-->

Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 lengkap

Mata pelajaran Bahasa Inggris sudah menjadi pelajaran yang wajib bahkan di tingkat Sekolah Dasar. Meskipun hanya untuk perkenalan saja, materi Bahasa Inggris kelas 4 SD Semester 1 dan 2 lengkap contohnya disusun sedemikian rupa untuk mempermudah dalam hal penyampaian materi. Hal ini sangat penting sebagai bekal untuk pembelajaran ditingkat yang lebih tinggi yakni SMP dan SMA.

Bagi beberapa murid mungkin bidang study Bahasa Inggris termasuk sulit dan tidak mudah dipahami. Namun, tenaga pendidik atau guru bisa menyesuaikan cara pembelajaran yang asik sehingga Bahasa Inggris bisa menjadi pelajaran yang disukai. Ya, sebenarnya kesulitan memahami suatu materi atau topik pelajaran tergantung dari bagaimana cara materi itu disampaikan dan proses pembelajaran yang diterapkan.

Khususnya bagi anak anak Sekolah Dasar, materi yang diberikan bisa menggunakan berbagai metode. Misalnya menggunakan peraga berupa gambar, permainan, menonton video, mendengar audio musik dan masih banyak lagi. Dengan demikian anak anak murid tidak akan merasa terbebani untuk belajar Bahasa Inggris.

Untuk semakin mempermudah dalam pembelajaran Bahasa Inggris, di bawah ini sudah disajikan rangkuman pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas 4 SD Semester 1 dan 2 lengkap penjelasannya. Mari kita simak.

Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 lengkap


Materi Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1

1. Things at the Bedroom

Bedroom adalah Bahasa Inggris dari Kamar Tidur. Jadi materi ini mengulas hal hal yang ada dikamar tidur. Bagaimana supaya kita bisa menyampaikan Things at the Bedroom dengan baik? Saat berbaring di kamar, cobalah untuk menyebutkan dan mengingat nama nama benda disekitar dalam Bahasa Inggris.

Misalnya, apa Bahasa Inggris dari ranjang tempat tidur, lampu, selimut, bantal, lemari dan lain sebagainya? Setelah itu, coba hapalkan dan ingat kemudian buat kalimat Things at the Bedroom. Sebagai contoh :
  • I watch movies on the Television (Saya menonton film di televisi)
  • I take my trousers from the cupboard (Saya mengambil celana saya dari lemari)
  • I sleep on the bed alone (Saya tidur di kasur sendirian)

2. Parts of Tree

Di sekeliling kita ada banyak sekali jenis pohon yang bisa kita temui. Nah, Parts of Tree sendiri berarti bagian dari pohon, maka yang di bahas adalah bagian bagian dari sebuah pohon mencangkup akar, daun, batang, buah dan lain sebagainya dalam Bahasa Inggris. Pertama tama, kita harus mengecek terlebih dahulu kosakata dalam Parts of Tree ini.

Beberapa diantaranya adalah Stalk (Tangkai), Plant (Tumbuhan), Branch (Dahan), Seed (Biji), Leaf (Daun), Trunk (Batang), Flower (Bunga), Fruit (Buah), Root (Akar), Latex (Getah), Vein (Urat daun),
Twig (Ranting), Grass (Rumput), Bark (Kulit kayu), Crown (Mahkota bunga), Shoot (Pucu) dan masih banyak lagi.

Setelah itu, coba hapalkan dan ingat kemudian buat kalimat Parts of Tree. Sebagai contoh :
  • I see this tree has many leafs (Saya melihat pohon ini mempunyai banyak daun)
  • The color of trunk is brown (Warna batang adalah coklat)
  • This tree has many fruits (Pohon ini mempunyai banyak buah)

3. Pets

Materi pelajaran Bahasa Inggris kelas 4 berikutnya adalah tentang Pets atau hewan peliharaan. Dalam kehidupan sehari hari kita pasti bertemu setidaknya 1 macam binatang peliharaan bukan? Di dalam Bahasa Inggris binatang liar disebut wild animals sedangkan untuk binatang yang jinak adalah tame animals. Ada banyak sekali jenis hewan hewan ini, kita bisa mempelajarinya dalam Bahasa Inggris.

