5 Tips Agar Kamu Bisa Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh

5 Tips Agar Kamu Bisa Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh

5 Tips Agar Kamu Bisa Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh

Bulan puasa hanya tinggal hitungan hari, pasti kamu sudah lama menunggu bulan yang suci dan penuh pahala ini.

Biasanya orang senang dengan bulan puasa itu ada banyak faktornya, tetapi yang paling banyak diidamkan orang pada bulan puasa adalah pahala yang berlimpah.

Dibulan puasa segala kebaikan yang kamu lakukan akan diganjar dengan pahalanya akan berlipat ganda, maka dari itu orang - orang berlomba untuk beramal selama bulan puasa.

Biasanya mereka akan mengadakan buka bersama atau bukber bersama anak yatim atau mungkin mereka akan mengumpulkan sumbangan terhadap orang - orang yang membutuhkan.

Hal itulah juga yang membuat saya senang saat bulan puasa tiba, tetapi ada satu hal yang yang banyak dihiraukan orang padahal hal tersebut adalah Inti dari Bulan Ramadhan.

Yaitu adalah "Berpuasa", memang benar dibulan puasa orang berlomba - lomba berbuat amal tetapi mereka seakan lupa apa inti dari Bulan Ramadhan sehingga mereka menghiraukannya begitu saja.

Berbuat baik memang tidak salah, tetapi kamu juga harus barengi dengan Berpuasa karena itulah inti dari Bulan Ramadhan.

Karena hal itu sama seperti kamu datang kesebuah konser tetapi kamu hanya tiduran saja selama acara berlangsung dan kamu tidak mendapatkan apapun.

Untuk apa kamu datang kekonser hanya untuk tidur padahal kamu bisa lakukan dirumah, itu sama seperti untuk apa kamu berbuat kebaikan tanpa berpuasa padahal kamu bisa lakukan dibulan - bulan lainnya.

Jadi untuk mencegah kamu tidak berpuasa saya memberikan kepada kamu beberapa tips agar kamu bisa menahan nafsu kamu selama puasa berlangsung.

Cara Agar Bisa Berpuasa Sebulan Penuh

1. Cobalah Berlatih Sebelum Bulan Puasa

Jika kamu adalah orang yang memang sangat sulit untuk berpuasa maka hal ini harus kamu lakukan agar saat bulan puasa tiba kamu sudah siap.

Kamu bisa mulai dengan berpuasa beberapa jam, setelah seminggu naikkan jadi setengah hari, lalu seminggu lagi naikkan jadi satu hari full.

Agar cara ini berhasil kamu harus rutin melakukannya, misalnya tiga hari sekali, dua hari sekali, ataupun setiap hari kamu lakukan jika kamu bisa.

Karena kalau kamu melakukannya tidak rutin maka efeknya hanya sedikit bahkan tidak ada, jadi selain belajar berpuasa kamu disini juga belajar untuk disiplin.

2. Lakukan Karena Niat Bukan Terpaksa

Saya yakin bahwa sesuatu yang dilakukan karena terpaksa hanyalah sia sia, karena hal tersebut tidak akan berhasil dan kalaupun berhasil hanya akan sementara.

Jadi cobalah untuk mengumpulkan niat terlebih dahulu, agar apa yang kamu lakukan memang kamu lakukan karena kamu digerakkan oleh hati.

Karena segala sesuatu yang kamu lakukan karena berdasarkan hati kamu, maka hal tersebut akan selalu berhasil dan berlangsung secara permanen.

3. Berdoa Terlebih Dahulu

Pasti kamu juga tahu kekuatan sebuah doa begitu besar, bahkan bisa membuat hal yang tampak tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Maka dari itu ada baiknya sebelum melaksanakan ibadah puasa, kamu berdoa dahulu kepada Tuhan agar kiranya Tuhan menjaga kamu berpuasa selama sebulan penuh.

Agar kiranya semua yang kamu lakukan selalu ada Tuhan disampingmu, menjagamu, dan menjauhkanmu dari hal - hal yang bisa membuat puasa kamu batal.

Karena kalau sekali Tuhan sudah mengatakan 'YA' maka siapapun juga tidak akan bisa mengatakan 'TIDAK', sekali Tuhan katakan 'Kamu Pasti Bisa Puasa Sebulan Penuh' maka tidak akan ada yang bisa membantah.

4. Jauhkan Hal - Hal Yang Bisa Membatalkan Puasamu

Ini adalah salah satu hal yang paling sering membuat puasa seseorang batal, dan bukan hanya batal satu hari tapi bisa sampai sebulan full batal.

Contohnya, ketika kamu sedang puasa tetapi kamu malah pergi kesebuah kafe walaupun niat awal hanya untuk sekedar ngobrol tetapi karena kuatnya godaan akhirnya kamu pun takluk oleh nafsu.

Saran saya kepada kamu agar kamu menjauh dari hal - hal yang berpotensi membatalkan puasa kamu, bahkan jika teman - teman kamu juga berpotensi membatalkan puasa kamu sebaiknya kamu jaga jarak dari mereka.

5. Motivasi Dirimu Sendiri

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memotivasi dirimu sendiri dan cara ini banyak dilakukan oleh orang lain dan terbukti berhasil.

Caranya adalah dengan kamu memotivasi dirimu dengan berkata "Satu Hari Lagi" setiap hari selama sebulan agar otak kamu terstimulasi untuk berusaha lebih keras "Satu Hari Lagi".

Contohnya, ketika kamu sudah selesai puasa hari ini, kamu katakan pada diri kamu "Usaha Satu Hari Lagi Puasa", ketika puasa besok sudah selesai ulangi lagi hal tersebut sampai full satu bulan.

Mungkin cara ini terlihat sepele buat kamu, tetapi cara ini sudah diakui oleh orang - orang besar yang ada di dunia, dan mereka juga sering menggunakan cara ini dalam pekerjaannya.

Jika kamu bisa melakukan ke-5 hal yang saya sebutkan diatas saya bisa menjamin tingkat keberhasilan puasa kamu akan meningkat drastis bahkan sampai 100%.

Mudah - mudahan apa yang saya tuliskan diartikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang membaca.

Jika ada kesalahan atau jika ada masukan jangan ragu untuk memberitahukannya melalui kolom komentar yang ada dibawah.

Penulis Artikel : Domarsma.Com
Buka Komentar