatlah artikel yang berkualitas dengan minimal 300 kata atau yang disarankan adalah 800 sampai 1500 kata. Umumnya artikel yang memiliki kata cukup banyak mempunyai peluang yang lebih besar menempati urutan pertama pencarian Google.

Namun, jangan sampai Anda hanya berfokus pada panjangnya artikel, perhatikan juga kualitasnya. Misalnya jangan berikan informasi yang bertele tele, tulisannya mudah dipahami, dan jangan copy paste milik orang lain. Buatlah artikel organik atau buatan Anda sendiri.

5. Jarang Posting Artikel

Rutin update artikel itu menjadi suatu keharusan untuk blogger pemula, setidaknya dalam satu hari Anda harus update 1 artikel. Biasanya penyakit para blogger adalah malas, kalau sudah malas blog Anda yang terkena masalah. Karena Anda jarang update Artikel mungkin artikel yang tadinya berada di halaman satu mesin pencarian bisa turun ke halaman 4. Anda pasti tidak mau bukan?

6. Terlalu Banyak Optimisasi

Sebagaimana yang kita tahu optimisasi adalah hal yang penting dan perlu dilakukan untuk blog kita. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan dalam jumlah yang banyak atau tidak masuk akal. Google bisa menganggapnya sebagai spam sehingga akhirnya bisa mempengaruhi blog Anda. Contoh spamming tersebut adalah mengulang kata kunci dalam jumlah terlalu banyak, ping artikel berkali kali, adanya backlink yang tidak beraturan dan lain lain.

7. Blog Terkena Google Sandbox

Google Sandbox merupakan salah satu penalti yang diberikan oleh pihak Google kepada suatu website atau blog yang mengakibatkan blog tersebut menghilang dan artikel tidak bisa terindeks oleh mesin pencari. Sehingga tentu saja dampaknya adalah pada penurunan visitor. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang 7 penyebab blog sepi pengunjung padahal artikel sudah banyak yang bisa kalian ketahui. Setelah mengetahui informasi ini, kira kira Anda bisa memikirkan apa sebenarnya penyebab blog Anda sepi lalu memperbaiki kesalahan tersebut. Jika Anda ingin dipandu, silahkan ikuti les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Menjadi seorang blogger yang sukses memang tidaklah mudah. Selain dibutuhkan skill atau keterampilan dibutuhkan juga ketekunan dan kesabaran. Misalnya dalam menganalisis apa saja kekurangan atau apa yang perlu ditingkatkan untuk membuat blog Anda semakin berkembang. Semoga bermanfaat.