Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat PasFoto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 di Ms.Word dengan mudah

Microsoft Office adalah aplikasi yang memiliki banyak manfaat untuk Pekerjaan, mengedit sebuah gambar ataupun membuat sebuah Presentasi. Jika sobat menggunakan Komputer atau Laptop pasti menginstal aplikasi ini. Ada Ms.Word, Ms.Exel, Ms.Power Point, Ms.Publisher, Ms.Visio, Ms.Acces dan masih banyak lagi. Kali ini kita khusus membahas cara buat PasFoto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 di Ms.Word untuk melamar sebuah pekerjaan.

Ms Word sebenarnya bukan untuk mengedit ataupun mencetak sebuah Foto karena ada aplikasi Printer tersendiri atau sobat bisa juga menggunakan aplikasi Corel Draw dan Photo Shop. Aplikasi tersebut hanya beberapa orang saja yang bisa menggunakannya dan akhirnya untuk yang tidak paham lebih baik menggunakan Ms Word yang lebih mudah dan simpel. Tetapi terkadang ukuran foto yang kita buat asal saja (Kira kira saja).

Dengan tutorial yang dibuat mastimon.com ini mudah mudahan ukuran Foto yang akan kita cetak sesuai supaya cetak foto yang dihasilkan tidak sia sia. Pengalaman saya mencetak menggunakan Ms Word adalah menarik bagian ujungnya dan lalu kira kira saja ukurannya. Cara ini salah karena permintaan 2x3 dan yang tercetak adalah 3x4 atau terkadang tanggung diantara keduannya. Hasilnya saat digunakan tidak pas dan untuk memperkecilnya dilakukan pemotongan.

Ms.Office sendiri saat ini sudah support dan di gunakan oleh HP Android tetapi untuk melakukan pengeditan foto seperti ini sobat akan merasa kesulitan. Smartphone hanya digunakan untuk melihat data atau membaca sebuah informasi sedangkan untuk pengeditan dan pengetikan agak sedikit rumit. Tetapi untuk menambahkan Tulisan di Foto atau Gambar menggunakan Aplikasi Android bisa dilakukan dengan mudah.

Cara buat PasFoto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 di Ms.Word

Langkah 1 : Silahkan buka aplikasi Microsoft Office Word anda dan untuk menampilkan Fotonya ada 2 cara yaitu Klik Foto di folder dan tekan Ctrl+C dan masuk di halaman word tekan Ctrl+V maka foto akan ke paste. Cara lainnya yaitu klik Insert >> Picture >> Cari Foto di Folder >> Klik Foto >> Insert atau sobat bisa lihat gambar dibawah ini.

Langkah 2 : Untuk menentukan ukuran gambar yaitu klik Gambar >> Format >> Klik tanda panah di pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini. Akan ada menu yang tampil dan silahkan sobat isi Height (Untuk Tinggi) dan Width (Untuk Lebar). Tentukan ukuran yang inggin sobat gunakan seperti contoh 2x3, 3x4 dan 4x6.

Langkah 3 : Ini adalah langkah terakhir yaitu jika sobat sudah menentukan Tinggi dan Lebarnya maka foto atau gambar akan mengikuti sesuai ukuran yang sobat tentukan dan klik Close menu dibawah. Lakukan copy paste jika inggin memperbanyak foto dan jika sudah pas tinggal sobat Print dan selesai.

Lihat juga : Cara membuat Mail Merge di Microsoft Word dengan mudah untuk database cetak nama di stiker undangan atau bisa juga untuk membuat daftar nama Amplop Undangan dengan dengan database dan di cetak sekaligus. Program Mail Merge di Ms Word ini saya gunakan dengan berbagai macam pekerjaan seperti membuat database Kontrak, database Cuti Karyawan dan database Surat Undangan. Silahkan sobat coba jika tertarik.

Membuat PasFoto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 di Ms.Word sebenarnya cukup mudah tetapi jika kita tidak paham maka sulit untuk mengerjakannya. Ukuran Pas Foto tersebut biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan, keperluan membuat SIM, membuat KTP, Kartu Pengenal Siswa, Kartu Pengenal Perusahaan ataupun untuk memenuhi persyaratan administrasi Bank. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat buat sahabat sekalian, sekian dan terimakasih.