Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Selama bulan puasa, tidak lepas dengan yang namanya kuliner khas di bulan Ramadhan. Aneka jenis olahan makanan tertentu menjadi menu yang wajib untuk sahur, buka puasa sampai dengan lebaran. Aneka minuman segar juga tidak kalah menarik. Beberapa diantaranya sudah menjadi menu favorit dengan rasanya yang nikmat, segar dan menyehatkan sebagai pilihan utama.

Di Indonesia sendiri lebih menyukai minuman buka puasa dengan rasa yang manis dan segar sebagai menu takjil untuk buka puasa. Pada saat menjelang waktunya berbuka, sudah menjadi hal yang umum kita dapat temui ramai para penjual minuman takjil di pinggir jalan. Beberapa nama minuman ini bahkan sudah populer menyandang sebutan minuman buka puasa wajib. Manakah yang menjadi favorit Anda?

Meskipun banyak orang menjual aneka jenis minuman di bulan puasa, bagi Anda penyuka minuman manis nan segar dapat membuatnya sendiri dirumah. Bukannya sulit, cara membuatnya mudah bahkan cepat. Berbagai resep dan bahan bisa dengan mudah Anda temui di internet atau aplikasi kuliner. Tertarik? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak deretan nama minuman rekomendasi untuk buka puasa Anda yang nikmat. Silahkan disimak.

Minuman Segar Untuk Buka Puasa

1. Air Kelapa

Sajian minuman pertama untuk buka puasa dalam daftar ini adalah air kelapa. Anda pastinya sudah tidak asing dengan minuman yang satu ini. Selain dikenal sebagai minuman yang menyegarkan, minuman ini juga menyehatkan. Air kelapa sendiri berkhasiat untuk mencegah adanya dehidrasi tubuh dan mampu mengisi kembali elektrolit yang hilan selama menjalani puasa.

Beragam nutrisi lainnya yang turut terkandung adalah magnesium, natrium, kalium, mangan, kalsium sampai dengan vitamin C. Kalium yang ada di dalamnya adalah salah satu mineral yang sangat penting supaya fungsi tubuh bisa bekerja dengan baik, mengurangi resiko kram serta menjaga keseimbangan elektrolit yang ada dalam tubuh.

2. Jus Buah

Jus Buah adalah minuman sehat untuk berbuka puasa. Sebagaimana yang kita ketahui buah buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk mengatasi permasalahan dehidrasi yang umumnya kerap terjadi selama bulan puasa. Beberapa diantara buah yang direkomendasikan adalah melon dan semangka untuk dijadikan jus buah.

Kedua buah tersebut memiliki kadar air yang tinggi yang mampu mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang selama berpuasa. Selain itu, alpukat dan pisang juga baik karena mengandung kalium untuk keseimbangan eletrolit. Hanya saja pastikan untuk tidak menambahkan gula supaya kadar gula Anda tidak melonjak tajam.

3. Yoghurt

Mengonsumsi minuman Yoghurt pada saat buka puasa akan membuat proses pengenalan kembali makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi mudah dicerna. Di sisi lain, yoghurt bisa mengisi kembali cairan tubuh yang telah hilang selama tubuh tidak mengonsumsi apapun seharian. Minuman dengan bahan utama susu ini juga akan menjadi sumber prebiotik atau bakteri yang baik. Karena inilah yoghurt bermanfaat meningkatka kesehatan pencernaan selama bulan puasa.

4. Es Campur

Sesuai dengan nama yang dimilikinya ini, Anda pasti sudah tahu menu yang satu ini adalah campuran dari es batu dnegan buah buahan yang beraneka ragam. Buah buahan yang biasanya selalu ada di es campur adalah mangga, kelapa muda, pepaya, nangka hingga pelengkap lainnya seperti agar agar, kolang kaling dan tambahan susu kental manis. Bisa bayangkan seberapa segarnya berbuka dengan es campur.

Banyak orang sudah menjadikan minuman ini sebagai minuman favorit untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar dengan tampilan cantik warna warni membuatnya sebagai minuman yang wajib di santap untuk buka puasa.

5. Es Dawet

Es Dawet memiliki ciri khas rasa yang begitu segar dan legit. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsinya juga mampu mengenyangkan loh. Cocok juga digunakan sebagai menu minuman pelepas dahaga saat berbuka puasa. Tidak mudah untuk menemukannya baik saat bulan puasa atau moment lainnya di warung pinggir jalan. Minuman ini sangat nikmat karena disajikan dingin.

6. Es Cincau

Es cincau adalah menu minuman yang direkomendasikan untuk disantap saat berbuka puasa. Bukan hanya karena sensasi menyegarkan yang akan di dapat melainkan ada sejumlah manfaat lainnya. Misalnya karena es cincau umumnya terbuat dari cincau hijau atau cincau hitam yang dicampur dengan santan dan gula merah maka bisa berkhasiat untuk kesehatan loh.

7. Sop Buah

Menu buka puasa yang sehat ini bisa disesuaikan dengan selera. Karena ada banyak buah yang bisa Anda santap sekaligus dalam satu menu sop buah, Anda memilih ragam buah kesukaan Anda. Dengan aneka buah yang sehat yang ditambah dengan susu kental manis dan air yang cukup, maka rasa dan sensasi yang diberikan adalah nikmat dan lezat. Di tambah dengan es batu akan membuat Anda merasa segar ketika berbuka puasa.

8. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo adalah kuliner dan makanan khas dari Sulawesi Selatan. Komposisinya sendiri terdiri dari potongan buah pisang yang dilapisi dengan adonan tepung berwarna hijau. Selanjutnya dicampur juga dengan sirup, santan, vla atau bubur sumsum. Anda bisa bayangkan hasil rasa yang diciptakan adalah gurih, manis dan menyegarkan kala buka puasa.

9. Es Selendang Mayang

Es Selendang mayang adalah minuman favorit yang asalnya dari Jakarta. Mungkin beberapa diantara Anda yang berada di wilayah lain belum terlalu mengenal minuman satu ini. Es Selendang mayang terbuat dari bahan tepung hunkuwe yang dicampur menggunakan air serta sagu tani. Menu kuliner ini juga sangat menyegarkan sebagai rekomendasi minuman buka puasa terbaik.

10. Es Oyen

Mungkin sekilas Anda perhatikan, es oyen ini mirip dengan es campur. Namun, ada perbedaannya yang bisa Anda temukan. Perbedaan tersebut bisa Anda lihat pada isi yang ada di dalamnya. Isi es oyen sendiri terdiri dari aneka buah buahan, jagung manis, susu kental manis serta daging duren sebagai toppingnya. Minuman yang berasal dari kota Bandung ini memiliki aroma yang harum dan sangat menggoda selera Anda.

Lihat Juga : ridwanesia.id | Wadah informasi Teknologi, Tips & Trik, serta informasi Hobbies dan lainnya yang tidak terbatas.

Uraian diatas adalah daftar nama minuman yang terkenal dan wajib Anda coba selama bulan Ramadhan. Beberapa menu terbaik ini bisa menjadi referensi pilihan menu yang bervariasi untuk menemani pekan bulan puasa Anda. Ada menu minuman yang disukai untuk anak anak, orang dewasa, orang tua dan bahkan untuk semua kalangan.

Selain rasanya yang lezat, bahan alami yang digunakan seperti minuman dengan buah, sari buah, ekstrak sayur dan lain sebagainya bisa memberikan kekuatan dan kesehatan di bulan puasa dengan baik. Dengan demikian juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral yang cukup selama bulan Puasa. Anda tidak akan mudah sakit dengan mengonsumsi minuman yang sehat dan menyegarkan. Semoga bermanfaat.