5 Fitur tersembunyi Microsoft Word 2007 dan 2010 yang wajib diketahui

Jika Anda adalah seorang pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantor pasti banyak menghabiskan waktu dengan macam –macam perangkat lunak yang terkenal misalnya ada Microsoft Power point, Microsoft Excel, Mirosoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher dan masih banyak lagi jenisnya. Salah satu software popular yang satu ini paling sering digunakan yaitu Microssoft Office. Bagaimana pun juga perangkat lunak ini memang yang terbaik untuk dimanfaatkan sebagai alat untuk mengetik materi apa pun yang Anda butuhkan.

Menurut fungsinya sendiri Microsoft Word adalah jenis software pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang ada hubungannya dengan mengolah kata bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi untuk membuat table, membuat tulisan yang sangat bervariasi, membuat dokumen, memasukkan gambar, membuat surat dan masih banyak lagi. Apalagi kalau Anda adalah seorang peneliti atau penulis, Pasti akan lebih sering lagi menggunakan Software ini untuk membantu dan menunjang aktivitas mu.

Bicara soal produktivitas, Tahukah anda? Ada beberapa fitur di Microsoft word baik word 2007 maupun word 2010 yang jarang sekali diketahui oleh orang –orang. Padahal kalau digunakan bisa sangat membantu pekerjaan Anda sehingga lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya. Fitur dasar Microsoft word mungkin sudah Anda kenal. Mari kita juga kenalan dengan Fitur menarik di software ini  yang bisa neningkatkan kreativitas Anda dalam menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Ragam Fitur tersembunyi ini sebenarnya cara baru untuk Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan Microsoft word secara efektif. Sebagai berikut adalah ulasannya.

5 Fitur tersembunyi Microsoft Word 2007 dan 2010 yang wajib diketahui

1. Mengubah Penggunaan Huruf Besar Kecil atau Case.

Pernah kah anda mengalami situasi seperti ini? Ketika sedang asyik mengetik di Microsoft Word, seringkali kita harus mengubah penggunaan huf besar dan kecil, Mungkin untuk satu frasa atau kalimat bahkan satu paragraph utuh atau lebih. Nah, apabila anda mengalami hal demikian, ada cara tercepat nya yakni dengan menekan tombol SHIFT+F3. Huruf –huruf yang sebelumnya telah Anda blok akan berubah setiap anda menekannya yaitu meliputi Huruf besar di bagian awal kalimat, huruf besar semua dan juga huruf kecil semua. Maka Anda perlu menggunakan langkah ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Berpindah secara cepat ke bagian yang sedang di kerjakan.

Pada saat membuka suatu dokumen, biasanya akan ada pemberitahuan yang menanyakan “apakah Anda ingin dibawa ke bagian terakhir yang sebelumnya anda kerjakan sebelum ditutup”. Apabila kotak dialog tersebut terlewat, Fitur alternatifnya adalah dengan memakai Shortcut SHIFT+F5 untuk bisa berpindah ke bagian akhir yang tadinya anda kerjakan. Cara ini bisa juga digunakan dalam situasi pada saat anda sedang mengerjakan bagian tertentu, kemudian menekan tombol page up keatas, lalu apabila anda ingin kembali ke bagian sebelumnya anda bisa menekan SHIFT+F5.

3. Melakukan Cut dan Paste secara Cepat.

Umumnya jika Anda ingin melakukan Cut dan paste adalah dengan cara memanfaatkan klik kanan pada mouse setelah memblok kata atau bagian tertentu. Namun, ada cara dari fitur yang menarik yakni supaya pekerjaan Anda lebih cepat yaitu memblok bagian yang anda inginkan, lalu menekan tombol CTRL+F3. Anda bisa menempelkan dengan cepat yaitu dengan menempatkan kursor pada tempat yang diingin, kemudian tekan CTRL+SHIFT+F3. Teks yang Anda Potong akan muncul. Fitur cara ini umumnya disebut “spike”.

4. Menulis di bagian mana saja pada Microsoft word dengan cepat.

Biasanya ketika akan menulis di Word, tulisan akan selalu dimulai dari sudut paling kiri atas, Namun dengan tahapan ini anda bisa menulis di bagian mana saja dengan mudah. Caranya cukup mudah yaitu double click pada bagian mana yang kamu inginkan pada dokumen word yang telah terbuka, Jadi Anda bisa memulai di tempat mana saja yang Anda inginkan.

5. Memilih bagian teks dengan cepat dan mudah.

Apabila Anda ingin mengolah suatu paragraph dengan cepat, ada cara jitu yang bisa anda gunakan untuk mengolah teks. Anda bisa untuk coba memblok paragraph tersebut dengan melakukan tiga kali klik berturut –turut atau triple-click pada paragraph yang Anda inginkan. Maka secara otomatis seluruh paragraph tersebut akan terblok. Anda bisa mulai mengatur keseluruhan isi paragraph.

Uraian diatas merupakan Tips dan langkah – langkah memanfaatkan fitur tersembunyi di Salah satu perangkat lunak computer yakni Microsoft Office dalam kehidupan sehari – hari. Semoga dengan informasi ini Anda bisa di bantu untuk mengoptimalkan pekerjaan dengan waktu yang relative singkat. Apabila ada rekan lainnya seperti rekan sekerja, rekan sekolah, Keluarga, sahabat, kerabat dan lain sebagainya membutuhkan informasi yang sama, yuk bagikan dan share ke mereka juga.

Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Jika kalian inggin mempelajari lebih jauh Tutorial tentang Microsoft Office bisa belajar dan berkunjung ke situs borneotutorials. Ada banyak Tips dan Trik untuk Belajar Word, Exel, Acces, Power Point mulai tingkat pemula sampai dengan tehnik yang lebih sulit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel