Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop Gaming Terbaik dan Spesifikasinya yang Layak Kamu Beli

Mastimon.com - Membeli laptop baru memang tidak boleh asal beli. Dimana yang utama jenis laptop yang dibeli harus sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah laptop gaming yang secara khususnya dirancang dengan performa, portabilitas, fitur yang menunjang bermain game. Anda seorang gamer dan ingin beli laptop? Coba simak dulu deretan laptop gaming terbaik dan spesifikasinya yang layak kamu beli.

Untuk saat ini melalui riset yang dilakukan, Asus ROG series adalah laptop gaming terbaik yang menawarkan semua yang dibutuhkan oleh para gamer. Spesifikasinya dirancang secara khusus untuk kebutuhan gaming sehingga tentu saja memiliki kualitas terbaik dan membuatnya selalu dinantikan oleh banyak pengguna.

Jika Anda sedang mencari atau memilih sebuah laptop gaming, jangan hanya tergiur dengan harga murah saja. Melainkan Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas mulai dari desain, hardware, resolusi layar, keyboard dan clickpad serta performa yang diperoleh dari hasil pengujian bermain game.

Jangan khawatir, Anda bisa mempertimbangkan deretan laptop gaming terbaik dari Asus ROG Series dibawah ini dengan harga terjangkau. Urutan dibawah ini tidak berdasarkan urutan yang terbaik tapi sebagai referensi untuk Anda bisa memilih laptop gaming yang paling sesuai dengan kebutuhan. Yuk simak.

Laptop Gaming Terbaik dan Spesifikasinya yang Layak Kamu Beli


1. Asus ROG Flow X13

Asus ROG Flow X13 Adalah salah satu terobosan terbaru yang layak untuk Anda ketahui. Kini konsepnya adalah convertible dimana laptop gaming juga bisa menggunakan desain portable atau seperti layaknya tablet. Sebelum nya inovasi ini sulit untuk diciptakan namun akhirnya berhasil menciptakan desain ini untuk Asus ROG Flow X13.
  • Desain dan Konstruksi
Untuk ukuran layarnya adalah 13 inch yang bisa menunjang untuk berbagai kebutuhan si pengguna seperti untuk desain grafis atau video editing. Untuk bahannya adalah menggunakan metal untuk menutupi badan dan bagian bawah laptop. Lalu untuk bagian interiornya menggunakan bahan dasar plastik.

Menariknya sesuai yang sudah kita bahas tadi, laptop ini bida dilipat sampai dengan 360 derajat loh sehingga bisa berfungsi sebagai tablet. Saat melipatnya Anda tidak perlu khawatir karena engselnya sangatlah kuat dan kokoh.
  • Keyboard dan Clickpad
Untuk keyboard dan clickpadnya secara keseluruhan dapat dikatakan tidak ada cela karena sangat nyaman saat digunakan baik untuk kebutuhan mengetik dalam jangka waktu yang lama. Nah menarik untuk bermain game, tombol tombolnya sudah dirancang supaya bisa fungsional saat bermain game misalnya terdapat tombol microphone dan untuk kontrol volume.

Untuk lampu keyboardnya atau backlightnya tersedia untuk warna putih sehingga bisa menambah kesan yang elegan dan membantu untuk memberikan penerangan ketika dalam ruangan yang cahayanya redup. Anda bisa mengaktifkan lampu dan mematikannya hanya dengan mengusap bagian clickpadnya.

Paling menarik, juga terdapat untuk biometrik yakni terdapat tombol untuk sidik jari yang berada di samping tombol power loh.
  • Layar
Untuk layarnya ROG Flow X13 memiliki 13,4 inch dan secara keseluruhan untuk resolusi layarnya adalah sebesar 16:10. Nah, untuk layar ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Jika Anda adalah seorang gamer yang ekstrim, maka direkomendasikan untuk memilih layar FHD+. Namun, jika Anda adalah seorang freelancer atau pekerja kreatif maka layar UHD+ saudah lebih dari cukup untuk Anda.
  • Performa dan Hardware
Kalau masalah performa dan hardware di ROG Flow X13 sangat mumpuni. Game game modern pun yang membutuhkan spesifikasi tinggi untuk dijalankan akan terasa lancar. Tentunya performa yang bagus ini didukung oleh teknologi yang ada di dalamnya. Untuk kualitas gambarnya adalah medium atau juga bisa dijalankan dengan kualitas ultra.

