Cara mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar

Mastimon.Com - Apakah Anda ingin tahu cara mengetik 10 jari dengan lancar dan cepat. Tentu saja, sebagian orang menginginkan teknik semacam ini. Apalagi bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis atau pekerja kantor. Karena kesehariannya harus menggunakan keyboard komputer untuk mengetik berbagai dokumen atau tulisan penting, sehingga membutuhkan waktu cepat.

Cara ketik 10 Jari

Cara Menempatkan Tangan 10 Jari pada Keywoard

Bagi anak-anak dan pemula mengetik 10 jari memang terlihat sulit. Tetapi bagi orang dewasa mungkin sedikit mudah. Sekarang ini, para pelajar di sekolah juga dituntut untuk dapat mengetik 10 jari dengan cepat. Hal tersebut sebagai bagian dari mata pelajaran yang harus dituntaskan. Mau tahu bagaimana menempatkan 10 jari pada keyword untuk pemula? Berikut ulasan cara mengetik 10 jari.

1. Posisi  Jari Tangan Kiri di Tombol Keyboard

Panduan pertama yang harus Anda lakukan adalah menempatkan jari-jari tangan kiri pada keyboard. Mulailah tempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, serta angka 4 dan 5. Lalu jari tengah menekan huruf D, E, C, dan angka 3. Jari kelingking menekan huruf A, Q, Z, 1, Alt. Terakhir posisi ibu jari menekan tombol Spasi.

2. Posisi Jari Tangan Kanan di Tombol Keywoard

Tempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6. Jari tengah untuk tombol huruf K, I, koma, dan 8. Lalu jari manis menekan tombol L, O, angka 9, Alt, dan titik serta tanda lebih besar. Jari kelingking menekan tombol tanda titik dua, tanda petik, Enter, huruf P, dan tombol yang ada di sebelah tangan kanan. Baca : 5 Fitur tersembunyi di Ms Word 2007 dan 2010.

Panduan Mudah Mengetik 10 Jari

Seberapa sering Anda mendengar istilah mengetik 10 jari? Tetapi sayangnya, orang lebih suka mengetik dengan 2 jari. Penting bagi Anda melatih cara mengetik 10 jari dengan cepat. Hal ini akan mempercepat proses pengetikan dalam dokumen apapun. Namun agar semakin lancar memang harus sering berlatih dalam mengetik. Inilah panduan mudah mengetik 10 jari dengan cepat dan akurat.
  • Fokuskan mata Anda pada layar monitor komputer atau laptop. Jangan sesekali melihat tombol keyboard, karena hanya akan memperlambat proses mengetik 10 jari.
  • Tempatkan jari tangan kanan pada bagian tombol keyboard sebelah kanan dan jari tangan kiri pada keyboard sebelah kiri. Sesuaikan dengan cara menempatkan tangan 10 jari pada keyboard yang sudah dijelaskan di bagian atas.
  • Pastikan antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan tidak bersilang. Ingat, hindari menggunakan sistem mengetik 2 jari atau 5 jari. Biasakan mengetik 10 hari agar bisa dan semakin hafal antara letak keyboard dan jari tangan.

Aplikasi Mengetik Cepat 10 Jari

Selain cara yang tadi, Anda juga bisa melakukan teknik lain untuk mempercepat pengetikan 10 jari. Panduan ini dirancang khusus untuk memberikan keakuratan penempatan jari tangan pada tombol keywoard. Tentu saja, aplikasi pendukung ini dibuat untuk membantu Anda belajar dalam mengetik secara lebih cepat. Berikut aplikasi mengetik cepat 10 jari yang bisa Anda pelajari.

1. Aplikasi Typing.com
Gunakan aplikasi Typing.com yang harus terhubung dengan akses internet. Terdapat fitur secara gratisan atau bisa juga dengan berbayar. Disini Anda bisa belajar mengetik secara cepat dan tepat. Tentunya dilengkapi dengan berbagai wawasan lain guna memperdalam ilmu mengetik Anda. Baca Juga : Cara mengoperasikan Ms Word di Android.

2. Situs Ultrakey.com

Mengetik cepat situs ultrakey.com memang sangat cocok untuk pemula atau anak-anak. Pasalnya menawarkan fitur berbeda dengan belajar khusus mengetik, serta terdapat games. Namun Anda tetap bisa belajar serius untuk melatih ketepatan jari-jari dalam mengetik cepat.

Bagaimana, cara mengetik 10 jari dengan cepat sudah Anda pahami betul? Semoga informasi tersebut semakin berguna untuk Anda. Sekian dan terima kasih. Kalian juga bisa belajar mengetik dengan mengunjungi situs masepel.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel