-->

Simak Resep Cara Memasak Nasi yang Enak dan Mudah

Beras yang di masak menjadi nasi sudah menjadi makanan pokok di kuliner Indonesia. Bahkan mayoritas di dunia juga mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok loh. Ada berbagai macam cara dalam memasak nasi, mungkin Anda sudah familiar dengan menanak nasi di rice cooker atau cara biasa lainnya. Namun, ada deretan resep terkait cara memasak nasi lainnya yang enak dan mudah patut dicoba.

Cara memasak nasi yang berbeda beda sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari sifat dan varietas beras yang berbeda beda. Ada beras ketan, beras merah, beras Jepang, beras Amerika, beras basmati dan lain sebagainya. Masing masing jenis beras tersebut memiliki ukuran, bentuk, rasa dan karakteristik yang berbeda. Umumnya cara masaknya harus disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan tersebut.

Nah, memasak nasi sendiri sudah hal yang umum di Indonesia. Apalagi teknologi yang canggih sudah membuat proses memasak nasi menjadi lebih mudah dan cepat. Namun, agar tidak bosan dengan cara memasak nasi yang begitu begitu saja, cobalah Anda simak deretan resep cara memasak nasi yang enak dan mudah lainnya di bawah ini sehingga memberikan santapan nasi nikmat yang unik. Yuk simak.

Simak Resep Cara Memasak Nasi yang Enak dan Mudah


Sebelum beras dimasak, salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah beras harus dicuci menggunakan air yang bersih. Caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah lalu memberinya air. Setelah itu beras dipijat pijat menggunakan telapak tangan Anda.

Jika airnya sudah kotor, buang dan beri air bersih lagi lalu pijat pijat beras dengan telapak tangan kembali sampai beras benar benar bersih. Tahap pembersihan diatas bisa berulang ulang sampai beras diyakini bersih secara menyeluruh. Setelah beras bersih, selanjutnya bisa diolah menggunakan metode di bawah ini.

Memasak Nasi Metode Jepang

Tahukah Anda, orang jepang biasanya menggunakan yang Namanya Clay Pot untuk memasak nasi. Namun, jika Anda tidak memilikinya silahkan untuk gunakan panci yang tertutup. Nah, cara pertama dimulai dari memasukkan beras ke dalam Clay pot atau panci tersebut. Selanjutnya jangan lupa tambahkan air lalu diamkan terendam selama kurang lebih 30 sampai 60 menit.

Kalau Anda menginginkan rasa yang lebih enak, Anda bisa memasukkan rendaman beras tersebut di dalam lemari es. Setelah itu, masuk ke proses memasak nasi yang dimulai dengan menggunakan api besar. Apabila sudah mendidih, Anda akan melihat keluarnya uap. Lanjutkan dengan memasaknya kembali selama 15 menit dengan kondisi api yang kecil. Jangan lupa pastikan penutup panci tetap tertutup diatasnya.

Apabila sudah mengeluarkan aroma nasi matang dan gelembung di pinggiran tutup panci sudah berhenti, matikan api nya. Terakhir untuk membuatnya semakin pulen, kukus nasi selama kurang lebih 10 menit. Untuk menghilangkan uap panasnya, setelah 10 menit aduk nasi secara perlahan. Nasi siap disantap.

Nasi dengan Saus Ara

Nasi dengan saus ara sangat cocok untuk hidangan sarapan yang bermanfaat. Bahkan untuk menyajikannya saja Anda tidak membutuhkan gula untuk saus. Setelah nasi selesai dikukus, maka masak saus ara dan sajikan dengan krim dalam jumlah yang besar.

Nasi dengan Jeruk

Ternyata buah jeruk bisa dikombinasi dengan nasi dan menghasilkan nasi yang enak loh. Caranya pertama tama adalah mencuci dan mengkukus beras. Lalu tidak lupa untuk menyiapkan juga buah jeruk yang sudah di potong setiap bagiannya dan membuang biji di bagian dalamnya. Tambahkan juga sedikit gula di atas jeruk selagi menunggu nasi matang. Anda bisa menyajikan setiap hidangan nasi dengan satu porsi jeruk.

Nasi Kismis

Nasi kismis juga tidak kalah ketinggalan untuk rekomendasi cara memasak nasi yang enak dan mudah. Caranya hampir sama dimana Anda mencuci beras dan memasaknya. Namun sebelum nasi membengkak atau sebelum melunak, jangan lupa untuk menambahkan secangkir kismis. Penyajiannya adalah dengan menggunakan krim.

Nasi dengan Buah Persik

Nasi dengan buah persik dapat menjadi hidangan yang unik dan sayang juga untuk dilewatkan. Dimana setelah nasi dikukus dan matang, sajikan nasi dengan krim dan buah persik yang telah dimasak sebelumnya dengan baik.

Beras Merah

Beras merah sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang yang sedang diet atau sedang membatasi asupan gula. Nah beras merah dapat diolah menjadi nasi yang enak. Namun, pengolahannya tentu berbeda dengan beras biasa karena beras merah memiliki tekstur yang berbeda. Sebelum memasak beras merah, lebih baik untuk merendamnya terlebih dahulu selama sekitar 30 menit.

Setelah itu, Anda bisa memasak beras merah. Aduk sesekali lalu tutup dengan menggunakan tutup panci supaya bisa masak dengan merata. Gunakan api berukuran sedang. Jika sudah setengah matang, angkat dan dinginkan. Setelah itu kukus beras merah sampai matang dan masukkan ke dalam penanak nasi.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas seputar cara memasak nasi yang enak dan mudah untuk Anda. Sudah dapatkan ide masak nasi hari ini? Masing masing metode cara memasak beras diatas merupakan cara unik untuk mengolah beras menjadi olahan nasi yang enak. Dapatkan informasi terbaru lainnya seputar Makanan dan Minuman, Tips dan Trik, Teknologi, Gadget secara lengkap di askewfc.com

Berbagai cara memasak nasi bisa Anda gunakan untuk variasi menu makanan harian Anda. Namun, ingat untuk selalu memasak dengan cara yang bersih dan benar. Pastikan kalau bahan masakan Anda baik dan berkualitas, mulai dari jenis beras, air bersih, dan cara memasak yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan hasil masakan yang maksimal enak dan sehat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel