Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ngabuburit Artinya Apa Lengkap Asal Usul dan Sejarahnya

Saat bulan Ramadhan, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Ngabuburit. Kata ini sudah menjadi istilah yang identik dengan bulan puasa. Namun, apakah Anda tahu ngabuburit itu apa? Kepanjangan dari apa? Dan berasal dari mana? Kalau belum sebaiknya mari mengenal Ngabuburit artinya apa, lengkap dengan asal usul dan sejarahnya.

Ngabuburit sendiri merupakan kegiatan selama bulan Ramadhan atau tradisi yang selalu dilakukan untuk menunggu waktunya berbuka puasa. Umumnya diisi dengan kegiatan seperti berburu takjil, melakukan berbagai kegiatan sosial atau hanya sekedar membuat acara kumpul kumpul bersama keluarga, kerabat atau para sahabat sebelum buka puasa. Kegiatan kegiatan tersebut seringkali disebut sebagai kegiatan Ngabuburit.

“Ayo kita Ngabuburit!” Atau “Ngabuburit sore ini kalian ngapain dan kemana?” Pertanyaan pertanyaan ini umumnya akan sering kita temui selama bulan puasa. Nah, jangan hanya ikut ikutan saja, coba deh cari tahu apa sih sebenarnya arti dari Ngabuburit itu? Asal usul nya dari mana? Mengapa kegiatan kegiatan sebelum buka puasa tersebut cocok disebut sebagai kegiatan Ngabuburit? Tentu saja ada alasan dan sejarahnya loh.

Mau tahu lebih lanjut tentang istilah “Ngabuburit”? Yuk mengenal Ngabuburit artinya apa lengkap asal usul dan sejarahnya di bawah ini. Silahkan disimak.

Mengenal Ngabuburit Artinya Apa Lengkap Asal Usul dan Sejarahnya


Apa itu Ngabuburit?

Sesuai dengan yang sudah disinggung sedikit diatas, secara sederhana Ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan ini sangat populer oleh berbagai kalangan, khususnya untuk anak muda yang ingin mengisi waktu supaya tidak terlalu lama menunggu waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Hasilnya ini menjadi salah satu tips supaya puasa penuh.

Asal usul dan Sejarah Ngabuburit

Nah, penggunaan kata “Ngabuburit” ini sendiri berasal dari bahasa Sunda. Kalau kita melihat kamus bahasa Sunda, kata tersebut berasal dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit". Nah, kata Ngabuburit memiliki kata dasar “Burit” yang berarti sore hari.

Sehingga kalau diartikan kalimat tersebut memiliki arti bersantai sambil menunggu waktu sore hari. Dan memang kegiatan ini dilakukan pada sore hari untuk menunggu waktunya berbuka puasa. Dari sinilah istilah Ngabuburit kemudian populer digunakan sebagai istilah untuk menyebut kegiatan kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Namun, tahukah Anda, di Indonesia sendiri tidak semua daerah menggunakan istilah “Ngabuburit” loh. Di beberapa daerah lain seperti daerah Minang menggunakan istilah “malengah puaso” untuk menyebut kegiatan sebelum berbuka tersebut.

Tradisi Ngabuburit di Indonesia

Di Indonesia, Ngabuburit banyak dilakukan dengan berbagai kegiatan yang seru. Menjelang sore hari di bulan Ramadhan, anak anak, anak muda, orang tua dan lain sebagainya melakukan rencana untuk Ngabuburit. Misalnya dengan berburu aneka takjil di pasar, mengikuti acara pesantren, melakukan kegiatan sosial sampai dengan berwisata dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata religi.

Tidak hanya itu, tradisi Ngabuburit di Indonesia juga mengalami perkembangan. Sekarang ada juga orang orang yang Ngabuburit dengan cara yang lebih modern. Beberapa diantaranya adalah seperti menonton pertunjukan musik, berkumpul bersama teman teman atau keluarga di suatu tempat, bercengkerama, jalan jalan ke taman, mendatangi pasar kuliner atau melakukan kegiatan seru lainnya.

Di Indonesia, sudah ada banyak tempat yang difavoritkan untuk Ngabuburit. Misalnya kalau jalan jalan ke kota Jakarta, Anda bisa Ngabuburit ke Pusat jajanan pasar bendungan hilir yang selalu ramai menjelang sore hari sebelum waktunya berbuka puasa. Kegiatan kegiatan lainnya yang juga populer adalah Jogging di Stadion Gelora Bung Karno, berburu takjil di Masjid Istiqlal, Kawasan Kota Tua dan masih banyak lagi. Di berbagai daerah daerah lain juga tidak kalah menarik.

Demikianlah informasi terbaru yang membantu Anda untuk mengenal Ngabuburit itu artinya apa lengkap dengan asal usul dan sejarahnya yang patut Anda ketahui. Ngabuburit bukannya hanya istilah yang lagi trend atau viral tetapi sudah merupakan suatu tradisi yang sudah erat kaitannya selama bulan Ramadhan. Jangan ketinggalan informasi serupa dan berbagai informasi lainnya di masadi.id

Kini kita sudah paham dan kenal apa itu Ngabuburit yang sering kita dengar selama masa bulan Puasa. Jadi Anda tidak hanya sekedar ikut Ngabuburit saja, namun sudah mengerti atau paham maksud dari Ngabuburit itu sendiri. Inilah bagaimana istilah Ngabuburit muncul dan terus ada hingga kini. Semoga bermanfaat.