2. Asus ROG Flow X16

Laptop pertama yang memiliki layar sebesar 16 inch serta memiliki konsep yang convertibel adalah Asus ROG Flow X16. Jadi, Layarnya yang besar bisa dioperasikan sebagai tablet juga. Laptop satu ini keunggulannya memang berada pada kekuatannya yang powerful untuk bermain gaming namun, laptop ini juga ternyata memiliki portabilitas untuk kebutuhan multimedia yang tinggi loh.
  • Desain dan Konstruksi
Untuk masalah desain laptop ini memiliki bahan dasar yakni magnesium alloy untuk bagian exteriornya lalu diselimuti dengan erpihan alumunium hitam. Tahukah Anda, bahan bahan yang digunakannya ini bermanfaat supaya laptop tidak cepat panas sekaligus menambah kesan tampilannya yang elegan.

Meskipun layarnya besar, untuk beratnya ROG Flow X16 hanya sekitar 2,1 kg saja dengan ketebalan 20 mm. Desain dan kontruksi yang diusung oleh laptop ini begitu luar biasa, karena multifungsi yang bisa digunakan sebagai tablet juga.
  • Keyboard dan Clickpad
Sedangkan untuk keyboard dan clickpadnya memiliki berbagai kelebihan. Mulai dari empat tombol multimedianya yang terpisah di bagian pojok kiri atas keyboard serta dinilai dari kerapatan antara tombolnya membuat sangat nyaman untuk kebutuhan mengetik. Lampu keyboardnya dilengkapi dengan RGB Single zone serta tidak mempunyai banyak warna.

Menarik untuk bagian Clikcpad nya, adalah memiliki bahan yang terbuat dari kaca dan permukaannya luas. Apabila dilihat akan seperti tekstur yang timbul, namun saat disentuh kenyatannya itu hanyalah bagian dari ilusi yang dirancang oleh Asus loh. Menarik sekali bukan?
  • Layar
Berkat teknologi seperti teknologi Nebula display, pengalaman bermain game dengan laptop ini akan terasa sangat maksimal karena layar yang tajam dan memiliki 165Hz refresh rate dengan kecepatan level 500 nits lalu ditambah lagi bantuan teknologi AMD FreeSync Premium Pro. Inilah yang membuat Flow X16 mencapai respon time hanya 3ms.
  • Performa dan Hardware
Dari segi performa dari laptop ini, semua aktifitas berat bisa dilakukan mulai dari gaming sampai dengan pekerjaan kreatif lainnya seperti editing video, multitasking dan lain sebagainya. Ini semua berkat beberapa spesifikasi yang diusungnya seperti RAM 32 GB DDR5-4800 dual channel, kemudian juga ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 9 6900HS.

3. Asus ROG Flow Z13

Kalau Anda mencari laptop gaming dengan ukuran 13 inch yang sangat powerfull maka Asus ROG Flow Z13 bisa menjadi salah satu rekomendasi yang pas. Spesifikasi yang diusungnya bukan main main, mengingat prosesor yang dimilikinya adalah Core i9-12900H yang merupakan salah satu CPU terbaik untuk senjata bermain game. Apalagi dukungan dari kartu grafis RTX 3050Ti dGPU.
  • Desain dan Konstruksi
Desain laptop gaming yang satu ini tidak diragukan lagi. Layarnya bisa dibongkar pasang dari body nya loh, jadi Anda tidak perlu melipat layarnya jika ingin menggunakannya sebagai tablet. Asus ROG Flow Z13 juga sudah mendukung teknologi Aura Sync yang memungkinkan adanya pantulan cahaya atau layaknya lampu yang menerangi keyboard (backlight).Selain itu untuk beratnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan jenis ultrabook atau laptop convertible yang lainnya.
  • Keyboard dan Clickpad
Terkait Keyboard dan Clickpadnya Anda tidak perlu khawatir, karena pengalaman yang ditawarkan sama seperti laptop keyboard laptop Asus ROG Flow X13 dimana saat mengetik, Anda dimungkinkan tidak merasakan adanya delay atau kendala yang lainnya. Sedangkan untuk clickpadnya terbuat dari bahan plastik dengan gestur yang sangat apik dan nyaman untuk digunakan, bahkan mungkin Anda tidak memerlukan mouse lagi.
  • Layar
Tahukah Anda, dari segi layar laptop Z13 mengusung layar FHD+ dengan refresh rate sebesar 120 Hz yang sangat mumpuni apalagi untuk game game berat sekalipun. Dengan teknologi ini ditambah dengan sudah terintegrasi dengan teknolog Adaptive Sync, Anda tidak akan khawatir terjadinya kendala seperti lagging atau patah patah ketika bermain game.
  • Performa dan Hardware
Beberapa fitur yang ada di Asus ROG Flow Z13 menjadikan performa laptop gaming yang satu ini menjadi semakin maksimal. Misalnya, Asus ROG Flow Z13 dibekali dengan SSD kapasitas 1 TB,prosesor Intel Core i9-12900H, RAM 16GB LPDDR5-5200 dual channel, serta terdapat dual graphic: Nvidia RTX 3050Ti dGPU 4 GB vRAM dan Iris Xe iGPU.