Misalnya tame animal ada Chicken (Ayam), Rabbit (Kelinci), Duck (Merpati), Cat (Kucing) dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk wild animal ada Crocodile (Buaya), Lion (Singa), Snake (Ular), Tiger (Harimau) dan masih banyak lagi. Kemudian buat kalimat tentang pets tersebut. Sebagai contoh :
  • A cat eats a fish (Kucing makan ikan)
  • We can see many dog in this park (Kita bisa melihat banyak anjing di taman ini)
  • She has a chicken in her house (Dia mempunyai seekor ayam di dalam rumahnya)

4. Flowers

Selain Part of tree, kali ini juga ada pembahasan materi tentang flowers baik tentang bagiannya atau jenis bunganya. Bunga apa saja yang Anda ketahui? Coba sebutkan dan ingat kosakatanya dalam Bahasa Inggris. Misalnya ada Jasmine (Melati), Rose (Mawar), Thorn (Duri), Lotus (Teratai) dan masih banyak lagi.

Lalu buatlah kalimat tentang flowers, sebagai contoh :
  • In my house, there are some roses (Di rumahku, ada beberapa bunga mawar)
  • I brought you roses as my apology (Saya membelikanmu beberapa mawar sebagai tanda minta maaf)
  • His hobby is painting pictures of jasmine (Hobinya adalah melukis melati)

Materi Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 2

1. Calender

Hidup kita dipengaruhi oleh waktu yang terus berjalan. Ada nama nama hari yang kita sudah kenal mulai dari hari senin sampai minggu. Lalu ada nama bulan dari Januari sampai Desember. Dalam materi ini pasti akan seru sekali bisa mengetahui nama hari dan bulan dalam Bahasa Inggris bukan? Coba buka kamus dan buat daftar kosakata nama nama hari dan bulan kemudian buat kalimatnya. Sebagai contoh :
  • Tomorrow will be Saturday (Besok hari Sabtu)
  • Our Anniversary is December 5 (Hari jadi kita adalah 5 Desember)

2. Fruits

Di kelas 4 belajar tentang buah buahan dalam Bahasa Inggris bisa sangat menyenangkan. Cobalah susun nama nama buah dalam Bahasa Inggris yang Anda sukai. Lalu ingat ingat kembali. Misalnya ada Apple (Apel), Banana (Pisang), Orange (Jeruk), Grape (Anggur) dan masih banyak lagi. Kemudian buat kalimat tentang Fruits. Sebagai contoh :
  • Orange is fresh and sweet (Jeruk rasanya segar dan manis)
  • I’m drawing a green apple (Saya menggambar sebuah apel hijau)
  • I like avocado juice because it makes me healthy (Saya suka jus alpukat karena membuat saya sehat)

3. Uniform

Uniform adalah Bahasa Inggris dari seragam. Ya, seragam yang kita kenakan saat bersekolah. Dalam materi pelajaran Bahasa Inggris kelas 4 akan ada materi terkait seragam dan perlengkapannya yang perlu Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah Hat (Topi), Skirt (Rok), Shoes (Sepatu), Scout Uniform (seragam pramuka) dan masih banyak lagi. Cari kosakata yang Anda ketahui lalu ingat.

Kemudian buat kalimat tentang uniform, contohnya sebagai berikut :
  • This is a Socks (Ini adalah kaos kaki)
  • My Shoes is black (Sepatuku hitam)
  • This is a scout uniform (Ini adalah seragam pramuka)

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang Materi Pelajaran Bahasa Inggris kelas 4 lengkap Semester 1 dan 2 beserta contohnya. Kita bisa pintar dan cakap berbahasa Inggris, asalkan kita tahu teknik dan cara belajar yang baik dan tepat. Khususnya apabila pembelajaran ini diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Manfaatkan setiap persediaan yang ada baik berupa video pembelajaran dengan gambar dan animasi yang menarik, teori, soal dan pembahasan Bahasa Inggris secara lengkap. Silahkan untuk dipelajari dan terapkan cara yang bisa memudahkan Anda untuk memahami dan mengingatnya dengan mudah sehingga pembelajaran Bahasa Inggris bisa semakin dimaksimalkan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel