Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer

Mastimon.Com - Tahukah Anda ada beragam tools Photoshop yang sering digunakan fotografer masa kini? Sebagai seorang fotografer sudah sepatutnya memahami dasar-dasar dalam mengedit gambar yang diambil. Photoshop sendiri merupakan software yang dipilih oleh kebanyakan fotografer dalam memodifikasi foto secara profesional. Dalam dunia fotografer, program pengolah gambar berbasis bitmap ini tidaklah asing. Apalagi foto yang dihasilkan terlihat berkualitas tinggi.

Belajar Tools Photoshop

Selain hasil yang memiliki kualitas tinggi, photoshop juga dibekali dengan efek dan tool yang lengkap untuk mengolah gambar bidikan sederhana maupun yang sulit sekalipun. Lengkapnya fitur tersebutlah yang menjadikan Photoshop makin digemari oleh desainer grafis masa kini. Dari deretan tools yang ada di dalam Photoshop, menariknya ada beberapa tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer.

Menggunakan Selection Tools

Di dalam mengedit gambar melalui Photoshop seorang Fotografer biasanya menggunakan dua cara pengeditan. Cara tersebut yaitu pengeditan menyeluruh atau secara global dan pengeditan lewat penyeleksian atau selection. Untuk mendapatkan editan yang maksimal diperlukan proses seleksi non global terlebih dahulu. Cara seperti sini memungkinkan Fotografer untuk memilih area mana yang akan diedit. Selection tools dibagi menjadi 3 sub tools.

1. Move Tool

Move Tool menjadi salah satu tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer. Sesuai namanya, alat tersebut digunakan untuk mempermudah pemindahan posisi layer dalam satu atau beragam gambar. Baca Juga : Cara menambah Teks di PhotoShop.

2. Marquee Tool

Tool yang satu ini hampir sama fungsinya dengan magic tool serta lasso tool pada Photoshop. Bahkan penggunaannya sering bersamaan. Fungsinya ialah mempermudah pembuatan area seleksi, meng-copy, menghapus foto hingga mewarnai gambar.

Menggunakan Filter Tools

Selain selection tools masih ada tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer profesional masa kini. Tools yang satu ini biasanya diterapkan pada tahapan terakhir pada editing foto lewat Photoshop. Filter Tools menjadi alat edit foto yang tidak dapat ditinggalkan karena memberikan efek yang beragam pada foto. Di dalam Filter Tools terdapat sub tool yang biasa digunakan.

1. Camera Raw

Tool ini dimanfaatkan untuk mengedit gambar di camera raw. Umumnya, format foto yang edit pada menu tool ini adalah raw. Sehingga foto terbuka secara otomatis. Baca Juga : Cara merubah Foto berwarna menjadi hitam putih.

2. High Pass

High Pass Tool digunakan untuk memberikan efek yang tajam pada gambar. Fotografer yang kurang menyukai penggunaan unsharp mask bisa menggantinya dengan fitur High Pass.

3. Reduce Noice

Tool Reduce Noice digunakan dengan tambahan filter Gaussian Blur dan Radial Blur. Ketiga tools tersebut dimanfaatkan untuk mengurangi noise hingga menajamkan gambar. Sementara Gaussian Blur dan Radial Blur dapat memberikan efek buram foto.

Menggunakan Adjustment Layer Tools

Sebenarnya ada dua jenis Adjustment Layer Tools pada Photoshop untuk mengedit gambar. Keduanya yaitu Adjustment Menu Image dan Adjustment Layer. Pada pilihan pertama, biasanya efeknya hanya pada satu layer saja yang dapat dipilih. Sementara pada Adjustment Layer Tools Anda dapat membuat layer masking baru untuk diedit kembali. Berikut tools Photoshop yang sering digunakan fotografer lewat fitur Adjustment Layer.

1. Gradient Map

Tool ini digunakan untuk mengkonversi foto menjadi hitam putih. Salah satu keuntungan menggunakan tool Gradient Map ialah gradiasi hitam putih pada foto tampak kuat sekali. Baca Juga : Cara buat Spanduk dengan PhotoShop.

2. Vibrance

Meskipun pada fitur Adjustment Layer ada banyak tool pilihan namun Vibrance menjadi pilihan kebanyakan Fotografer. Vibrance dipilih untuk menaikkan dan menurunkan saturasi warna foto.

Pada dasarnya semua fitur Photoshop dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil gambar yang diedit. Dari ragam fitur yang disediakan, Fotografer justru lebih mudah memilih mana tools yang lebih dibutuhkan dan memberikan efek terbaik pada foto. Anda pun dapat mengikuti langkah para fotografer untuk mendapatkan hasil editing gambar yang baik. Termasuk memilih tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer di atas.

Itulah beberapa Tools yang biasa digunakan oleh seorang Fotografer yang bisa kalian coba. Kalian bisa juga belajar beberapa tips Photoshop terbaru di blog fatyanid.com.