Tahukah Anda prosesor yang ada di Asus ROG Flow Z13 mempunyai 14 Core dan 20 Threads yang merupakan chip mobile generasi ke 12 tercepat dari Intel AKder Lake, menarik sekali bukan? spesifikasinya ini menjadikan performanya akan lebug maksimal dan tergolong tinggi untuk kebutuhan bermain game.

4. Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition

Kita sudah membahas beberapa series laptop gaming yang perlu Anda ketahui, tapi jangan sampai lewatkan laptop yang satu ini. Nah, berbeda dengan beberapa laptop yang sudah kita bahas, laptop ini memiliki luas yakni 17.3 inch. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh laptop ini, Anda bisa merasa betah menggunakannya untuk kebutuhan multimedia maupun bermain game.
  • Desain dan Konstruksi
Sesuai dengan namanya yang unik, desain yang diusung oleh laptop gaming satu ini memiliki desain yang sangat unik. Kalau Anda perhatikan pada bodi nya terdapat ukiran dengan fitur "invisible ink". Ukiran tersebut akan semakin tampak nyata saat terpapar oleh sinar cahaya. Namun, menariknya desain tersebut dirancang bukan tanpa makna loh, melainkan ada makna tersendirinya.
  • Keyboard dan Clickpad
Untuk tombol keyboardnya sudah dirancangkan secara khusus untuk para gamer. Contohnya memiliki tombol terpisah untuk tombol kontrol volume, tombol mikrofon, serta Armoury Crate. Tombol pintas ini akan membantu banyak gamer untuk membantu mempermudah bermain game sehingga pengguna tentu saja bisa merasa nyaman saat menggunakan tombol tanpa mengalami kendala yang mengganggu.
  • Layar
Untuk menunjang kebutuhan para pengguna saat bermain game, laptop ini sudah didukung oleh teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync. Sedangkan untuk resolusi dari WQHD (2560 x 1440) 16:9 mempunyai refresh rate yang begitu sangat tinggi yakni 240Hz response time 3ms. Dan untuk opsi panel layarnya tersedia dalam satu opsi.
  • Performa dan Hardware
Menariknya laptop gaming satu ini mengusung prosesor yang digadang paling powerfull di jagat raya loh yaitu prosesor Intel Core i9-12950HX. Ini hanya salah satu fitur yang menunjang performa laptop ini. Dimana semua fitur tersebut membuat laptop gaming yang satu ini mampu menaklukkan semua jenis game modern tanpa adanya kendala. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang laptop gaming terbaik dan spesifikasinya yang layak kamu beli tahun ini. Tentu sebelum membeli laptop ada banyak hal yang Anda khawatirkan. Tapi tenang saja, Asus sangat serius dalam menciptakan inovasi laptop mereka dalam industri gaming.

Tentunya semua produk yang dibahas diatas, sudah melalui hasil pengujian dan layak digunakan untuk para gamer diseluruh dunia. Dapatkan pengalaman bermain game terbaik dari perangkat laptop dari Asus ROG Series yang dirancang secara khusus sebagai laptop gaming terbaik untuk Anda.