Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Rekomendasi Pantai Paling Cocok Buat Healing

Penat dengan pekerjaan di kantor yang terus menggunung seolah tidak ada habisnya? Sebelum mood berubah jadi semakin jelek dan malah kehilangan motivasi serta kreativitas, ada baiknya kalau kalian mencoba untuk ambil jeda. Berhenti sejenak, sekadar istirahat sambil melakukan hobi baru atau berlibur bersama keluarga.

Faktanya, mengistirahatkan pikiran dari rutinitas sehari-hari bisa menyehatkan fisik maupun mental loh. Pilihan liburan jaman sekarang pun bervariasi, enggak perlu sampai ke luar negeri. Percaya deh, destinasi wisata dalam negeri keindahannya bisa diadu dengan yang ada di luar sana.

Salah satu wisata yang cocok banget buat menurunkan level stress adalah wisata bahari. Udah tahu kan yang dimaksud dengan Wisata Bahari itu apa? Itu adalah seluruh kegiatan yang bersifat rekreasi yang aktivitasnya dilakukan pada media kelautan atau bahari dan meliputi daerah pantai, pulau-pulau sekitar, serta kawasan lautan dalam pengertian pada permukaannya; dalamnya, ataupun pada dasarnya termasuk didalamnya.

Jika kalian merasa bahwa snorkeling atau berselancar terlalu menantang, menikmati suasana pantai bisa menjadi pilihan terbaik. Sebagai negara kepulauan, negara yang kita cintai ini punya banyak sekali pantai eksotis yang sayang untuk dilewatkan. Coba cek yuk, kira-lota ada pantai apa saja ya?

1. Pantai Losari, Makassar


Ngobrolin wisata alam yang terdapat di kota terbesar di Pulau Sulawesi ini memang tidak akan ada habisnya. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau kota Makassar memiliki destinasi wisata yang sangat banyak baik, terutama pantai-pantainya.

Oleh karena itu, memesan sebuah hotel di Makassar adalah pilihan tepat jika kalian memang berniat untuk eksplorasi secara menyeluruh. Beberapa rekomendasi pantai yang bisa dikunjungi antara lain adalah Pantai Losari, yang lokasinya cukup dekat dengan pusat kota.

Selanjutnya ada Pantai Kuri Indah, terkenal karena keberadaan hutan Mangrove-nya. Kemudian ada juga pantai Akkarena, Pantai Galesong, Pantai Gusung Indah, dan tentu saja Tanjung Bira. Yang terakhir disebut memang cukup jauh, sekitar 200 km dari Makassar. Tapi keindahan pantai ini betul-betul tidak terlupakan.

2. Pantai Senggigi, Lombok

Saking banyaknya, tidak heran kalau Provinsi Nusa Tenggara Barat disebut sebagai Provinsi seribu pantai. Hampir di setiap Kabupaten yang ada di Provinsi tersebut memiliki pantai. Salah satunya adalah Kabupaten Lombok. Tapi sejak tahun 2022, Lombok juga punya destinasi wisata kebanggaan lain yakni Sirkuit Internasional Mandalika.

Di sirkuit itu, banyak pembalap internasional yang datang untuk bertanding berbagi snapgram mereka tentang keindahan Lombok. Mereka bermain di pantai, menyantap makanan khas, serta menikmati betul kehidupan di sana.

Selain Pantai Senggigi, beberapa rekomendasi pantai indah lainnya adalah Pantai Tanjung Bango, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Semeti, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gili Trawangan.

3. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Bagi kalian yang ingin berwisata di Pulau Jawa, pantai-pantai yang berada di Provinsi Jawa Barat bisa menjadi pilihan. Pantai yang paling terkenal adalah Pangandaran. Tidak heran setiap momen liburan, hotel di Pangandaran selalu penuh.

Pangandaran memang menjadi objek wisata andalan keluarga. Posisinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, dengan hamparan pasir hitam serta pasir putih merupakan magnet tersendiri. Apalagi jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Hanya sekitar 222km saja dari kota Bandung, ibukota Provinsi Jawa Barat.

4. Raja Ampat, Papua

Indonesia bagian timur bisa dibilang adalah surga wisata bahari. Kawasan Raja Ampat terutama, sudah terkenal oleh turis mancanegara maupun lokal. Meskipun terbilang jauh dan harganya cukup menguras kantong, wisata di sana tak pernah kekurangan peminat.

Raja Ampat sesungguhnya merupakan Kabupaten yang tergabung di dalam Provinsi Papua Barat. Kabupaten ini memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Selain itu ada juga 1.847 pulau kecil yang ada di Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat memiliki terumbu karang yang sangat melimpah. Dan ini menjadi tempat tinggal bagi aneka biota laut lain. Selain itu, tercatat ada kurang lebih 75% spesies karang, 1.318 jenis ikan, dan 699 mollusca.

Keberadaan aneka biota laut tersebut tak ayal membuat pelancong ingin melihat langsung keindahannya dengan cara menyelam.

Nah, ternyata banyak banget ya spot-spot pantai yang seru dan menarik untuk dikunjungi. Jadi makin pengen buat jalan-jalan kesana kan? Makannya, coba buka Traveloka deh. Di sana ada banyak sekali rekomendasi hotel, resort, transportasi, rekomendasi, pokoknya lengkap!