Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Blogger Sukses: Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari

Mastimon.com - Anda adalah seorang blogger pemula? Pastinya Anda akan berusaha sebisa mungkin agar blog Anda bisa sukses bukan? Nah, supaya bisa menjadi blogger sukses, salah satu tipsnya adalah Anda perlu menghindari beberapa kesalahan blogger pemula yang seringkali dilakukan. Karena faktor beberapa kesalahan tersebut bisa menghambat blog untuk berkembang.

Memang menjadi blogger dengan traffic yang tinggi dan berpenghasilan besar bukanlah suatu hal yang mudah. Tapi jangan berfikir hal itu adalah hal yang mustahil untuk dilakukan. Sebab dengan upaya Anda, Anda pasti bisa menjadi seorang blogger yang berhasil. Oleh sebab itu, cobalah luangkan waktu untuk memikirkan sebentar beberapa faktor kesalahan yang perlu Anda hindari selama ngeblog.

Apa saja kesalahan yang perlu dihindari blogger pemula? Nah, kita akan membahas selengkapnya pada uraian informasi di bawah ini. Jadi jangan sampai lewatkan informasinya, karena hal ini sangat penting diketahui untuk kalian para blogger pemula. Tanpa basa basi lagi, yuk kita simak informasinya, selamat menyimak.

Tips Blogger Sukses: Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari


1. Terlalu Sering Mengubah Template

Kesalahan pertama yang kita bahas adalah kebiasaan terlalu sering mengubah template. Banyak blogger pemula tidak menyadari bahwa terlalu sering mengubah template bisa sangat berpengaruh terhadap performa blog itu sendiri. Tahukah Anda, blog yang sering berubah ubah tampilannya memiliki kesan tidak memiliki identitas yang pasti. Jika navigasi ikut berubah, tentunya user experience akan menurun.

2. Tidak Mengerti SEO

Bagi para blogger, tentunya SEO adalah salah satu istilah yang paling umum di otak mereka. Mengapa? Ya, karena SEO menjadi salah satu kunci yang menentukan apakah blog Anda bisa trending atau page one atau tidak.

Sehingga dengan demikian, para blogger memang diwajibkan untuk menguasai teknik SEO. Kebanyakan blogger pemula, mulai ngeblog tapi tidak mengerti SEO, inilah kesalahan yang perlu Anda hindari. Sebelum mulai ngeblog, cobalah mempelajari SEO terlebih dahulu.

Setidaknya Anda bisa menguasai teknik dasar seperti pemilihan keyword, cara meriset kata kunci, struktur penulisan artikel yang baik dan benar dan lain sebagainya. Jika belajar sendiri membuat Anda merasa kesulitan, Anda bisa mengikuti les privat blogger pemula secara online untuk bisa membuat artikel yang baik dan benar sesuai SEO.

3. Niche Tidak Jelas

Niche blog berperan penting sebagai identitas blog Anda. Blog dengan banyak pengunjung biasanya memiliki niche blog yang jelas. Coba lihat contoh salah satu blog yang terkenal, pasti memiliki sau niche yang kuat.

Coba tetapkan satu niche yang jelas dan tetap berpegang pada niche tersebut. Jangan terlalu terbawa trend. Misalnya kalau Anda sudah memutuskan untuk memilih niche blog kuliner, maka jangan sampai konten Anda membahas soal niche yang lainnya sehingga membuat niche blog Anda jadi tidak jelas.

4. Jarak Update Konten yang Terlalu Lama

Aktivitas blogging Anda pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan sebanyak banyak mungkin pengunjung bukan? Nah, untuk mendapatkan banyak pengunjung, blog Anda setidaknya harus memiliki beberapa konten yang potensial dan sajian informasi yang lengkap. Untuk itulah, Anda harus rajin membuat artikel.

Hindari mengupdate konten blog terlalu lama, sehingga membuat para pembaca melupakan blog Anda. Cobalah untuk mengupdate konten secara rutin sesuai jadwal dalam kurun waktu yang berdekatan. Tapi ini bukan berarti Anda melakukan spam artikel ya, aturlah waktu untuk mengupdate konten waktu ideal seperti satu minggu 3 atau 4 kali saja.

5. Menulis Hanya Untuk SEO

Di poin 2 sebelumnya, kita mengetahui bahwa kita harus belajar SEO untuk bisa menjadi blogger yang berhasil. Namun, ini tidak berarti Anda menulis hanya untuk SEO. SEO memang dibutuhkan untuk berkembang, tetapi Anda harus mengimbanginya dengan informasi yang ada di artikel harus tetap nyaman dibaca dan informatif.

Hindari melakukan spam kata kunci pada artikel artikel Anda, gunakan kata kunci sewajarnya saja. Coba terapkan teknik SEO sebagai penunjang tetapi tulisan Anda khususnya harus enak dibaca dan tidak memaksakan kata kunci dimana mana.

6. Tulisan yang Kurang Baik

Tulisan atau artikel yang Anda buat merupakan nyawa untuk blog Anda. Jadi, artikel yang dibuat sangatlah penting. Kalau tulisan Anda kurang baik misalnya banyak typo, penataan kalimat yang buruk dan banyak lagi kesalahan teknis penulisan lainnya, blog Anda akan susah untuk sukses. Coba pelajari dulu teknik penulisan artikel yang baik.

7. Tidak Sabar

Ini adalah kesalahan yang terjadi pada para blogger pemula yakni tidak sabar. Misalnya kebanyakan orang yang baru terjun ke dalam dunia blog karena tergiur akan penghasilan yang besar yang sudah diraih oleh orang lain.

Anda harus tahu bahwa ngeblog dengan penghasilan yang besar tidak bisa didapatkan dengan waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu dan upaya untuk bisa mencapai hasil tersebut. Sebelum tergiur ngeblog karena kesuksesan orang lain, cobalah tanya bagaimana upaya mereka untuk meraihnya. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang tips blogger sukses yaitu menghindari beberapa kesalahan kesalahan blogger pemua yang kerap ditemui. Coba renungkan, apakah Anda pernah melakukan beberapa kesalahan yang disebutkan pada daftar diatas? Jika pernah, hentikan mulai sekarang.

Selain menghindari beberapa kesalahan blogger yang sering dilakukan sebagaimana yang sudah kita bahas diatas, Anda juga perlu terus menerapkan cara dan tips supaya blog bisa sukses. Ya, tentunya artikel yang Anda buat haruslah artikel yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Lakukan riset terkait kebutuhan penonton, informasi apa yang paling banyak dicari. Semoga bermanfaat.