-->

10 Cara Berhasil Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Usaha kuliner sudah banyak sekali dan bisa kita temui dengan mudah. Namun, peluang kesuksesannya masih sangat besar untuk dijadikan ide bisnis terbaru Anda. Tertarik untuk memulai bisnis makanan online meski masih pemula? Bisa, namun supaya sukses Anda memerlukan kiat kiat cara memulai bisnis makanan online yang berhasil.

Ada yang berpikir bahwa untuk memulai bisnis kuliner harus memiliki banyak pengetahuan tentang masakan, punya modal yang besar dan lain sebagainya. Sebenarnya untuk memulai bisnis makanan online bisa dilakukan oleh pemula bahkan dengan modal kecil loh. Hanya saja, agar tidak kalah dalam persaingan, Anda harus pintar menyusun strategi marketing untuk memasarkan makanan online Anda.

Apalagi ditengah wabah virus corona sekarang, banyak orang sudah beralih ke dunia online untuk memenuhi kebutuhan mereka termasuk kebutuhan makanan. Sehingga bisnis makanan online berpotensi menjadi aktivitas yang mampu memberikan keuntungan yang sangat besar.

Masih pemula dan tidak tahu mau mulai darimana memulai bisnis kuliner? Jangan khawatir, yuk simak cara berhasil memulai bisnis makanan online untuk pemula di bawah ini.

10 Cara Berhasil Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula


1. Melakukan Riset Pasar

Cara pertama yang perlu dilakukan oleh seorang pemula yang ingin menjalankan bisnis makanan online harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bagaimana cara melakukan riset tersebut? Bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah memanfaatkan laman pencarian diinternet untuk mengetahui jenis kuliner atau masakan apa yang sedang digemari oleh orang orang yang ada didaerah Anda atau mencari ide makanan lainnya yang sedang tren atau memiliki potensi banyak disukai.

2. Melihat tren dan mencari peluang

Beberapa penjual makanan online mungkin hanya ingin menjual makanan apa saja dan target penjualan untuk siapa saja. Hal ini tidak masalah, namun alangkah lebih baik untuk mengikuti tren terbaru dan menemukan peluang melalui menu yang spesifik.

Sebagai contoh apabila masyarakat sedang booming dengan brownis kukus, Anda bisa membuat dan menawarkan brownis non gula yang berpotensi akan dicari oleh pelanggan. Semakin spesifik produk yang Anda tawarkan, maka kemungkinan besar bisnis Anda bisa menonjol.

3. Bekerja sama dengan Supplier yang tepat

Bahan baku tetap tersedia dengan baik merupakan salah satu trik dasar supaya bisnis tetap berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, ini alasan mengapa penting untuk mencari supplier yang bisa dipercaya. Anda bisa mulai dengan membuat daftar supplier yang mempunyai spesialisasi bahan bahan yang diperlukan. Lalu buat daftar mana saja supplier yang memenuhi syarat berdasarkan referensi dan kinerja mereka.

4. Tetapkan Harga

Menetapkan harga bukanlah perkara yang mudah. Anda tidak diperkenan mematok harga yang terlalu mahal atau terlalu murah. Untuk mendapatkan harga yang tepat, coba lakukan riset harga dipasaran untuk mendapatkan acuan dalam menentukan harga. Tapi jika Anda meyakini produk Anda adalah unik dan bernilai tinggi dibandingkan dengan yang lainnya, mematok harga yang mahal juga tidak masalah.

5. Branding

Di tahap awal Anda sudah mencari ide yang jelas terkait produk makanan seperti apa yang hendak dijual dan bagaimana cara memproduksinya. Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara memasarkannya dengan melakukan branding. Pertama tama, pikirkan nama merek yang mudah diingat dan menggambarkan pemiliknya. Pilih nama yang sederhana namun unik.

Selanjutnya buatlah warna merek Anda tersebut semenarik mungkin sehingga membuat orang yang melihatnya bisa merasakan emosi. Sebagai contoh, jika produk yang Anda tawarkan adalah makanan sehat atau makanan diet, bisa pilih warna hijau atau biru yang melambangkan kesehatan dan vitalitas.

Tidak hanya warna, buat juga gambar produk yang menawan dan mampu memberikan kesan yang memikat kepada pelanggan meski baru pertama kali melihatnya. Hal ini juga berlaku terhadap desain website atau halaman bisnis online Anda perlu dirancang sedemikian rupa untuk memanjakan mata pelanggan sebagai daya tarik untuk melakukan pembelian produk.

6. Membuat Situs Web

Sekarang melalui media sosial Instagram, facebook atau whatsapp memang sudah cukup menarik pelanggan. Namun kehadiran situs web sendiri dapat menjadi lapak berdagang yang menunjukkan profesional. Oleh karena itu, Anda bisa membuat situs web dengan rancangan yang semenarik mungkin.

7. Promosi di Media Sosial

Hampir setiap orang pasti memiliki akun media sosial. Karena kebutuhan ini, Anda bisa manfaatkan untuk mempromosikan produk makanan online Anda. Misalnya melalui jejaring sosial yang paling terkenal Instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya. Media sosial tersebut bisa menjadi sarana untuk mendapatkan pelanggan yang sedang tren sekarang.

8. Kerjasama dengan Kurir

Namanya bisnis makanan online pasti membutuhkan jasa pengantaran bukan? Nah, Anda bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan kurir terpercaya seperti GrabFood, GoFood, sampai dengan ShopeeFood. Aplikasi tersebut akan membantu dalam menampilkan juga aneka makanan yang Anda tawarkan.

9. Endorse

Bagi para pembisnis online pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “Endorse”. Anda bisa menggunakan jasa seorang influencer atau selebgram yang cukup terkenal untuk mengulas makanan Anda di platform mereka dengan tarif bayaran tertentu yang disepakati. Hasil ulasan tersebut tentu akan menarik perhatian para pengikutnya untuk menariknya menjadi pelanggan Anda.

10. Membuat Event

Strategi marketing produk makanan selanjutnya adalah membuat event yang menarik di internet atau secara online. Misalnya Anda bisa menerapkan promo di hari libur atau membuat giveaway yang mampu menarik perhatian calon pelanggan Anda.

Demikianlah informasi terbaru yang mengulas Cara Berhasil Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula yang bisa Anda ketahui. Mengenal dan paham teknik pemasaran produk yang tepat sangatlah penting untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan dan menjadi pengusaha yang sukses. Berbagai informasi update lainnya ada di dikaofficial.com

Memang dengan melakukan cara marketing bisnis tersebut tidak langsung mendatangkan Anda banyak pelanggan atau pengunjung. Yang terpenting Anda harus memupuk sikap yang konsisten dengan ketekunan untuk terus menganalisa kelebihan dan kekurangan serta menerapkan strategi yang tepat sesuai kondisi saat ini dan daerah dimana bisnis dijalankan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel