google-site-verification=F8N3cuIuP1izYzD9GCMt7hton0Dy0ydeD4gE6n4VFio Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Memperoleh Tubuh Bugar di Pagi Hari - mastimon.com Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Memperoleh Tubuh Bugar di Pagi Hari - mastimon.com -->

Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Memperoleh Tubuh Bugar di Pagi Hari

Tubuh yang bugar di pagi hari adalah keinginan semua orang. Namun, tidak semua orang bisa merasakan bugar di pagi hari. Mengapa? Salah satu penyebabnya adalah pola tidur yang berantakan seperti begadang sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Oleh sebab itu, dari sekarang Anda perlu tahu cara memperbaiki jam tidur untuk memperoleh tubuh bugar dan sehat di pagi hari.

Beberapa orang mungkin merasa sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Ada yang memiliki masalah sulit tidur meskipun sudah berusaha memejamkan mata. Apakah Anda juga demikian? Sebenarnya cara mengatasi kesulitan tidur dapat dimulai dengan cara yang sederhana loh. Mungkin saja faktor penyebab susah tidur Anda adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebelum tidur.

Berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur. Apabila pola tidur sudah kacau dan berantakan maka sudah pasti Kesehatan tubuh juga akan menurun. Akibatnya Anda akan lebih mudah sakit, tidak bugar, malas melakukan aktivitas sehingga tidak produktif. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kenali penyebabnya dan coba perbaiki.

Sebagai berikut kita akan membahas cara dan tips memperbaiki jam tidur sebagai salah satu faktor untuk memperoleh tubuh yang bugar di pagi hari. Mari simak.

Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Memperoleh Tubuh Bugar di Pagi Hari


1. Tidak menggunakan perangkat elektronik

Sebagian orang khususnya anak muda menyukai kegiatan bermain perangkat elektronik. Bahkan dalam kehidupan mereka, pemanfaatan teknologi perangkat elektronik sudah menjadi bagian yang tidak boleh ketinggalan. Sebenarnya menggunakan perangkat elektronik seperti HP Android atau Smartphone memiliki banyak manfaat, namun jika terus digunakan bahkan sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur loh.

Mengapa perangkat elektronik dapat mengganggu kualitas tidur? Karena perangkat elektronik bisa membuat kita ketagihan sehingga akhirnya menunda nunda waktu untuk segera tidur. Beberapa orang bahkan lebih memilih untuk bermain gadget dan begadang. Oleh sebab itu, sebaiknya tetapkan waktu untuk mematikan perangkat elektronik dan segera tidur.

Tidak hanya itu, adanya cahaya dari perangkat elektronik yang kita gunakan juga bisa memperlambat produksi hormone melatonim yang ada di dalam tubuh. Padahal hormon ini memiliki fungsi untuk mengatur jam tidur secara biologis.

2. Hindari makan sebelum tidur

Apakah Anda suka makan atau ngemil sebelum tidur? Makan atau ngemil sebenarnya tidak dilarang, namun jika Anda makan menjelang tidur sebenarnya bisa mempengaruhi kualitas tidur. Sebab beberapa jenis makanan yang dikonsumsi dapat membuat fokus tubuh jadi berubah.

Misalnya sebelum tidur Anda mengonsumsi makanan seperti pizza, kafein, sereal manis, coklat hitam atau bahkan minuman bersoda, maka tubuh akan lebih berfokus untuk makan daripada istirahat. Lantas bagaimana cara mengatur waktu makan malam dan jam tidur? Sebaiknya batasi atau berikan waktu jeda kurang lebih dua jam waktu makan Anda sebelum jam tidur.

3. Membuat lingkungan tempat tidur nyaman

Selain dua hal yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya ada banyak hal yang tanpa kita sadari bisa mempengaruhi kualitas tidur kita yang berantakan. Beberapa diantaranya adalah suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, suara bising, bau yang tidak nyaman, terlalu terang atau gelap dan masih banyak lagi.

Nah, untuk menunjang tidur yang nyenyak, cobalah untuk menciptakan situasi lingkungan tempat tidur Anda lebih nyaman. Coba perhatikan berbagai faktor yang bisa mengganggu tidur Anda. Misalnya atur suhu kamar yang nyaman untuk Anda, mematikan TV dan menjauhkan perangkat elektronik lainnya, atau Anda juga bisa menggunakan masker untuk menutup mata.

4. Melakukan olahraga ringan

Olahraga sudah seringkali kita dengar dengan manfaatnya untuk meningkatkan Kesehatan tubuh. Tapi secara tidak langsung olahraga juga bisa memperbaiki jam tidur kita yang berantakan. Umumnya, sewaktu bangun tidur rasa kantuk yang kita rasakan akan segera hilang. Namun, beberapa orang tidak bisa langsung sadar, melainkan harus mengumpulkan kesadaran terlebih dahulu, baru bisa beranjak dari tempat tidur dan mulai melakukan aktivitas.

Nah, Anda bisa mencoba memanfaatkan waktu setelah bangun tidur untuk semakin meningkatkan kebugaran tubuh dengan cara melakukan olahraga ringan. Tidak perlu lama, Anda cukup melakukan gerakan sederhana seperti halnya merenggangkan kepala, tangan serta badan. Tahukah Anda, meskipun hanya sederhana, namun tips ini memiliki pengaruh yang baik untuk membuat tubuh siap beraktivitas dengan semangat.

5. Minum air putih setelah bangun tidur

Selanjutnya sebagai tips sehat yang perlu dilakukan juga adalah mengonsumsi air putih setelah bangun tidur. Sebagaimana yang kita tahu, minum air putih yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, fungsinya tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus saja melainkan bermanfaat untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh kita.

Anda bisa mengkombinasikannya dengan potongan lemon yang akan menambah rasa sekaligus sensasi segar. Supaya lebih mudah dalam menjangkaunya dan tidak lupa, Anda bisa menyiapkannya di kamar tidur. Tindakan sederhana ini akan membiasakan tubuh Anda untuk mendapatkan tubuh yang bugar dipagi hari dan tidur yang nyenyak di malam hari.

Demikianlah informasi update yang membahas cara memperbaiki jam tidur untuk memperoleh tubuh yang bugar di pagi hari. Meskipun terlihat sederhana, namun cara dan tips ini bahkan ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Dapatkan informasi secara lebih lengkap dan update seputar tips Kesehatan dan kehidupan sehari hari di emilbaga.com

Kualitas tidur yang baik akan menunjang Kesehatan tubuh yang baik pula, hal ini ditandai dengan rasa bugar di pagi hari. Kesehatan sangat mahal harganya, bahkan tidak bisa dibayar oleh apapun, melainkan dengan upaya kita untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tidur, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Dengan demikian kita bisa menjalani kegiatan apapun dengan produktif. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel