Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Cara Cepat Menghilangkan Watermark Foto di Photoshop dengan Mudah

Saat menggunakan sebuah aplikasi foto atau video, bisa jadi kita menemukan hasil editan tersebut memiliki watermark. Atau pada saat kita ingin mengambil sebuah gambar atau foto dari sumber tertentu, di dalam foto tersebut ada watermark nya juga. Lantas, adakah cara cepat untuk menghilangkan watermark foto di Photoshop dengan mudah?

Ya, watermark atau logo bawaan dari aplikasi seringkali diterapkan untuk menunjukkan bahwa foto atau video tersebut memiliki hak cipta. Inilah yang juga banyak digunakan oleh Fotografer. Sehingga banyak orang akhirnya semakin sadar akan adanya hak cipta yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan sebuah foto atau gambar orang lain.

Apakah ini berarti kalau kita ingin gambar atau foto tanpa tanda air atau logo, kita harus mengambil gambar atau memotret foto sendiri? Tidak demikian, Anda tetap bisa mengambil dan mengedit foto tanpa watermark. Anda bisa menghilangkan watermark tersebut dengan beberapa langkah mudah menggunakan software edit foto terkenal yakni Photoshop.

Penasaran, bagaimana sih cara cepat menghilangkan watermark foto di Photoshop dengan mudah? Yuk simak cara menghapus watermark foto di bawah ini.

Simak Cara Cepat Menghilangkan Watermark Foto di Photoshop dengan Mudah


Sebelum mengulas tentang cara menghilangkan watermark di Foto, bagi Anda yang belum tahu apa itu Watermark? Serta apa fungsi dan pentingnya watermark yang patut kita ketahui? Kita perlu membahasnya terlebih dahulu.

Watermark sendiri sesuai yang sudah disinggung sedikit diawal merupakan tanda air atau tanda berupa tulisan yang melekat pada sebuah foto, gambar atau video. Tanda tersebut menjadi bukti untuk memperlihatkan bahwa foto tersebut adalah milik seseorang atau memiliki hak cipta. Adanya watermark ini dapat menghindarkan adanya klaim hak cipta milik orang lain.

Oleh sebab itu, sejauh ini kita bisa memahami kalau keberadaan watermark sebenarnya sangat penting bagi para pembuat foto atau fotografer sebagai cara untuk melindungi hak ciptanya. Oleh sebab itu, pada umumnya menghilangkan watermark tidak disarankan. Namun, jika hanya digunakan untuk tujuan pribadi tanpa memiliki maksud mendapat komersil dari foto tersebut, lebih baik untuk meminta izin pada si pemilik foto.

Nah, untuk cara menghilangkan watermark foto dengan Photoshop yang mudah dan cepat adalah seperti langkah langkah berikut ini :
  • Pertama tama, silahkan untuk mendownload dan menginstal aplikasi Photoshop di Windows Anda terlebih dahulu, jika Anda belum memilikinya.
  • Jika sudah berhasil menginstal aplikasi Photoshop, Anda bisa langsung membuka dan menjalankannya.
  • Pada menu awal, Photoshop Anda bisa memilih menu “File” lalu pilih “Open”.
  • Sampai sini, Anda akan diminta untuk memilih foto atau gambar mana yang ingin dihilangkan watermark nya.
  • Setelah selesai memilih, jangan lupa klik “Open” untuk mulai mengedit gambar atau foto
  • Alihkan perhatian Anda pada bagian sisi kiri layar, dimana Anda akan menemukan berbagai macam alat yang dapat digunakan. Untuk memulai mengedit, silahkan pilih tool “Magic Wand
  • Lalu Anda bisa mengatur tingkat toleransinya menjadi lebih kecil kira kira 15 pixels. Namun, Anda bisa mengecilkannya lagi apabila Magic Wand masih menyeleksi area luar dari watermark.
  • Selanjutnya, Anda bisa klik bagian area dalam watermark supaya tool Magic Wand akan menyeleksi watermark tersebut dengan tanda garis putus putus. 
  • Tekan tombol “Shift” di keyboard dan teruskan dengan melanjutkan area lain pada watermark.
  • Setelah semua area watermark berhasil terpilih, silahkan tekan tombol “Alt” dan klik area untuk menghilangkannya dari daerah seleksi.
  • Sampai sini, jika semua watermark terpilih, klik “Select” lalu “Modify” lalu “Expand by” lalu “OK” untuk memperluas daerah seleksi. Setelah ini Anda bisa klik “Edit” lalu “Fill” lalu “Content Aware” dan “OK” untuk mengisi watermark dengan gambar sekitarnya.
  • Untuk memperbaiki perubahan yang terjadi, Anda bisa menggunakan tool “Clone Stamp
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan kuas beserta tingkat kekerasannya. Kemudian tekan dan tahan tombol “Alt” dan klik area yang berantakan sekaligus
  • Jika sudah merasa puas dengan hasil yang Anda buat, Anda bisa menyimpan foto tersebut dengan cara pilih menu “File” lalu “Save as” dan beri nama pada foto tersebut. Terakhir klik format “JPG” dan “Save”.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara cepat menghilangkan watermark foto di Photoshop dengan mudah. Anda bisa langsung mempraktikkannya sesuai dengan kebutuhan. Jangan ketinggalan juga informasi lainnya seputar teknologi, informasi pengetahuan dan wisata terbaru di Newsriau.com

Anda mungkin berpikir bahwa memang tidak sulit menghapus watermark jika letaknya tidak rumit, namun bagaimana kalau letak watermarknya rumit? Anda bisa menggunakan tips dan trik diatas untuk memanfaatkan aplikasi canggih yang mampu menghapus watermark tersebut secara ampuh. Anda yang sudah terbiasa menggunakan Photoshop, jangan sampai ketinggalan memanfaatkan kelebihan dari software terbaik ini. Semoga bermanfaat.