Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Optimasi Website WordPress

Mastimon.com - Siapa yang tidak mengenal WordPress? Rasanya hampir sebagian besar dari kita mengenalnya ya. Platform ini memang terkenal mudah digunakan, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya. Penggunanya bisa menggunakannya untuk keperluan membangun website pribadi, website perusahaan, website sekolah, hingga toko online.

Meski begitu, ternyata tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa website WordPress mereka tidak berjalan dengan optimal. Untuk itu perlu dilakukan optimasi agar website bisa berjalan lebih cepat dan tidak mempengaruhi pengunjung website yang ingin mendapatkan informasi.

Lalu bagaimana cara melakukan optimasi website WordPress? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Tips Optimasi Website WordPress


1. Memilih Layanan Hosting dengan Performa Tinggi

Hampir 50% kecepatan website bergantung pada layanan hosting yang kita gunakan. Semakin baik performa layanan hosting yang digunakan, semakin cepat pula kita dapat mengakses website tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih layanan hosting, antara lain:
  • Kredibilitas penyedia layanan hosting.
  • Kualitas server yang digunakan.
  • Teknologi server yang digunakan.
  • Resource setiap layanan.
  • Ulasan dari pengguna sebelumnya.
  • Kualitas pelayanan, dan lain sebagainya.

Hal-hal di atas bisa dijadikan dasar saat kita ingin memilih layanan hosting untuk website kita.

2. Menggunakan Layanan WordPress Hosting

Setelah menentukan layanan penyedia hosting, setelahnya pilih paket hostingnya. Karena kita sedang berbicara terkait website berbasis WordPress, ada baiknya jika kita menggunakan WordPress Hosting. Hal ini disarankan karena WordPress Hosting sengaja dibuat untuk website berbasis WordPress terlebih yang memiliki resource atau kebutuhan besar.

3. Menentukan Lokasi Hosting

Penentuan lokasi hosting ternyata penting untuk website WordPress yang lebih optimal. Oleh karena itu jangan lupa sesuaikan lokasi hosting dengan target pengunjung website sehingga pengunjung tidak berat dalam mengakses website. Lokasi hosting yang tidak sesuai bisa menyebabkan pengunjung akan lebih lama dalam mengakses server website yang kita gunakan.

4. Lakukan Optimasi pada tema Website

Saat membuat website, kita tentu ingin website kita dikunjungi oleh banyak pengunjung bukan? Salah satu hal yang bisa menarik minat pengunjung adalah tema yang terpasang pada website kita. Namun, alih-alih mendapatkan banyak pengunjung, kita tidak menyadari bahwa tema yang menarik tersebut justru bisa mempengaruhi kecepatan website kita.

Tema dengan banyak fitur dan pilihan memang dapat mempermudah proses pengaturan layout tetapi kabar buruknya adalah server dan browser juga akan bekerja lebih keras. Oleh karena itu, kita bisa memilih tema dengan opsi yang lebih sedikit namun dapat membantu website agar loading lebih cepat.

5. Memonitor Plugin yang Digunakan

Saat memiliki website, kita pasti ingin menggunakan beragam plugin yang tersedia agar website berjalan lebih optimal. Namun, apakah benar kita membutuhkan plugin-plugin itu? Pasalnya penginstalan banyak plugin bisa menyebabkan resiko buruk bagi website kita.

Saat ingin menginstal plugin, pastikan bahwa plugin tersebut telah dioptimasi untuk versi WordPress. Kita juga wajib melakukan research terhadap plugin yang akan kita pasang sehingga bisa meminimalisir keterlambatan kerja pada website. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update terhadap plugin agar website tetap berjalan dengan optimal.

6. Lakukan Optimasi Widget

Dalam membuat website, usahakan untuk menggunakan widget yang tidak berat sehingga tidak mempengaruhi loading. Lakukan juga update widget untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

7. Optimasi Gambar

Gambar merupakan hal yang penting saat kita memiliki website. Namun terkadang keberadaan gambar ini juga membuat website jadi berat dan mengalami penurunan kecepatan akses. Oleh karena itu kita perlu melakukan optimasi pada gambar.

Kita bisa melakukan pengompresan gambar sebelum mengunggahnya untuk mengantisipasi ukuran yang terlalu besar pada gambar. Kita juga bisa memilih format gambar terbaik untuk digunakan dalam website. Beberapa format gambar lebih mudah untuk digunakan, sementara beberapa format lainnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Sebagai contoh, SVGs memiliki ukuran file yang lebih sedikit, apalagi jika Anda optimasi untuk web dan kompresi dengan gZip.

8. Rutin Melakukan Maintenance WordPress

Untuk membuat website WordPress tetap optimal, jangan lupa untuk melakukan maintenance secara rutin. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar WordPress tetap optimal, di antaranya:
  • Selalu lakukan update terhadap WordPress dan plugin yang digunakan.
  • Hapus revisi postingan lama yang berpotensi menambah penuh penyimpanan.
  • Hapus komentar-komentar spam yang ada pada kolom komentar unggahan kita.

Nah, itulah tadi 8 tips yang bisa dipraktikkan untuk membuat website WordPress dapat bekerja dengan lebih optimal. Gunakan tips di atas jika dirasa website WordPress Anda sedang mengalami penurunan kinerja. Selamat mencoba! Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com