Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Riset Keyword untuk Menaikkan Peringkat Blog di Mesin Pencari

Mastimon.com - Cara riset keyword penting diketahui karena bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan blog atau website Anda. Jika sebuah konten memiliki penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat, berpotensi lebih besar untuk tembus pada halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya. Mengetahui hal ini, mari kita cari tahu cara riset keyword untuk menaikkan peringkat blog di mesin pencari.

Jika Anda adalah seseorang yang baru memulai menekuni bisnis online sebagai salah satu konten kreator, tentu ada banyak hal yang perlu Anda pelajari. Nah, riset keyword sendiri adalah salah satu teknik yang wajib diketahui. Dan supaya bisa riset keyword dengan baik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda perlu latihan dan menguasai dengan benar teknik riset keyword tersebut.

Meskipun masih pemula, jangan khawatir kalau Anda masing bingung bagaimana cara melakukannya. Jangan menyerah untuk belajar, karena di bawah ini akan mengulas informasi tips dan cara riset keyword blog atau website yang bisa Anda pahami dan praktikkan.

Tanpa basa basi lagi, selengkapnya silahkan simak tips dan caranya pada poin poin di bawah ini.

Cara Riset Keyword untuk Menaikkan Peringkat Blog di Mesin Pencari


Keyword research atau riset keyword adalah kegiatan dimana Anda akan mencari kata kunci yang sering dimasukkan pada mesin pencari atau dicari oleh banyak orang. Kata kunci yang tepat digunakan untuk mengoptimasi SEO.

Jadi, jangan sampai Anda menggunakan kata kunci atau keyword yang tidak ada yang cari, pasti konten Anda tidak ada yang melihat. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau menjadikan halaman Anda mendapatkan rangking di mesin pencari, pastikan kata kunci Anda banyak dicari dan tepat sasaran.

Mulailah dengan meriset kata kunci artikel blog dengan tips di bawah ini :

1. Mengenali target pasar

Cara riset keyword yang pertama adalah Anda perlu mengenali target pasar atau memetakan bagaimana target pasar. Kenali niche blog Anda kemudian pikirkan fokus penelitian keyword berdasarkan kebutuhan usia mereka, jenis kelamin mereka, hobi dan minat, hal hal yang sering dibicarakan, atau apa yang ingin dicapai secara personal maupun profesional.

Selain tahu dan paham apa yang dibutuhkan oleh pengunjung berdasarkan niche blog Anda, ada baiknya Anda juga perlu meriset apa saja yang tidak boleh disertakan atau hal hal buruk yang umumnya tidak mereka sukai.

2. Menentukan prioritas kata kunci sesuai kebutuhan

Hal yang tidak boleh dilewatkan sewaktu meriset kata kunci adalah Anda perlu menentukan prioritas keyword atau mana yang lebih dulu diutamakan. Dengan demikian, konten artikel Anda akan lebih terarah. Misalnya artikel yang memuat konten konten informasi, bisnis produk atau menjual jasa atau layanan pasti memiliki prioritas kata kunci yang berbeda beda bukan?

3. Gunakan kata kunci panjang namun tepat sasaran

Cara riset kata kunci berikutnya adalah Anda perlu fokus pada pencarian kata kunci panjang tapi tetap tepat sasaran. Contohnya, ada dua kata kunci yang bisa digunakan, yaitu pertama "Beli Samsung Galaxy A" dan "Samsung Galaxy A", menurut Anda mana yang akan di masukkan ke pencari? tentu saja kata kunci panjang yaitu keyword pertama.

Kelebihan lainnya adalah biasanya long tail keyword ini mempunyai saingan yang lebih sedikit dibandingkan keyword yang pendek.

4. Pahami jenis keyword

Meskipun kita mencari kata kunci yang paling banyak dicari, tapi Anda juga harus memahami jenis jenis keyword. Dimana ada kata kunci yang memang banyak dicari tapi kurang bermanfaat. Sedangkan ada pula kata kunci yang sedikit dicari tapi bernilai tinggi. Kok bisa?

Nah, inilah alasannya mengapa Anda perlu mengetahui motif atau maksud mesin pencari terlebih dahulu terkait kata kunci tersebut. Kegiatan ini biasanya disebut "Search Intent" dimana saat user mencari sesuatu di mesin pencari, tentu mereka memiliki maksud dan tujuan meski kata kunci yang digunakan hampir sama.

5. Menggunakan tools riset keyword

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi canggih yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam meriset kata kunci loh. Bahkan beberapa diantaranya Anda bisa menggunakannya secara gratis jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun. Sebagai referensi Anda bisa memilih aplikasi riset keyword seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Keyword Tool, WordStream Free Keyword Tool, dan lain lain. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya mengenai cara riset keyword untuk menaikkan peringkat blog di mesin pencari. Jangan sampai Anda sudah lelah dalam membuat banyak konten artikel yang sudah dipublikasikan tapi tidak ada hasil karena penggunaan riset keyword yang kurang tepat. Ingin belajar lebih dalam soal blog? Anda bisa ikut les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Kalau Anda tidak menyerah dan rajin mempelajari berbagai teknik dasar dan tipsnya, yakinlah bahwa usaha Anda tidak akan sia sia. Kalau Anda tidak bisa belajar sendiri, belajarlah bersama orang lain atau mentor yang bisa membantu Anda untuk berkembang. Semoga sukses.